Monday, August 4, 2008

olahraga yuk


Dulu banget, waktu bapak masih kerja di daerah Roxy Mas, bapak pernah mbeliin matras yang bisa dicolok ke play station (dulu masih pake PS lama yang warna abu2). Yang kalo disetelin game-nya, kita bisa pake buat ‘loncat-loncat’ ala dancer (ceile dancer, …..nggak mungkin lah ya…).

Itu dulu… jaman masih rajin aerobik di kantor yang dikoordinir sama Riana (anak accounting). Berhubung setelah pindah ke BEJ kita nggak punya space yang bisa dipake buat aerobik, maka kegiatan itu pun berhenti.
Sejak itu, suburlah kemalasan saya untuk olah raga *hidup malas!*

Sempet 2 kali beli sepeda, sepeda mini lipet cung-kuo (beli di Alfa Pasar Minggu) dan sepeda Federal ‘seken’, beli di daerah Bukit Duri.
Ceritanya sih sempet keracun sama Mas Teko dan kang Anjar untuk ikutan B2W. Jadi pengin punya sepeda lagi. Apalagi kalo mengingat kedigdayaan masa lampau, jaman cewek belum usum naik sepeda di jalan raya (kecuali atlit balap sepeda trek jalan raya, kali yee...), saya udah sliweran Jatinegara (rumah ortu sebelum pindah ke Cawang) - Utan Kayu (rumah alm. Mbah Uti – Mbah Akung), kadang lewat by-pass, kadang motong jalan kampung lewat Pisangan. Ketika itu saya masih SD sekitar kelas 5 ato 6.
Bermodalkan sepeda balap milik abang saya, kalo cuma rumah – Monas aja mah sering, cieeee….
Tapi faktor U memang tidak boleh diabaikan. Sejalan dengan ‘menuanya’ usia (hihihi.... berasa udah nini-nini), nyali dan semangat pun makin gembos entah kemana.
Yang ada, 2 sepeda itu nggak kunjung saya tunggangin ke kantor.
Malah, jadi kendaraan operasional harian si Abang buat ke sekolah, ngaji ato ke rumah temennya :)

Uuuhh, padahal waktu beli, mbawa ke rumahnya pake perjuangan lho!

Yang sepeda mini lipet saya gowes dari Alfa Pasar Minggu sampe rumah di Otista. Kan lumayan jauh, tuh. Belom lagi kudu naik jembatan depan Kalibata Mall itu lho. Breaknya cuma 1 kali, di rumah oma, Cawang. Trus lanjut gowes lagi sampe daerah Cawang Kavling. Disitu baru over-handle sama supir cadangan: Abang Nanda, yang ngegowes sampe rumah.
Mana itu sepeda lipet kagak ada giginya…. Wah, mo nanjak, mo turunan, gowes terooossss…..

Gitu juga waktu beli Federal ‘seken’ itu. Sore-sore diajak bapak, boncengan ke Bukit Duri, liat2 sepeda loakan. Kali2 ada yang cocok. Soalnya saya pernah ‘mengeluh’ sama bapak, nggak bakal sanggup B2W naik sepeda lipet karena nggak bisa ganti gigi.
Si Bapak tea, tau aja saya belom tentu pol-polan sepedaan, makanya diajak liat2 sepeda loakan dulu. Ternyata, ada sepeda yang lumayan bisa kepake. Standarlah. Ukuran yang paling gede, merek Federal, gigi depan dan belakang berfungsi, rem2nya juga pakem. Body juga gak butut-butut amat, walopun jauh dari kinclong.
Tuh tukang sepeda kagak mau ditawar pulak. Semua sepeda yang dijual, udah digantungin karton bertuliskan harga. Prinsip doi: pay it or leave it. Wuih…. jual mahal deh pokoknya.
Untung yang saya mau harganya murah meriah. Murah banget malah! Mau tau harganya? cuma Rp200ribu sajah!
Hahahaha, padahal udah sempet ngincer sepeda sejenis (beda merek. Yang banyak di pasaran sekarang kan United atau Polygon) di toko sepeda Jatinegara maupun supermarket gede, yang paling murah ya sekitar 1,8 juta perak!
Hihihi…… nggak penting penampilan lah, yang penting fungsinya toh?

Dan dukungan bapak juga nggak sebatas sampe situ doang, dari ngobrol-ngobrol, bapak mau lho konvoi (lebih tepat: ngawal kali yeeee) kalo saya sepedaan ke kantor atau sebaliknya pas pulang. Malah bapak udah mbeliin helm sepeda yang harganya lumayan.
Hihihi… itu niat ternyata cuma niat doang. Sampe bapak cabut dari kantor Roxy, saya nggak juga ngejalanin B2W.
Ada aja alesannya, yang nggak tau rute pulang pake sepedalah (gak mau lewat Casablanca-banyak tanjakan; gak mau lewat Gatsu- banyak bus... naik helikopter aja deh!), yang nggak mau ketemu tanjakanlah, yang takut kalo over time dan kudu pulang malem lah, yang nggak tau musti parkir sepeda di manalah, yang nggak tau kudu mandi (kalo ke kantor naik sepeda) dimanalah. Ah…pokoke ada berjuta alasan yang bikin saya nggak kunjung mulai sepedaan ke kantor :(

Makanya… sekarang ini kesempatan saya olah raga ya cuma mainan beginian aja. Tinggal colok ke PS2-nya anak-anak (yang dulu kan masih pake PS lama yang warna abu2), begitu gonjreng-gonjreng, ya tinggal loncat-loncat aja ngikutin arah panahnya … hihihi… gampang kan?
Kalo cape, tinggal selonjoran di kursi ato lantai deh hehehehe…


Catatan: gambar matras diatas saya comot dari mas google. Yang kemarin saya beli sih nggak persis sama seperti gambar, tapi kurang lebih ya kayak gitu.

No comments: