Monday, August 18, 2008

lima sekawan

udah lama banget nggak jalan-jalan ke toko buku.
Kemarin, kebetulan saya, bapak, mas Elang dan Fiko jalan keluar. Tadinya sih cuma mo sarapan bubur ayam di Taman Simanjuntak. Tapi ternyata sudah habis, padahal masih jam setengah sembilan. Jadinya, kita pun jalan lagi cari tukang bubur ayam yang lain.

Jalanan masih relatif sepi, mungkin karena masih banyak yang upacara 17-an.
Tadi pagi abang juga upacara di sekolahnya. Kalo mas Ang nggak. Katanya yang disuruh ikut upacara, cuma kelas 3 sampe kelas 6.
Jadi inget jaman saya sekolah dulu. Libur2, kalo kudu upacara ya, ke sekolahanlah.
Trus kalo ada yang nggak dateng, guru-guru saya semasa SMA udah nyiapin berbagai sangsi. Hehehe, herannya tiap upacara yang jatoh di tanggal merah, banyak aja tuh yang males dateng, walopun tau pasti dihadiahin sangsi (dari skotjam sampe ortunya disuruh ngadep ke sekolah).

Di depan Hermina, kebetulan ada tukang bubur yang mangkal. Jadilah kita makan di situ.
Selesai makan, nggak langsung pulang, bapak ngajak jalan-jalan ke Monas.
Eh pak, emang nggak ditutup? kan di balai kota sama istana pada upacara. Tapi bapak bilang, liat aja dulu. Okelah, sebagai penumpang yang baik dan cantik (halah, apaan siy), kita ikut aja deh. Tinggal duduk doang kok :)

Ternyata bener, mulai gambir, banyak jalanan yang ditutup. Bahkan busway pun pada muter-muter rutenya. Kadung udah di jalan, bapak ngajak nyambangin tempat cetak foto, kali aja buka. Soalnya ada album yang mo diambil. Eh, udah jalannya jauh dan macet, ternyata si tempat cetak foto itu tutup. Mungkin karena tanggal merah. Karena biasanya, walopun Minggu, itu tempat buka terus.

Si bapak nih kadang suka ngasal deh. Dari arah jalan Ketapang, kita kan mo ke arah Roxy. Pas di lampu merah, bapak selap-selip sampe di urutan paling depan. Nggak lama, motor kita pun jalan, tapi kok yang lain nggak ikut jalan... Curiga, saya tanya si bapak, "pak, emang udah ijo?" eh, dengan nyante bapak nyaut, "tau...". "Lho kok jalan?" tanya saya, pengin tau alesan yang menyebabkan bapak cuek nyelonong. "...panas...." kata bapak. Hihihihi.... asal banget deh.
Untung jalanan sepi, kalo enggak kan ngaco banget tuh ya....

Di perjalanan pulang, saya ngajak bapak mampir ke toko buku. Mo beli buku lagu anak-anak, buat mas Ang dan abang belajar keyboard. Tapi bapak bilang, dia ada janji ketemu ama orang.
Ya udah, jadinya cuma saya dan mas Ang yang turun di Gramedia Matraman. Fiko ikut bapak pulang ke rumah.

Lumayan dapet beberapa buku lagu anak-anak (bwt abang dan mas), buku lagu daerah & lagu wajib (bwt abang, udah lama minta dibelikan, tapi saya belum sempet ke toko buku).
Eh... ketemu buku belajar gitar. Setelah minta saran bapak, bapak bilang, kalo murah sih boleh aja beli. Buku ini saya beli buat abang. Dia lagi pengin belajar main gitar. Sebetulnya sih bapak udah janji mo ngajarin. Cuma tau tuh... sempet apa nggak. Kalo ada buku ini, paling enggak kan abang bisa baca-baca dulu buat dasarnya.

Mumpung di toko buku, saya ajak mas Ang liat buku anak-anak. Barangkali aja ada yang bagus dan menarik. Di lantai 4, sementara si mas liat-liat buku. Saya nemuin buku ini....

Lima Sekawan ini bacaan saya jaman SD. Dulu, koleksi saya kumplit. Selain yang 21 buku, saya juga punya yang bentuk komik. Ah, jadi nostalgia.

Kebetulan abang juga udah mulai tertarik baca buku teks tebel macem gini. Untung di rumah saya udah sempet beliin beberapa novel/cerita anak, macam Judy Moody sampe novel2 anak islam yang nggak terlalu tebel (terbitan mizan, gema insani press, syaamil kids, sampe gramedoi.. alias gramedia)

Saya telepon abang di rumah...
"Bang, aku di Gramedia. Kalo aku belikan Lima Sekawan, kamu mau baca nggak?"
"Mau... yang Enid Blyton itu ya? itu kan bacaan kamu waktu kecil ya?" (jangan heran, anak-anak saya memang biasa ber'aku' - 'kamu' dengan saya dan bapaknya)
"Iya. Mau nggak? Entar kalo kamu suka, pelan-pelan kita kumpulin lagi sampe komplit, kaya Harry Potter. Tapi jangan sampe hilang ato rusak ya..."
"Iya bun, aku mau..."

Hihihi... jadi yang pengin koleksi sebetulnya anaknya ato emaknya sih?

Note: foto-foto diambil pake Nikon D40-nya bapak. Hihihi... akhirnya berkesempatan juga nyobain. Abis, saya nggak pernah dipinjemin D200-nya sih, alesannya menunya ribed :( padahal saya mah selalu pake auto aja hehehe... Sementara Kodak Z650 andelan saya (selain si hape Samsung tea), lagi dipinjem opa. Btw, biasa pake si Z650, pake D40 ini berasa manteb banget deh. Kapan-kapan, pinjem lagi ya pak...

No comments: