Monday, August 4, 2008

dahak

bukan mo ngomongin yang jorok-jorok kalo hari ini saya mo ngebahas soal dahak.
Saya lagi takjub aja sama dr. Chandra Wibowo, salah satu internist-nya Mitra Jatinegara yang beberapa kali saya temuin ketika saya sakit.
Beliau ini asik untuk konsultasi maupun sekedar tanya-tanya seputar penyakit kita.
Padahal orangnya masih cukup muda, kira-kira se-mas Uqi kali (hhihhi, pada nggak kenal kan sama mas Uqi? mas Uqi tuh suaminya mbak Nunus, kakaknya bapak....).

Critanya, karena batuk yang tak kunjung sembuh (padahal obat dari dokter Poppy 2 minggu lalu sudah habis), saya balik lagi ke Mitra. Untungnya sekarang di Mitra Jatinegara sudah ada praktek dokter spesialis setiap Minggu pagi. Jadi nggak usah maksa ke dokter hari Sabtu, penuh.

Hanya dengan periksa sebentar dan mendengar suara batuk saya, dokter Chandra udah bisa nganalisa bahwa batuk saya lebih karena alergi. Yang dulu sih memang karena ada flunya. Kalo yang sekarang cuma batuk, tanpa flu, tanpa demam.

Dasar saya ogah rugi, tanya-tanya dong sama si dokter dari mana asalnya dahak penyebab batuk, ...hihihi.... kan udah bayar jasa dokter toh?

Dengan senang hati dan gamblang, dokter Chandra nyeritain asal muasal dahak.

Jadi, kalo ada kuman masuk, otomatis dinding tenggorokan kita memproduksi lendir yang kental. Gunanya? untuk mengikat kuman-kuman tersebut. Kemudian adanya lendir (yang kita sebut dahak) merangsang tenggorokan untuk batuk. Nah, pada saat batuk, dahak akan keluar beserta kuman-kumannya.
Penjelasan pak dokter ditutup dengan pernyataannya, "makanya sebetulnya badan kita hebat lho, punya kemampuan untuk mempertahanan diri sendiri". Subhanallah....
Jadi, kalo masih batuk, berarti kumannya masih ada ya dok?
"Iya, makanya sebetulnya yang diobati bukan batuknya, tapi sumber penyakitnya... "
"Kecuali kalo batuknya sudah mulai mengganggu, ya batuknya kita kasih obatlah sedikit."
Emang si dokter ini orangnya asik, dia masih meneruskan penjelasannya....
"Sama tuh seperti diare. Badan kita, kalo ada kuman masuk ke usus, maka usus akan mengeluarkan kuman tersebut lewat ......" (ganyanya kaya pak guru nanya muridnya gitu lho)
"bawah..." jawab saya kalem sambil manggut-manggut.
"Nah itu. Kenapa diare encer? karena dikeluarkan sebelum sempat diserap oleh usus kita, makanya kotoran yang keluar juga belum terbentuk. Kalo kotoran sudah terbentuk, berarti sudah diserap oleh tubuh..."
Jadi nggak boleh 'dimampetin' ya dokter?
"Nggak boleh, harus dikeluarkan."
Jadi nggak boleh minum i.....m (obat yang bisa mampetin kalo bolak-balik bab itu lho... tau kan?), dong dok?
"Oh nggak boleh. Saya sih nggak pernah kasih obat itu."
Trus, buat apa i....m dibuat dong, dok?
"ya.... buat yang mau ngasih i.... m kali, saya sih nggak pernah" katanya sambil nyengir.

Iya deh pak dokter, makasih banyak ya atas penjelasannya.
Bener nih, dokter bilang setelah ini saya semestinya sembuh kan? Kalo batuknya nggak sembuh juga, saya bakal balik lagi lho...

Btw, obatnya bikin ngantuk deh. Jangan-jangan karena saya ngeluh nggak bisa tidur gara-gara batuk.... waduuh... kalo keterusan ngantuk sampe siang, bisa gawat nih... @#$$#@*&^@#$ ... ngantugggggh.... tuolong.....

2 comments:

Rusdy Gouw said...

Hallo dok, mau share : "Klu tiap hr ga batuk tp berdahak trs dok, pa penyebabnya y? bs dikategorikan penyakit ga dok?" Thanx y

Unknown said...

@RusdyGouw batuk itu gejala, yang berarti berdahak bisa tanpa batuk bisa juga dengan batuk. dahak ada sebagai mekanisme tubuh mengeluarkan benda asing seperti debu yang menyebabkan adanya alergi. (lebih mudah mengeluarkan sesuatu jika terlarut ketimbang mengendap). coba saja dicek pada pusat kesehatan terdekat. kadang itu hanya mekanisme tubuh normal yang berlebihan atau terlalu sensitif.

intinya jika menganggu periksakan saja. tidak perlu merasa sebagai gejala gawat, saat periksa check up kesehatan bertanya saja kedokter nya sekalian konsultasi.