Friday, November 28, 2008

abang berenang

bukan abang nanda namanya kalo nggak sukses menghebohkan jagat persilatan.
dari semalem udah bilang, "bun bisa bangunin aku jam 5 gak? besok aku berenang."
ya, insya Allah, kata saya, sambil ngegebah abang nanda dan mas elang untuk bobo cepat.

pagi tadi, waktu saya manas2in lauk, sayup2 kedengeran dering hape dari kamar abang sampe ke dapur. ketika saya longok, yang punya hajat (masang alarm) masih tidur dengan nyamannya, serasa gak ada bunyi apa2. hehehe, huebad huebad...

saya bangunin abang sampe berkali-kali. "bang, jadi berenang gak? udah jam setengah tujuh nih."
"iya jadi..." tapi sambil terus meluk guling, ganti posisi, tidur lagi.
"woi bangun, aku nggak bisa nungguin sampe kamu bangun nih. aku masih banyak kerjaan. mo bangun ato enggak sih? gak usah berenanglah..." *nada mengancam*
ajaib. abang langsung duduk. tapi 'senandung pagi' saya tidak lantas berhenti disitu.
"ayo langsung mandi, beresin tempat tidurnya. ini buku2 banyak amat sih," *sambil mungutin buku2 di lantai* "sebanyak ini emang dibaca semua? kalo ngambil tuh jangan langsung banyak2. ntar kalo udah selesai nggak ada yang mo mberesin. abis mandi langsung makan. makan apa yang ada di meja ya. jangan minta yang macem2, sayang masih banyak makanan."

maksudnya, abang nggak usah minta segala nugget ato cornet ato mie. soalnya kadang abang nih suka 'bandel', walo ada lauk di meja, seneng aja bikin2 makanan baru (ngkali mentang2 udah bisa bikin sendiri ya?), ya nasi gorenglah, ya goreng nugget ato sosis yang dimakan pake thousand island, dsb dst. yang berakibat: lauk dan sayur di meja jadi gak disentuh.

selesai mandi, abang nggak langsung pake baju "pergi". masih pake celana training (yang biasa dipake main ato bobo alias seragam rumah), ambil makanan, duduk di depan tv, nyalain tv -nonton kartun di antv-, nyalain mp3.
wadaw bang.... katanya mo berenang jam 8 di youth center. ini bukannya siap2 dari pagi, malah sibuk banget sih? *saya-mulai-keluar-caling-vampir*
"heeh, ini lagi makan dulu," katanya nyante.
auk ah gelap. pokoknya saya mo mandi, siap2 mo berangkat dan bertekad gak 'ngurusin' abang. biar aja dia ngurus diri sendiri.

saya selese mandi, pakaian, ngecek2 isi tas (mastiin gak ada barang yang ketinggalan), nyiapin bekel makan siang saya, meriksa hape (kali ada yang sms)....
...tiba-tiba abang ndeketin saya dan ngomong.... "bun, baju renangku mana?"
whuaaaaaa.... langsung keluar asep dari kuping saya *ngebul*
"lha abaaaaaaaaang (a-nya panjang tuh), kan udah dibilangin dari tadi. siap-siap, siap-siap. ini malah sibuk banget. kecilin tuh mp3. berisik amat siy."

episode berikut adalah bagian dimana abang dan mbak darti sibuk ngubek2 isi lemari abang (karena mbak darti yakin, ngerasa udah masukin baju renang abang yang udah dicuci ke lemari).
"kemarin ada kok bun. mbak darti katanya udah masukin ke lemari ini..." kata abang. auk ah.

episode berikutnya lagi, masih acara ngubek2, tapi arealnya diperluas menjadi ke seluruh kamar abang. selain abang dan mbak darti, pemerannya juga bertambah satu, yaitu saya *yang kupingnya masih ngebul*. tapi toh tetep nggak ketemu.

tiba2 saat abang ngeliat ke kardus2 guede di ruang tengah (sebagai ilustrasi, acara ngecat rumah belum tuntas, jadi di ruang tengah masih dijadikan tempat pengungsian barang), abang ngomong pelan... "oiya aku inget, kemarin aku main sama fiko, trus dari dalem tas calypso (salah satu tas ransel) aku ngeliat ada plastik. aku keluarin. isinya.... tempat makanan, tempat makan aku bawa nasi sama abon. trus sama... baju renangku yang belum dicuci...."

adudududuh abang.... auk ah gelap banget deh!
"bang, kalo aku bilang kamu terlalu, aku berlebihan gak?" tanya saya lemes.
"...mmm enggak..." katanya sambil cengengesan pasrah.

"ok, trus tempat nasinya udah dikeluarin belum?" tanya saya (agak) galak.
"udah, udah dicuci kemarin, "kata abang (catat pemirsa: tempat nasi sudah dicuci KEMARIN. padahal berenangnya JUMAT MINGGU LALU)... sabar... sabar.. orang sabar disayang Tuhan...
"trus baju renangnya?" tanya saya.
"aku udah keluarin dari tas kok, waktu aku main sama fiko. trus aku taro disini." abang nunjuk ke arah kardus yang udah kecampur ama mainan2nya abang, mas ang dan fiko di ruang tengah.
"tapi sekarang kok nggak ada sih...." *nada takut dan putus asa*
(catet lagi pemirsa: udah tau itu baju renang seminggu gak dicuci -dikekep pulak dalam plastik- lha kok waktu nemuin bukannya dimasukin ke keranjang cucian kotor, malah ditaro begitu aja gitu lhow . gimana enggak caling vampir saya mendadak jadi selusin kan?)

episode selanjutnya kembali si abang ngacak2 kardus2 guede dan tumpukan mainannya, mencari plastik putih berisi BAJU RENANG YANG BELUM DICUCI SEJAK JUMAT LALU.

nggak ketemu.
saya yang penasaran pun ikutan ngubek. geser-geser kardus, dorong2 mainan yang bertebaran (macem2 tuh, ada mobil2an, ada helm tentara, ada senapan, ada pistol2an, ada tentara2an kecil, ada pensil warna, ada bengkel2an hotwheels, ada botol bekas yakult yang udah gepeng dan entah apa lagi).
dan....di antara rimbunan belantara mainan, saya menemukan sebuah kantong plastik.
voila.
jadi -akhirnya- pagi ini, abang bisa berenang pake baju renangnya *yang belom dicuci selama 1 minggu* dan batal berenang pake celana pendek (tadinya saya udah kasih warning, kalo dilarang berenang pake celana pendek oleh lifeguard, resikonya ya nggak ikutan berenang).

tapi tenang man, sebelum saya memutuskan apakah baju renang itu layak pake ato enggak, saya sudah minta abang untuk meriksa, apakah bajunya 'berbau aneh' karena belum dicuci ato enggak. (ya kalo sampe ngeracunin orang sekolam renang kan kita bisa dituntut, gawat.)
ternyata Alhamdulilah enggak tuh, dan abang bisa pake.
gimana cara meriksanya? gampang. dengan cara diendus oleh abang, hahahaha....

ya... begitulah kemeriahan di rumah pagi ini.
memang cuma abang yang bisa bikin hidup lebih hidup.
hidup abang! i lap yu, son...... *muah-muah*

No comments: