Saturday, August 16, 2008

tujuhbelasan

dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan RI, abang dan mas diminta ibu guru masing-masing untuk mengenakan pakaian adat ke sekolah pada hari ini (16 Agustus).

Sebetulnya saya punya 1 set baju bugis dan 1 set beskap jawa. Sengaja saya beli untuk anak-anak daripada pusing setiap ketemu event Kartini-an. Masalahnya itu baju bugis dibawa ke Lampung untuk acara pernikahan sepupu dan sampe sekarang belum kembali. Kalo beskap emang belum dicari di lemari. Soalnya saya pikir pasti udah nggak muat juga. Lha wong baju itu saya beli waktu abang masih TK :) even buat si mas, pasti juga udah sempit.

Sempet kepikiran mo cari baju tutup (baju daerah bugis untuk cowok -modelnya mirip baju koko atau beskap betawi) di lemari. Seinget saya, waktu saya dan pakde Acho nikah (tahun 1997), om Enddie sempet njait baju tutup. Hehehe, kan om Endi kurus tuh, mestinya sih nggak beda jauh sama badan abang sekarang. Cuma saya belum sempet nyari di lemari samping. Tapi saya curiganya, baju itu nggak disimpen disini, tapi di rumah Oma di Cawang.
Ya, kalo baju itu ketemu, kan lumayan nggak usah nyewa, tinggal pakein sarung sutra bugis, trus pake songkok bugis (kebetulan saya nyimpen di rumah). Bereslah.

Hihihi, bener deh, sejak saya SD, baju daerah bugis memang favorit saya. Praktis. Sementara temen-temen sekolah saya yang perempuan repot pake kebaya dan konde-an, saya malah bisa lari-larian, karena kostum baju bodo saya pake sarung (bukan kain yang ngelibet kaki) dan asesoris kepalanya cukup ber-siger. Nggak usah nyanggul ke salon. Hehehe, nikmatnya... bisa ngeledek temen-temen cewek saya. Paling, dulu tuh kendala pake baju bodo cuma satu. Bajunya tipis nian! Bagus lah sekarang udah banyak modifikasi sehingga baju bodo-nya udah pake bahan yang lebih tebal (eh... yang sekarang tuh bahannya sutra juga bukan sih?). Malah buat yang berhijab, baju bodo pun bisa dimodifikasi menutup seluruh tangan.
Dulu, kalo kartini-an, cuma saya yang pake baju bodo. Mungkin dulu belum banyak yang punya atau menyewakan ya? Kalo ibu saya, berhubung emang orang Ogi (baca: Bugis), punya tuh komplit sampe aksesorisnya (cuma sekarang udah pada raib atau rusak, yang kesisa tinggal sarung-sarung sutra yang juga udah mulai tua...).
Liat temen2 abang dan mas di TK, saat acara kartinian, sekarang udah banyak yang pake baju bodo (padahal yang beneran berdarah bugis cuma 1-2 orang, tapi bajunya udah populer ya...). Ah, kalo lagi begitu, saya bangga sebagai keturunan bugis :)

Hari Kamis malam, abang dan mas tiba-tiba berubah pikiran. Mereka nggak mau pake baju daerah, tapi mo ikutan sepeda hias aja. Oh, saya baru tau, ternyata sekolahnya berencana untuk pawai. Makanya murid-muridnya dikasih pilihan: berbaju daerah ato bersepeda hias.

Sebagai biker sejati yang setiap hari memang menunggang sepeda ke sekolah, tentu aja mereka berdua memilih sepeda hias.

Saya sempet ngusulin ke bapak, repot nggak kalo sepedanya si mas dibikin perahu? Kan gampang tuh.... eh, bapak malah kepingin bikin sepeda abang dan si mas jadi tank dan bis Transjakarta (busway).
Sayang Jumat kemarin, bapak udah ke tanah abang nyari dus bekas kulkas, tapi lagi kosong. Tambahan lagi kita terima berita duka meninggalnya ayah om Deden.

Jadi, konsep sepeda hiasnya pun berubah total.
Jumat malam, jam 9 abang baru nyari kertas krep untuk ngehias sepeda. Ya... masih bagus warungnya masih buka, jadi dapet kertas krep cuma 2 warna (merah dan putih) aja udah sukur deh.
Namanya juga abang, kalo nggak diingetin, trus aja mainan. Ntar kalo udah mepet waktu baru panik.
Kebetulan kan pulang kerja kemarin, bunda, bapak dan Fiko nggak langsung pulang ke rumah. Kami ada urusan sedikit, jadi mampir ke Sederhana Tebet (Lapangan Ros). Urusan apaan di Sederhana? ya urusan perut alias lapar. Tadinya sih mo makan Rawon Setan-nya Mbak Endang. Tapi liat tetangganya, si RM Sederhana, ternyata lebih mempesona hehehehe...
Maklum deh, rasanya udah lama banget nggak makan masakan padang yang enak. Secara di seputaran kantor gak ada makanan Padang yang dahsyat. Terakhir kali saya makan padang enak, bela-belain ke Sederhana Benhil pas makan siang. Kasian banget ya saya :(

Sampe di rumah, istirahat sebentar, trus minta abang ke warung beli kertas krep.
Abang nih lucu, kalo keluar karena dimintain tolong beli sesuatu, selalu aja ada ongkosnya. Alias kembalian nggak pernah utuh, pasti ada jajannya, walopun cuma sekedar beli Granita 1000 (ongkos termahalnya: beli Nu Greentea, atao UC1000, ato paling parah beli Kebab, ini kan ceban bo... masak mahalan ongkosnya yak?)
Begitu juga beli kretas krep tadi malem (padahal untung kepentingannya sendiri ya...). Saya kasih uang 20ribu. Pulangnya hanya membawa: 1 kertas krep putih, 1 kertas krep merah dan 1 selotip. Wah, saya sempet kaget. Kertas krep sekarang mahal banget ya? masak 20ribu cuma dapet segitu...
Apalagi abang bilang gini, "Bun, uangnya kan nggak ada kembalian, jadi aku beli oreo 2. Jadi pas."
Hah? 2 kertas krep, 1 selotip sama 2 oreo harganya 20ribu?
"Enggak, ini ada kembalinya..." katanya sambil ngeluarin uang dari kantongnya: 15ribu.
Halah bang... kertas krep segini mana cukup. Kurang dong, mana sepedanya 2.
Ya udah beli lagi deh.
Berhubung sepeda abang udah mulai dihias, dan bapak udah sibuk kerja di ruang samping. Jadilah saya dan abang yang ke warung. Pinjem Varionya om Deden. Hihihi... pake matik malah kagok ya... lebih gak kagok kalo naik motor bebek biasa. Ato kalopun matik, kayanya lebih enak Mio. Lebih enteng, ramping dan tarikan awalnya lebih enteng (kalo Vario kayanya nggak bisa ngegas kecil, sementara kalo digas banyak langsung ngebut... hi... ngeri). Kebetulan Mio tuh, beberapa kali saya sempet nyobain waktu Pakde Joy main ke rumah.
Hihihi, kagak nyadar kalo saya keluar udah pake kostum tidur. Pake celana piyama, kaos oblong ama bergo... hehehe... pantes aja orang2 pada ngeliatin. Dikiranya saya ngantuk nyetir motor sampe kagok. Padahal emang nggak jago ngendaliin motornya hehehe... (ketauan pinjeman deh...)

Selain pake kertas krep, bapak nge-print-in motif loreng buat ditempel di dus susu (ceritanya mo bikin motor tentara) buat mas Ang, juga buat ditempel di sepeda abang. Di sepeda abang, bapak nambahin pralon yang dilapis loreng juga. Apaan tuh pak? "Bazooka..." kata bapak. Ih.. maksa banget deh!

Hiasan sisanya sih standar aja. Abang bikin bendera merah putih dari kertas krep. Dan mas Ang bikin umbul2 (lidi yang dililit kertas krep).
Tiba-tiba si mas teriak, "Nih bun, aku udah selesai onde-ondenya!"
eeeh.... kok onde-onde? ondel-ondel kali mas?
Jadi semua bendera yang nempel di 2 sepeda ini adalah karya abang. Dan si onde-onde, eh ondel-ondel alias lidi berbulu itu bikinan mas Ang semua.

Saya pindah2 ngerjain sepeda abang & mas.
"Bun, kok sepedanya Ang terus yang dikerjain? Aku mau dong sepedanya di-bulu-in juga..." kata abang.
Hihihi, gini nih serunya kerja ama anak-anak. Ada ada istilahnya yang lucu-lucu. Sepeda kok dibuluin ya? hehehe

Nyaris jam 2 pagi saya nyelesein mem-bulu-kan 2 sepeda ini sendiri. Karena bapak ngelanjutin kerja di ruang samping. Sementara yang punya hajat udah tewas duluan. si Mas dan Fiko masuk kamar jam setengah 12. Dan abang tergeletak di sofa -nggak sanggup lagi buka matanya- sekitar jam 1an. Kasian deh, dia masih sempet bersuara, "bun, aku udah nggak kuat nih. ngantuk..." setelah itu langsung ada dengkur halus.. hihihi...
Sebelumnya abang masih sempet bantu saya, numpukin kertas print loreng yang masih utuh, kertas krep yang masih bisa dipake, dan nyapuin sampah-sampah guntingan kertas dari ruang tamu ke ruang makan. Ya setidaknya besok pagi mbak Yanti nggak pingsan ngeliat ruang tamu yang amburadul kaya abis kerampokan hehehe...

Dan beginilah hasil keroyokan tanpa konsep. Cuek ajalah. Yang penting loreeeeeeng... auummm..

No comments: