Tuesday, August 12, 2008

kabar

hihihi... barusan terima imel dari mbak Titi, eikeh jadi geer nih. Soalnya pembukaannya gini:

Nov,
Gw jadi rajin nich baca kepak-kepik lo, enak dibaca sich…btw, bla-bla-bla (off the record dong... hehehe)


wadoh, terima kasih lho kalo dianggep tulisan akyu enak dibaca (walopun gak ada manfaatnya hahahaha).

Hehehe, daripada nulis imel lagi, jawabannya dibikin surat terbuka alias postingan aja ya mbak....

Emang, sebetulnya ide awal bikin blog ini, supaya saya bisa 'cerita-cerita' sama temen-temen yang udah jauhan, yang udah jarang ketemu, kaya Mbak Titi, Intan Teddy dsb dst.

Tau sendiri dong, saya ini orangnya kan bawel, demen cerita. Apa juga diceritain, padahal belum tentu berguna buat yang 'ndenger :)
Tapi yang penting kan nggak ngomongin orang lain ya nggak? (halah! nyari alezan aja ya...)

Makanya saya ini makhluk sosial sejati, kudu punya temen berbagi cerita. Kalo hidup sendiri... wah, bakalan merana deh! ... hehehe
Duh, mbak Titi... kalo lo ketemu ama Nanda (si sulung), wiiiih, Nanda tuh gue banged deh! :)
Bawel, berisik, cerewet, seneng cerita yang nggak penting-penting, ribut, kalo cerita pake semangat 45, hehehehe...

Soal orang yang rewang-rewang di rumah, sekarang memang cuma 1, mbak Yanti doang (ada tuh di foto, yang pake baju kuning). Dia sih belum setaun bantu-bantu di rumah, tapi lumayanlah. Walo nggak se-sergap Darti, tapi bisa jaga anak juga (walo kurang telaten ngajak main Fiko dibanding Darti... teuteup...).

Ya Alhamdulillah masih ada oranglah. At least sampe bulan puasa ini (nggak tau tuh setelah Lebaran balik lagi ato nggak... ).

Alhamdulilah sih mbak, di rumah, Nanda dan Elang udah gede-an (Nanda kelas 5 dan Elang kelas 2). Mustinya sih Nanda dan Elang udah bisa belajar ngurus dirinya sendiri (..teorinya nih.., auk deh kenyatannya... hihihi). Dan itu memang target jangka pendek saya dan bapak Yan. Dan kita berdua nyadar banged, selama masih ada 'mbak' yang mbantu di rumah, mereka berdua (Nanda-Elang) nggak akan bisa 'dipaksa' mandiri dan ngurus diri sendiri. Selama ada si mbak, ya apa-apa mbak, apa-apa mbak....

Yang jadi concern kami berdua saat ini memang Fiko. Kasian aja, di usianya yang sekarang ini, dia masih perlu temen main (abis, Nanda dan Elang maunya main sendiri, kalo main sama Fiko malah ribut, karena Fikonya nggak mau diatur dan nurut aturan main abang dan masnya, hehehehe..)

Alhamdulillah, bapak Yan sekarang udah bukan pegawe orang lagi. Sekarang udah kerja sendiri. (alias kalo banyak order ya punya duit... kalo sepi order ya kering, hehehe...)

Tapi gw ndukung banget bapak Yan kerja sendiri.
1) karena, itu emang cita-cita dia banget dari dulu. Pengin kerja sendiri. Nggak jadi 'kacung' orang lain :) Jadi bos atas diri sendiri. Rasulullah juga bukan pegawe (halah, maksa banget yak!)
2) dia seneng fotografi. Kebetulan setaun lalu peluang buat cari duit disitu terbuka. Alhamdulillah ya mbak, rejeki emang nggak bakal ketuker kok. Subhanallah, sekarang bapak Yan jadi bisa punya kamera yang dia penginin, dan alhamdulilah bisa menghasilkan uang. Terus terang aja, dulu eikeh nggak yakin sama cita-cita dia: ngelakuin hobi, yang make money...
3) dia ngerasa, dengan kerja sendiri, dia bisa 'ngatur'. kalo emang pengin punya sesuatu, ya kudu kerja lebih keras, Insya Allah ada hasilnya. Sementara kalo cuman jadi pegawe -kaya eikeh :( - mo rajin mo males, hasilnya ya tetep segitu... emang langsam, tapi boring, dan kurang tantangan (iya nggak sih?)

Tapi diatas semua, hikmah terbesar yang sangat saya syukuri adalah: keluarga kami jadi nggak tergantung sama orang lain (maksudnya: pembantu).
Dalam keadaan darurat, kalo terpaksa nggak ada pembantu, Insya Allah kami masih bisa idup.
Setidaknya kerjaan bapak Yan yang sangat flexible bisa bikin saya dan si bapak 'shif-shiftan'. Kebetulan kebanyakan kerjaannya bapak Yan ada di hari Sabtu & Minggu (pas saya libur kantor). Kalo pun di hari kerja kudu ketemu orang (calon klien), waktu dan tempat bisa flexible, dan yang penting bisa ngajak Fiko :)

Kerja sendiri tentunya juga ada konsekuensinya.
Antara lain tunjangan kesehatan yang dulu ditanggung kantor si bapak, sekarang nggak lagi (hikmahnya: jadi harus lebih menjaga kesehatan, supaya nggak gampang sakit, soalnya dokternya kan harus bayar sendiri, hehehe)
Juga, taun ini si bapak nggak punya THR dari kantor.
Cuma Alhamdulillah, 2 bulan ini kerjaannya banyak. Bapak bilang, Insya Allah bunda tetep dikasih THR :) ... asiiiikkk... amiiiin....

Ya, semuanya gw syukuri mbak.
Dengan caraNya, Allah memberi saya banyak pelajaran dalam menghadapi hidup.
Saya ngerasa banget, Allah sayang sama saya. Selalu ada pelajaran baru yang bisa saya ambil dari setiap peristiwa. Yang enak maupun yang nggak enak.
Alhamdulillah, Allah kasih saya 'teman hidup' yang bisa sejalan, yang bisa berbagi beban hidup (dan terutama denger kebawelan saya nggak pernah abis... hehehe....)

Allah juga selalu kasih saya pertolongan pada masa-masa yang paling rawan. Pada saat saya berada di satu titik, dimana saya nggak punya daya upaya apapun kecuali mengharap pertolongan-Nya.

Ada satu pengalaman pribadi nih mbak, dan gw nggak akan lupa....
Waktu itu anak kami baru dua, Nanda dan Elang.
Nanda dan Elang masih sekolah di daerah Cawang, deket oma.
Tiba-tiba, pembantu di rumah minta pulang, nggak bisa ditawar lagi.
Saya dan bapak Yan sempet bingung, secara kami berdua pegawe, yang kudu ikut aturan. Nggak bisa seenaknya ijin 'cuma' karena nggak punya pembantu (resiko jadi kacung nih!)
Pada saat itu, nyokap di Cawang (si Oma), kondisinya juga nggak oke. Kalo nggak salah baru keserang stroke ringan (lupa tuh serangan yang keberapa). Bokap (si Opa) nggak mungkin bisa wira-wiri nengok Nanda dan Elang di Otista, karena Oma nggak bisa ditinggal. Tau dong, dari dulu di Cawang nggak pernah ada pembantu. Kalo nggak salah saat itu Acho dan Enddie masih di Bali, jadi di Cawang cuma ada nyokap dan bokap.
Kalo cuma masalah transport anak-anak, bisalah kita ngandelin mobil antar jemput ato ojeg.
Tapi setelah mereka pulang sekolah... siapa yang ngajak main? siapa yang nyiapin makan? siapa yang mandiin, yang nemenin? (terutama Elang, yang waktu itu masih usia playgroup).
Sementara di Cawang juga butuh pembantu, untuk bantu Nyokap sehari-hari, untuk ngurus rumah, karena nyokap nggak bisa bangun. Jadi, boro-boro bisa nitip anak-anak di sana....
Pokoknya waktu itu saya udah bingung banget. Nggak tau musti gimana lagi. Bokap yang biasa saya andelin pun udah mentok.
Di satu sisi, saya bingung mikirin nyokap. Di sisi lain saya juga bingung mikirin nasib anak-anak saya.
Sampe saya tuh bener-bener pasrah. Mungkin itulah saat saya bener-bener tawakkal (asli, nggak dibuat-buat) .... menjadikan Allah satu-satunya wali saya....
Sampe saya pasrah, menyerahkan sepenuhnya kepada Allah, ke arah manapun Ia akan membawa saya....
Believe or not, saat saya kerja di kantor, tiba-tiba bokap telepon dan ngasih tau bahwa ada orang mo cari kerja jadi pembantu. mbok-mbok, udah lumayan tua, tapi bisa jaga anak.
Subhanallah. Saya sampe nyaris nggak percaya.
Begitu cepat Allah memberikan pertolonganNya.
Nggak pake setaun, nggak pake seminggu. Hari itu juga, saat saya memasrahkan hidup saya secara total padaNya, ia serta merta memberikan pertolongan!
Walau sudah bertahun berlalu, sampai sekarang, saya masih takjub dengan peristiwa itu.
Udah lama juga si mbok Yah nggak kerja di rumah, karena harus pulang kampung, ngurus suaminya yang sakit.

Gitu deh mbak, mudah-mudahan, dengan tanpa pembantu, kehidupan di rumah ogut masih bisa berjalan. Malah, Insya Allah bisa jadi kesempatan buat 'memaksa' Nanda dan Elang untuk belajar mandiri dan berbagi pekerjaan di rumah.... iya kan? :)

No comments: