Sunday, January 25, 2009

bukumania: mimpi mimpi lintang - maryamah karpov

sodara2 seperjuangan, finally, dengan berprinsip 'alon-alon asal kelakon', buku keempatnya andrea hirata berhasil saya tuntaskan. (waaahhh... harus potong tumpeng nih saking lamanya! hehe)

awalnya rada bingung ama buku ini. hingga saya merasa di bab-bab awal, mosaik2nya terlalu pecah belah, dan terlalu tipis benang merah antara satu bab dengan bab kelanjutannya.
tapi, ketika ikal mulai berjuang untuk meraih salah satu mimpi ajaibnya, yaitu dengan ekspedisi pencarian a ling, buku ini jadi semakin memikat dan membius. asyik banget. rasanya saya ikut terlibat dalam persiapan ekspedisi yang bagi orang lain dapat dianggap mustahil. saking musykilnya, apapun langkah yang akan ditempuh ikal, menjadi bahan pertaruhan orang2 sekitarnya. 

yuli, salah satu temen yang udah nuntasin buku ini, berkomentar bahwa buku ini nggak sebagus 3 buku sebelumnya (karena nggak demen ama endingnya).
sori fren, saya nggak sepakat.
buku ini asik, asik banget malah. banyak pengalaman ikal yang mendebarkan dan ajaib (menurut saya).
tapi buat anda yang menginginkan sebuah cerita yang ditutup dengan ending yang manis dan sesuai harapan, anda nggak akan mendapatkannya di buku ini.
yap betul kata ii' yuli, lebih dari setengah buku ini menggambarkan persiapan dan ekspedisi pencarian a ling yang melewati rintangan dan hambatan yang luar biasa, ternyata nggak diakhiri dengan ending yang diharapkan. gimana akhirnya? saya juga nggak tau. andrea menutupnya dengan misteri a.k.a open ending. (hehe, bagus, peluang untuk bikin buku selanjutnya ya pak?)

mungkin daripada penasaran, kapan2 kita khusus cari andrea aja, dan tanya tentang a ling yuk! penasaran ihhh....

No comments: