Wednesday, November 12, 2008

cah beef salami

semalam, sebelum pulang ke rumah, saya, bapak dan fiko mampir dulu ke hero cipinang. beli sayur seger buat dimasak pagi ini.

selain itu bapak pengin beli ikan tongkol. mau dimasak bumbu rendang. udah pernah nyoba belum? hehe, enak deh. kita juga taunya dari mbak darti. saya nggak tau juga, apakah sebetulnya memang ada masakan ikan tongkol bumbu rendang, ato resep itu mbak darti ngarang sendiri. ya, kali-kali aja pas mo masak, mbak darti mati gaya, nggak tau mo bikin apa, hingga berinovasi dengan tongkol dan bumbu rendang.
apalagi, saya nggak terlalu maniak makan ayam. lebih suka ikan ato daging (tapi belakangan ini saya udah nggak terlalu suka daging... nggak suka bayarnya, alias mahal, hehehe).
eh, ternyata ikan tongkolnya kosong. ya sudah, kami beli rolade aja.

waktu 'operasi semut' (hihi, kaya kemping aja ya...), kita nemuin beef salami farmhouse yang diskon 50%. wah..wah... mata saya langsung melotot.
ternyata beef salami itu di-diskon karena udah deket tanggal kadaluwarsanya.
ah, biarin deh. di rumah saya sih, makanan beginian nggak bakal tahan lama di kulkas. pasti cepet susut dan pindah ke perut (makanya gimana mo bisa 'susut perut' ya?).

tadi malam, mumpung masih punya energi, saya masih sempet ngelipetin jemuran yang (Alhamdulillah) udah kering. dilanjut dengan nyuci baju. untung njemurinnya dibantu abang dan bapak, jadi cepet selesai. sebelum tidur masih sempet ngepel rumah dan teras.

sengaja sebisa mungkin, tadi malam saya ngerjain sebisanya, karena pagi ini udah diniatin untuk bikin sarapan dengan bahan utama... beef salami diskon yang udah mo expired *.

dan inilah hasil semedi masak saya hari ini...

buat temen2 yang udah lama kenal saya, pasti hapal bahwa saya tuh nggak pintar masak. kalopun sesekali bikin makanan, pasti dipandu ama buku resep -kecuali spagheti yang udah apal diluar kepala, cie.... iyalah masak kalah ama abang, abang aja bisa masak spagethi sendiri kok-.
maklum deh, soalnya buat saya memasak bukan karena hobi, tapi karena kami -saya, anak2 dan suami- harus makan, hihihi.
jadi jangan takjub dulu dong kalo pagi ini tiba-tiba saya bisa bikin cah beef salami yang endang bambang surambang. sebab....
1) beef salami gitu lho.... nenek2 kriput juga tau bahwa beef salami udah pasti enak -kecuali anda adalah vegetarian :) ...
2) thanks to racik-nya indofood, yang udah bersusah payah me-research hingga bisa memproduksi bumbu instan yang rasanya emang rasa tumis (maksud saya nggak nyel0nong jadi rasa soto ato pecel). ah... indofood memang memahami dirikyu yang sering amnesia ama bumbu dapur warisan nenek moyang...

hihihi, berkaca dari pengalaman kemarin, daripada nangis nggak kebagian bekel buat dibawa ke kantor, maka sebelum memanggil anak buah buat sarapan, saya sudah menyimpan nasi dan si tumis beef salami ke lunch box saya -seperti bisa anda lihat pada foto diatas-.
jangan tertipu oleh 'sedikitnya' nasi dalam lunch box, percayalah padaku, itu nasi udah saya padatin ampe padat dan keras, hahahaha....
secara saya emang orang indonesia asli, yang bisa makan nasi 2 piring penuh hanya dengan lauk telor dadar ato sepotong kecil ikan jambal roti dan sambel....

* ==> berhubung saya bukan chef bara ato rudy chaerudin yang hanya dengan buka kulkas bisa tau mo bikin masakan apa, maka untuk bikin masakan simpel gini -pake bumbu instan pulak!- saya butuh persiapan yang matang.
kudu bangun pagi2 buat nyiangin sampe masakan mateng.
masaknya sih nggak lama. tapi bengongnya banyak. kalo diibaratin nginstal program komputer, saya banyak bengongnya sebelum berhasil mencet tombol "next", hihihi
makanya, ketika jam 7 tumis dan nasinya mateng. haa..... rasanya lega banget, serasa satu ujian telah berhasil kulalui :)

No comments: