Tuesday, August 19, 2008

buku mania: a thousand splendid suns (2) dan the worry website (situs masalah)

aloooow... ketemu lagi setelah long wiken 3 hari kemarin. pada kemana aja?

Kalo saya, di hari terakhir libur kemarin, akhirnya berhasil menuntaskan Perang Bubatnya Gajah Mada. Kalo kali ini bacanya rada lama, bukan lantaran tertatih-tatih, tapi karena emang di-eman2.. hehehe... sayang kalo cepet abis.
Walopun judulnya Gajah Mada, di Perang Bubat nggak banyak bercerita tentang si GM. Yang lebih banyak sliweran di buku ini adalah Dyah Pitaloka dan kerajaan Sunda Galuh.
Komentar saya tentang buku ini sih "lumayan" saja. Mungkin karena fiksinya terlalu kental.

Dan setelah Perang Bubat tuntas, hari Senin sore kemarin, saya nggak sabar untuk ngelahap a thousand splendid suns. Ini buku Khaled Hosseini kedua yang saya baca setelah Kite Runner. Emang nggak salah komentar Syuli, yang bilang bahwa buku ini bagus. Bener deh. Belum sampe halaman ke 100, air mata saya sudah berderai-derai. Bukan main. om Khaled ini pinter banget mbetot-mbetot perasaan saya. Dibanding Kite Runner, saya jauh lebih mudah menikmati buku ini. Entah karena saya sudah kenal gaya bercerita om Khaled, atau mungkin karena memang buku ini enak dibaca sejak awal.

Yang sama dari kedua buku A Thousand Splendid Suns dan Kite Runner adalah, Khaled seperti membuka mata saya, bahwa tidak semua orang di dunia ini beruntung. Di luar sana, mungkin saja ada Mariam-Mariam atau Hassan-Hassan lain yang tak pernah jauh dari kemalangan.
Dan perang -siapapun 'jagoan'nya, siapapun 'penjahat'nya- akan selalu menyisakan luka bagi penduduk sipil.

Membaca buku Khaled, setidaknya membuat saya lebih memahami, apa yang dirasa oleh para ibu di Palestine, di Afghanistan, juga di Irak, yang harus kehilangan anak lelakinya.
Bagaimana mungkin, saya bisa merasa lebih beradab, lebih terhormat, lebih pintar, lebih pandai daripada ibu-ibu yang mendorong anak lelakinya -yang belum lagi masuk usia baligh- untuk pergi berperang, berjihad ....

Saya tak akan pernah mengerti -karena hanya membaca- , tak pernah tau rasanya -karena hanya mendengar cerita- , karena saya memang tidak disana dan mengalaminya sendiri :(

Buku Splendid ini selesai saya baca pada pukul 1 dini hari tadi. Ngebut? nggak juga. Tapi buku ini memang membuat saya nggak bisa berenti membacanya.
Buat yang belum baca, baca deh. Buku ini nggak kalah bagus dengan Kite Runner. Malah menurut saya, buku ini lebih asik mengalir alurnya sejak bab pertama -nggak perlu pemanasan dulu :) -

Tadi pagi, saya sudah mulai membuka lembaran the worry website (situs masalah) -nya Jacqueline Wilson (terbitan Gramedia). Buku ini saya beli untuk bacaan abang Nanda.
Seperti biasa, untuk buku anak-anak, saya selalu baca duluan. Ya, barangkali aja, walopun ditujukan buat anak-anak/remaja, ada hal-hal dari buku tersebut yang kurang pantas untuk dibaca.
Kalo sudah begitu, bukunya nggak jadi saya simpan di lemari buku (untuk bahan bacaan anak-anak), tapi akan saya 'buang' alias berikan ke orang lain yang lebih cocok membacanya :)
Apa boleh buat, mending ngebuang buku, daripada ngeracunin otak anak saya, iya nggak?

Buat tante Dian -bundanya Echa-, makasih banyak udah minjemin saya Perang Bubat. Jangan lupa besok bawain Hamukti Muksa ama Perang Parereg kan? hihihi... jangan kapok minjemin saya buku ya... :)

Note:
1) iihhh, sebel, saya belum juga menemukan buku Kite Runner saya. Sayang kan, kalo harus beli lagi, Kite Runner yang sekarang covernya sudah beda. Nggak seperti yang saya punya dulu, menurut saya, gambar covernya 'dalem banget' ...
2) seperti biasa, semua gambar disini saya dapet atas pertolongan mas google.

No comments: