Monday, November 24, 2008

wiken seru

halu..halu... apa kabar wikennya? senangkah?
kalo saya cape. biasa kalo wiken suka banyak urusan.

hari sabtu pagi (menjelang siang) saya beserta rombongan lenong (bocah) naik m04 ke pasar gembrong dalam rangka cari kado buat anak cewek yang mo ulang taun ke 2 (blom tau nama anak yang mo ulang taun).
uh... susah ya, nyari kado buat anak cewek umur 2 taun. nggak punya ide deh. kalo buat anak cowok sih banyak (maklum, pengalaman punya anak cowok gitu lhow).
setelah mondar-mandir di pasar nan sempit dan panas, akhirnya di toko yang ujung banget, ketemu barang yang (agak) sreg dihatikuw. standing microphone. warnanya pun girly. sesuailah, pikir saya.
tantangan pertama sesudah barang tersebut dibayar adalah pernyataan si bungsu: "aku gak usah beli mainan deh bun. aku yang ini aja."
woooottt? ya nggak mungkinlah fiko cintaku sayangku... ini buat anak peyempuan. warnanya aja pink. udah gitu, nyarinya juga susah setengah idup nih.
"ini buat yang ulang taun, kakak...." kata saya.
"eeehh... bukan. itu punya aku..." katanya manteb. yakin banget itu barang dibeli buat dia.
ya terserah-lah. yang penting kita pulang dulu ya. kaki bunda udah mo copot nih rasanya.
sampe rumah setengah 12, abang dan si mas baru inget bahwa mereka punya peer yang blom dikerjain. hiiihh, saya jadi bete dan ngomel2 ke anak 2 itu. kok bisa2nya lupa sama peer sendiri. kan kalo tau bahwa mereka punya peer, mereka nggak usah ikut ke gembrong, di rumah aja ngerjain peer.
untung jam 12 udah kelar. tapi berhubung abang kelar duluan, jadi abang berangkatnya juga duluan, naik sepeda. sementara mas elang masih harus salin baju pramuka dan pake sepatu.
jam 1215 mas elang saya anter pake motor ke sekolah.

sabtu sore, saya, bapak dan fiko (plus tante betty dan bintang yang lagi main ke rumah) pergi lagi ke depo bangunan - kali malang. karena ternyata cat temboknya ada yang kurang.
hehehe, kita kan sampe sana jam 6 kurang, tante betty jadi bete soalnya pen-toknya udah pada ngusir2, katanya kita baru dateng kok udah diusir2 sih.
hehehe, tenang tante betty, kalem aja. emang kita yang datengnya mefet, kan itu toko emang tutup jam 6 sore....
Alhamdulillah, catnya udah sempet kebeli dan dibayar sebelum kita diusir beneran. hore....

oh ya, sekilas soal cat rumah, mo laporan aja bahwa warna rumah saya udah berganti kelir. tembok pager yang semula putih udah ganti jadi oranye dengan lis krem (hehehe, tuob nggak tuh? sekarang yang mo main ke rumah saya dijamin gak bakal nyasar masuk ke rumah tetangga yang hampir semuanya juga bertembok putih -kecuali tamu saya buta warna-). dinding tembok luar juga nggak putih lagi, tapi jadi golden sun (dengan kombinasi oranye).
tembok ruang tamu juga udah ganti jadi golden sun.
ruang makan (tetep) hijau muda. tapi yang sekarang lebih gonjreng.
sasaran berikutnya: kamar tidur depan mo diganti warna biru muda (dulunya ijo).
terus kamar samping (bengkel kerja bapak) mo diganti dari putih (standar banget ye..) jadi.... oranye... hwahahahaha *ketawa gaya raksasa*

kenapa tiba2 kita ganti warna oranye? soalnya honda beatnya warna oranye... hehehehe....
nggak gitu juga ding. kita lagi bosen aja ama warna tembok yang ga ganti2 sejak mas elang lahir. kaya si ruang tamu. dari dulu warnanya udah ijo. walo gonta-ganti, tetep aja ijo.
gitu juga tembok rumah (dinding luar), dari dulu ya warnanya putih.
hehehe... tipikal rumah komplek banget yak?!
dari ujung ke ujung, warna rumahnya sama. putih semua.
kecuali ada 2 ato 3 rumah yang baru direnovasi, temboknya pun ganti warna. lebih ngaptudet. warna chiffon ato krem kekuningan (si krem ini dulu warnanya pink abis, karena anaknya 3 cewek semua. begitu dijual, ama si pembeli, diganti jadi krem. ya iyalah, waktu warnanya pink, itu jadi kaya rumah2an barbie gitu lho).

hari minggunya sempet ada insiden yang mengakibatkan saya membawa 2 anak (saja) kabur dan melarikan diri dari rumah.
gara2nya gini. jam 9 pagi, lagi asik2 di depan notbuk (notebook), tiba2 ada bunyi kenceng banget. ngeeeeeng...ngeeeeeng...ngeeeeng....
saya terlompat kaget. masya Allah. fogging.
baru inget bahwa kemarin ada surat edaran dari pak erte (yang rumahnya tepat di depan rumah saya -ih penting nggak sih dibahas-) bahwa hari minggu jam 9 akan ada fogging dalam rangka melawan (eh... apa sih yang bener, memberantas? melawan ato apa ya? ah, bodo-lah pokoknya kamu tau maksud saya kan?) demam berdarah.
ngeliat asep (terambil dari kata asap, bukan mang asep ya) yang udah mulai masuk rumah. saya panik bukan main. mikirin anak2. mikirin ketoprak (yang baru dibeli dan belum sempet dimakan). mikirin aquarium (eh... tenang-tenang. udah nggak ada ikannya kok. pikirin yang lain aja deh). mikirin pak di yang lagi ngecat rumah. mikirin piring sendok gelas yang belum sempet ditutupin koran. mikirin teras yang belom dipel (ah, itu sih emang lagi males ngepel aja...)
wah... nggak ada waktu buat mikir lebih lama nih. asepnya (di jalanan) udah makin tebel.
gak lama kemudian, tok..tok..tok... pak erte ngedampingin juru fogging ngetok rumah.
rupanya pak erte nganter si juru fogging untuk ngasepin dalam pintu rumah.
(wadoh mas... mbok itu mesin foggingnya dimatiin dulu. berisik. udah gitu asepnya juga ngepul terus....)
"yan, rumahnya mo disemprot nih," kata pak ketua erte kepada suamindaku (ih apaan sih) tercintrong.
saya nggak sempet matiin notbuk (untung kerjanya di kamar). tapi masih sempet tutup jendela kamar. njambret dompet (punya saya sendiri dong) dari atas tv kamar. gak sempet ngambil hape. sambil tereak2 panik, "pak kunci motor mana.. kunci motor" (dalam siatuasi genting begini kembali saya menyesali kebiasaan si bapak yang sering gak disiplin naroh kunci motor, hape, charger hape ato kunci pintu di tempat yang disepakati bersama. udah seringkali kita jadi ketunda ngapa2in karena heboh dulu nyari kunci mobil/motor ato hape).
sambil ngambil kunci motor dari tangan bapak dan loncat ke motor di teras, saya liat dari arah dalem mbak darti ngegendong fiko dan boncengin di belakang saya. "mas.. ayo mas" kata saya ke mas elang yang lagi heboh pake baju (abis mandi). abang yang lagi nongkrong di wese juga jadi keburu2. "abang belum selese bun..." kata si mas. (pengumunan nih. si abang udah nyaris sejam di wese, dan belum kelar juga. kalopun akhirnya terpaksa kelar, itu lantaran kudu cabut dari rumah karena ada fogging. nggak usah heran kenapa nongkrongnya lama. pas saya longok, diatas wese abang bawa setumpuk buku dan majalah. ya ampun bang... kalo mo ngabisin (baca) itu buku dan majalah, jangan di wese dong.... kasian yang mo ngantri kamar mandi kan?)

"ah, suruh si abang nyusul aja. kita tunggu di depan. deket rumah alif" kata saya.
nggak lama, saya, mas elang dan fiko ngebut meninggalkan rumah yang mulai penuh dengan asep beserta orang2 di dalamnya: abang nanda (yang lagi di kamar mandi), pak di (yang lagi ngecat), mbak darti (yang sibuk beres2), bapak-om bambang-om deden (yang lagi kerja di kamar samping).
maaf ya... kami harus melarikan diri secepat kilat. wuzzzzzzzzzzzzz.....

sementara rumah2 dipenuhi asap. orang2 kompek saya juga berkumpul dan berserikat di ujung jalan. demi menghindari dosa bergosip dengan ibu2 komplek (hehehe, sok banget ya saya), kami pun iseng muter2 naik motor. sampe pedati. oh ya, masih sempet nganterin mbak wiwik (anak2 saya manggilnya tante wiwik) -tetangga sebelah rumah- ke pasar, karena dia mo naik angkot ke pgc. sambil nggak percaya, mbak wiwik ampe nanya berkali-kali, "ah yang bener nih, mo nganterin ampe depan pasar?". iyalah. ayo mari mari... ojeg gratesss.... :)

oh ya, saat saya, mas elang dan fiko mampir ngungsi ke warung (lho kok ngungsi, kalo ke warung harusnya belanja kan?), abang muncul. ikutan jajan sambil cerita, "bun, tadi tuh waktu masih banyak asep muncul dari got, tiba2 aku liat om bambang. munculnya jadi kaya jin deh.. hehehehe..." (ih abang terlalu mbayangin aladin kali...)
"terus bun, tadi tuh aku masih handukan. aku buru2 ambil baju. eh yang keambil bukannya kaos, aku malah keluar sambil bawa k**c*t 2 biji hahahaha..." abang ama si mas ketawa ngakak.

minggu sore, jam 3-an. mbak ranny dateng ngejemput anak2. mo diajak ulang taun-an sodaranya om ade (temennya mbak ranny). jadilah mereka bertiga (abang nanda, mas elang dan kakak fiko) pergi 'kondangan' sambil bawa kado yang kita beli sabtunya (standing microphone tea). hihihi... seandainya fiko tau, bahwa microphone idamannya sudah dibungkus buat kado untuk molly morgan (udah tau namanya nih) yang ultah ke 2.

malam, pulang dari ultahnya molly. mereka ber3 heboh banget. terutama abang yang udah bisa cerita dengan lancar, gimana serunya ulang taun molly.
"wah bun, tamunya kebanyakan bule." kata abang (hihihi, kasian ya anak saya, sebelumnya blom pernah kondangan ke pesta orang bule).
"ya iyalah, kan bapaknya si molly orang bule." kata saya.
"tapi ibunya jawa bun," kata abang lagi.
"kamu bisa ngobrol nggak ama temen2nya molly? ngomongnya bahasa inggris apa bahasa indonesia?" tanya saya.
'"ya campur2. kadang bahasa inggris, kadang bahasa indonesia. kalo molly sih ngomongnya bahasa indonesia. tapi kalo ibunya ngomong ke bapaknya pake bahasa inggris lho bun."
ya itulah heibatnya bahasa anak-anak. walo beda bahasa mereka tetep bisa bermain dan berkomunikasi, entah dengan bahasa universal macam apa. yang jelas, anak2 saya pulang ke rumah dengan berbagai cerita seru dan bermacam-macam permen yang selanjutnya bikin ke3 anak saya batuk2.... mudah2an aja nggak sakit tenggorokan ya :(

No comments: