Monday, November 10, 2008

arisan mertua


hehe, jangan salah sangka. ini bukan arisan -yang kalo menang kocokan-, hadiahnya berupa mertua.
maksud saya arisan mertua adalah gank arisannya mertua saya. rupanya kali ini mertua saya kena giliran ketempatan acara arisan. wah wah, rupanya di kocokan sebelumnya nama eyang yang menang... hihi, kok nggak laporan sih? takut ditodong ama mantu gak tau diri ini ya? :)

jadi gitulah sodara-sodara, hari sabtu kemarin, saya manggil mbak darti dari cawang, buat bantu2.
ternyata, pas eyang dateng, juga ngajak mbak bar (yang mbantuin di rumah eyang, dan kebetulan temen sekampungnya mbak darti).

mbak bar kebagian nyuci gelas2 yang dikeluarin dari lemari penyimpanan barang2 eyang, sementara saya dan mbak darti nggeser2 dan nata meja kursi di ruang tamu.

kalo cuma nata kursi aja sih gampang, masalahnya, abang, bapak (dan saya) punya kebiasaan yang sama, demen nyimpen (ngumpetin) barang2 di kolong meja, di balik kursi ato di tempat2 dimana itu barang nggak keliatan dari pandangan mata... (sebenernya kami keluarga manusia apa keluarga tikus sih ya? demen banget ngumpetin barang2 di kolong2 gitu...)

jadilah hari sabtu itu, saya dan mbak darti sibuk ngangkut dan mindahin barang2 ke... kamar anak-anak dan gudang. hahaha, judulnya bukan beres2, tapi mindahin barang2 ke tempat yang (makin) nggak keliatan aja tuh!
wah... pokoknya saya sibuk deh. sibuk kerja ama sibuk ngomel.
hehehe, mumpung ada kesempatan ngomelin abang :)
lha abisnya, mosok sih, di kolong meja tamu (bayangkan sodara-sodara, meja tamu nih posisinya di ruang tamu lho. tempat kita menerima tamu...) ada barang2 ini:

- 1 container (nggak) kecil (-kecil amat) berisi cd. nggak tau tuh isinya cd apa aja, kayanya segala macem cd game playstation 1 & 2, baik yang masih bisa dipake maupun yang udah baret2 nggak keruan bergabung jadi satu. belum lagi vcd, dvd (bajakan) power ranger, teletubbies, spiderman, thomas, barney, si kancil, yang abang beli (koleksi) setiap kita pergi pasar kam (itu jatah premannya abang tiap ke pasar -sejak jaman playgroup tuh!-)

- 1 kardus gede (segede dus indomie) isinya: cd-cd juga... (again)
- 1 keranjang plastik, isinya: cd-cd lagi (capek deh) plus mesin ps 1 abang yang udah autis (hidup segan mati tak mau)

- 1 kardus dance-dance revolution (kali ini isinya sesuai sama dusnya, dusnya juga masih rapi)

- 1 kaleng lem merek indrakol (lem andelan buat ngelem apa aja, termasuk ngelem kertas krep ke sepeda abang dan si mas waktu 17-an lalu)

- 1 kantong plastik isi beberapa kaleng lem -sisa mbetulin jok sofa tamu- *

- 1 kantong plastik (guede) isi sisa bahan dan busa (waktu mbetulin sofa tamu) *

* ==> yang dua item ini, penjahatnya adalah bapak. soalnya abang dan mas elang nggak ngaku kedua plastik itu barang mereka. waktu saya tanya bapak, bapak bilang: iya belum diberesin ke belakang, soalnya kirain, si tukangnya mo balik lagi.
idih bapak..... :(

yang lain adalah remah2 mainan abang, mas ang dan kakak fiko.
macem2lah, ada lego kecil2, roda mobil-mobilan (yang cuma sebelah), potongan senapan plastik, peluru plastik, mobil2an hotwheels, kertas2 cover dvd dan game ps....

sementara waktu nggeser sofa yang se-gede2 gambreng itu, dibawahnya juga saya temuin banyak barang2 seperti mainan, gundu, sampe buku bacaan. ya ampyun.... parah banget deh ya.

setengah dua siang, saya mandi (gerah banget bok!) trus ngabur sebentar ke sekolah abang dan mas ang. ambil rapot bayangan.

Alhamdulillah, hasil mid-test mereka lumayan. catatan dari bu guru buat abang nanda: pertahankan prestasimu (hihihi, padahal waktu terima kertas mid-test yang udah diperiksa dan diberi nilai, saya dan bapak sempet ngomelin abang. soalnya hasilnya kurang maksimal. dan abang pun terancam hukuman: ps-nya mo digulung untuk kemudian diumpetin di lemari besi trus digrendel, diiket pake rante kapal dan digembok pake gembok pager!)
sementara catatan ibu guru buat mas elang: jangan kebanyakan bercanda dan jangan malas bikin peer.
hih. si mas nih rupanya males nulis. kata bu guru, mas elang kalo nulis tuh lamaaaaaaaa banget. kadang sampe jam setengah lima belom kelar juga. sampe2 seringnya dibuat (dijadiin) peer (ya iyalah, masak bu guru mo nungguin ampe malem....) eh... besoknya nggak juga diselesein (disetor ke bu guru). trus kata bu guru, mas elang senengnya bercanda aja.
saya ngeles minta ke bu guru supaya pindahin tempat duduknya mas elang ke deretan paling depan. bu guru bilang: "lha, elang tuh duduknya udah paling depan, bu..."
wadaw, gimana tuh ya... udah duduk paling depan, masih juga demen bercanda.
pantesan... abang pernah bilang, "bun... bun, elang tuh, katanya peer-nya banyak. tapi kata elang dia males ngerjainnya"
saya kirain abang main-main, ternyata beneran lho...
ih tuh anak, masih kelas 2 sd aja udah suka males ngerjain peer, gimana entar kalo udah smp ya? (jadi inget kelakuan bapaknya jaman masih smp hehehe....yang 'rajin' nyalin peer dari saya ato dari ilyas, temen sebangkunya)
trus, gimana cara supaya dia nggak bercanda ya.. wong duduknya udah di deretan paling depan... masak saya mesti usul sama bu guru supaya mas elang dipindahin duduknya ke tempat bu guru... nggak mungkin dong. entar bu gurunya duduk dimana?
tapi biarpun ada pesan cinta dari bu guru, hasil mid-test mas elang juga lumayan. ada sih nilai 65, tapi cuma 1 pelajaran: pendidikan kewarganegaraan. wah mas, hati2 tuh... jangan sampe kamu dianggap nggak cinta indonesia
matematikanya menonjol: 90. Alhamdulillah, ada hasilnya juga ikutan sempoa ya :)

ngambil rapot bayangan tiap anak, masing2 cuma 5 menit. jadi total cuma 10 menit.
untung naik si beat. kalo nggak kan males banget... capek jalan kaki belom ilang, urusan udah beres dan boleh pulang. bisa2 saya marah ama bu guru, kok cepet banget sih mbagiin rapot bayangannya. mbok disuguhin makan minum dulu. jadi kami bisa sambil istirahat gitu lho...

balik dari sekolah, tugas upik (b)abu sudah menanti, berupa: segunung baju yang menanti disetrika, hasil cucian seminggu... o-ow....

jadi, saat eyang menjamu tamu2nya dan berarisan ria, saya bersimbah peluh menggosok baju 3 keranjang :( huhuhu
nggak papalah, itung2 uji kekuatan kaki berdiri ber-jam2 sambil nyetrika. cukup saktikah saya?

note: gambar diatas bukan jemuran saya, tapi cuma buat ilustrasi aja. biasalah hasil ngembat lewat mas google :)

No comments: