Thursday, August 14, 2008

nonton bareng: the dark knight


baru pulang nonton nih. Bareng siapa? siapa lagi kalo bukan Lies Widi, partner nonton setia saya :)

Padahal hari ini saya sibuk banget. Dari pagi sampe sore nggak berenti ngeprint imel juragan yang blom sempet saya print. Kan sejak sibuk ngurusin AQR kemarin itu, urusan ngeprint imel juragan yang berhubungan sama klien, nggak kepegang sama sekali.
Belakangan khawatir juga, kalo kelamaan nggak diprint, entar keburu ilang (kan biasanya per sekian bulan, imel-imel lama 'dibersihin' secara otomatis dari server).
Walo AQRnya udah selese, tapi kerjaan ini belum juga saya kerjain. Lha, gimana bisa 'nyempet' ngeprint kalo tiap hari kerjaannya blogging ato blogwalking, hehehe...
Makanya, hari ini... eh maksudnya siang ini, saya 'off' dulu dari per-blogging-an.
Mo nuntasin kerjaan ini dulu.
Percaya nggak sih, hari ini saya ngabisin kertas 1 dus (yang isinya 5 rim) hanya untuk ngeprint imel!

Lagi kribo-kribonya berkutet sama gundukan kertas di meja saya, ujug-ujug Lies Widi nelepon tadi siang. Ngajakin nonton. "Nonton apa?" tanya saya.
"Mummy... yuk nonton mummy...." kata Lies semangat.
Halah! ngajak nonton kok pilem horror. Nggak ada di kamus saya deh nonton pilem horror di bioskop. Males banget nggak seh, udah bayar, ditakut-takutin pulak! Walopun karcisnya gratis, jajan dibayarin, saya mah tetep ogah. (Kalo mau, jajanin aja, trus duit karcisnya kasih saya, trus saya pulang ke rumah deh, hehehe ...).
Makanya saya tuh nggak habis pikir, filem Jelangkung kok bisa-bisanya laris banget ya?
Kata saya mah, orang nonton horror di bioskop tuh orang kurang kerjaan.
Nonton filem suspense sih masih oke deh. Tapi horror? makaseeehhh.... elo aje kali, gw sih enggak...

Pilih-pilih bioskop, pilihan pun nyampe di Blitz Pacific Place.
Filemnya: The Dark Knight (abis yang lain kata saya nggak menarik).
Kenapa di Blitz? banyak pertimbangannya: (1) tinggal nyebrang dari kantor (2) mainnya jam 1815 (jadi nggak usah nunggu kelamaan) (3) ada promo pake kartu kredit tertentu.

Bukan Lies Widi kalo nggak oke cari informasi soal nonton :)
Tau aja dia, bahwa promonya si Blitz PP: khusus hari Kamis, pembelian tiket pake kartu kredit mandiri ada diskon 75%. 75%? iya... huebad kan?
Tapi kan saya dan Lies sama2 nggak punya kartu itu? O, gampang.... Lies pun menculik Dennie Hutanoto untuk minjem kartunya Dennie, trus kita langsung bayar ke Dennie ... hehehe.... boleh-boleh....
Ayo kita itung, berapa harga karcisnya kalo pake promo ini.
Tiket reguler Senin s/d Kamis Rp30ribu.
Kurangin 75%, harga tiketnya jadi...... Rp7.500...
Hahahaha... ini tiket termurah yang pernah saya beli! Tob... tob...

Lies sampe ketawa-ketawa, jangan-jangan, beli makanannya lebih mahal nih...
Eiitttss entar dulu. Di esia saya, ada sms promo: dalam rangka HUT RI, beli kentang goreng dan soft drink di Wendy's cuma 6363 (jadi plus tax= Rp6.999). Hehehe, asik kan? Ini nonton termurah yang pernah saya alami. Harga tiket cuma 7500. Bekel kentang goreng dan minum cuma 7000.
Kebetulan karena masih suka batuk-batuk, belakangan ini saya suka bekel air mineral di botol kecil. Jadi soft drinknya buat Lies. Lies tinggal beli popcorn aja deh...

Soal filemnya sendiri, saya sih nggak recommend buat ditonton anak-anak. Bener deh. Jangan ajak anak-anak nonton filem ini. Walopun karakternya dari komik, tapi filem ini kental banget unsur sadistisnya. Bukan sekedar keras, tapi jahatnya si Joker bak psikopat! (Jadi inget salah satu surat pembaca yang nulis, prihatin pernah liat ortu bawa rombongan anak2 usia SD nonton film ini di bioskop ditemanin susternya... ck..ck...ck... Bu, bu, emang nggak bisa baca bahwa ini filem 'dewasa')

Saya jadi mikir, ini filem kan karakternya jagoan anak-anak. Tapi penggambaran penjahatnya kok kaya Hannibal Lector. Inget kan, filem Silence of the Lamb? (bah, dulu, sehabis nonton filem itu saya sempet nggak bisa makan, kalo kebayang filem itu...)
Wah bener deh. Jangan, jangan sampe anak-anak nonton filem ini.
Spiderman 3 yang diprotes orang-orang karena dianggap 'keras' aja nggak ada apa-apanya dibanding filem ini. Bahkan menurut saya, adegan keras Die Hard 4-nya Bruce Willis aja kalah.... (Die Hard masih bisa dikategoriin 'seru'. Tapi Dark Knight: sadis... itu kata saya ya....)
Kalo saya pikir2 sifatnya si Joker ini emang kaya Hannibal Lector, yang bisa bikin sisi jahat seseorang ter-ekspos, hanya karena di'racun'i oleh kata-katanya.
Jangan bandingin Joker yang diperanin Jack Nicholson di Batman sebelumnya, ya.
Oh, jauh, Joker mang Nicholson mah masih bisalah diliat anak-anak. Tapi Joker ini enggak. Dia terlalu 'sakit jiwa'. He killed people for no reason. Trus melakukannya dengan tanpa rasa (mati rasa?) apa-apa. Datar aja gitu. Nah sakit jiwa nggak sih?

Bener nih, saya pesen banget sama para ortu, kalo DVD (bajakan) Dark Knight udah beredar, jangan beli buat ditonton anaknya ya...

Saya nggak terlalu engeh di komiknya, Two Face tuh siapa asal muasalnya. Kalo nggak salah inget, cuma disebutin bahwa dia dulunya temen si Bruce Wayne, dan seorang penegak keadilan. Tapi karena satu hal, sisi jahatnya jadi keluar. Malah jadi penjahat, salah satu musuhnya batman.

Kalo di filem ini diceritain bahwa Harvey Dent itu District Attorney (Jaksa Wilayah) Gotham yang baru. Dia menjalin hubungan sama Rachel (cewek yang pernah deket sama Bruce. Saya nggak inget lho, apakah karakter Rachel ini pernah nongol di komik batman...).
Trus si Harvey ini emang selalu ngelempar koin tiap mo mengambil keputusan. Cuma koin dia tuh kedua sisinya sama-sama 'luck'. Sampe kemudian, si Joker nyulik Harvey sama Rachel, trus diumpetin di tempat berbeda. Batman kudu milih siapa yang mo dislametin, apakah Rachel atau Harvey, si ksatria 'putih' (mungkin karena nggak pake topeng, trus nangkepin mafia pake cara 'legal' nggak kaya batman...). Batman milih (dan berhasil) nyelametin Harvey, walopun karena ledakan, mukanya kebakar sebelah. Sementara Rachel yang berusaha diselametin sama Jim Gordon dan pihak kepolisian nggak berhasil diselametin. Rachel pun awarahum. Si Harvey terpukul dan merasa dunia nggak adil. Karena dia mo nikahin si Rachel, dan Rachelnya mau. Trus setelah dipancing-pancing sama Joker, dia jadi jahat, jadi Two Face (Julukan Two Face sebelumnya juga disandang si Harvey sebelum dia jadi DA, waktu masih di internal affair... hihihi... bisa aja ya yang bikin cerita nyambung-nyambunginnya...)

Di sisi lain, Bruce Wayne alias si batman gak tau bahwa Rachel udah milih Harvey sebagai orang yang bakal dinikahi. Batman feel sorry karena Harvey ditinggal mati Rachel.

Seru juga liat sisi manusiawi batman. Yang sempet berpikir untuk 'pensiun' karena sudah ada Harvey, sang DA yang bisa numpas kejahatan Gotham sebagai 'ksatria putih'.

Bruce pikir, dia mo 'pensiun' dan Rachel mo jadi pendamping hidupnya (hehehe, geer ya si Bruce ini). Padahal, Rachel sebetulnya udah nulis surat buat Bruce soal pilihannya kepada Harvey. Suratnya dititip ke Alfred. Cuma sampe Rachel meninggal, trus Two Face mati, bahkan hingga akhirnya Alfred memutuskan untuk memusnahkan surat ini, Bruce nggak pernah tau isi surat (soal pilihan) Rachel.

Aduh... kasian deh kamu Bruce. Daripada cinta nggak berbalas sama si Rachel, mending sama Lies Widi aja mau nggak? hihihi...
Saat film berlangsung, saya sempet nanya ke Lies, kalo ada orang beneran kaya si mister Bruce ini, ganteng, jagoan, gentlemen, dermawan, trus tajiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiirrr banget, "lo mau nggak Lies?"
Ya iyalah..... nenek-nenek gondrong juga mau ya , hehehehe....
Ah, sayang tuh orang cuma ada di pilem, ya Lies .....

Jam 9-an filmnya baru selesai. Panjang juga.

Di halte BEJ, saya pisahan sama Lies Widi.
Nggak lama kemudian, bapak dan abang njemput saya di halte BEJ.

Sampe besok ya....

No comments: