Thursday, July 31, 2008

naik bis


Selasa kemarin, bapak nggak bisa jemput ke kantor karena ada janji di luar.
So, saya pulang sendiri dong...

Belakangan ini, kalo pulang sendiri, saya lebih sering naik angkutan umum (kopaja disambung mikrolet) daripada taksi. Kecuali kalo pulangnya sudah malam atau kondisi badan sedang nggak enak, baru saya naik taksi. Naik taksi sendirian kan lama2 bosen juga di jalanan.

Dulunya sih, semenjak pindah ke SCBD, saya rada males naik angkutan umum. Soalnya posisi kantor emang nggak manusiawi untuk orang susah ber-angkot macam saya hehehe.
Kalo mo gampang, ya taksi lagi taksi lagi.

Dari lokasi gedung kantor, halte bis kota memang jauh untuk dijangkau.
Pilihannya ada dua: jalan kaki ke arah Sudirman, kemudian nyebrang jembatan penyebrangan menuju halte depan Sultan Hotel.
Atau pilihan kedua: naik shuttle bus SCBD menuju komdak, nyebrangin jembatan penyebrangan yang paaanjaaaaaaaang banget, sampe ke depan Plangi / Crown Plaza.
Judulnya untuk ke tempat pemberhentian bis umum itu: susyeeeh banget deh!

Kalo dari halte depan Sultan Hotel, (dulu) saya nggak tau musti naik bus apa menuju rumah saya.
Yang saya tau, ya kudu dari depan Crown Plaza, naik metromini S604 (arah Pasar Minggu - sambung mikrolet 16 - sambung ojeg) atau Patas 16 (turun cawang atas - sambung mikrolet 16 - sambung ojeg).

Tapi nyebrangin jembatan antara komdak-crown plaza itu bo', ih, jauh banget tauk! maleeeesss banged....

Sampe kemudian Dewi ngasih saya informasi angkutan umum yang bisa saya tumpangi.
Ternyata, lebih enak rutenya gini: dari halte depan Sultan Hotel, naik kopaja 19. Turun di kolong fly over Sudirman. Trus naik mikrolet 44 sampe Kampung Melayu. Nah dari situ saya tinggal naik mikrolet 18 ato PWI, ato bisa juga naik ojeg. Sampe deh....
Emang nyambung2, tapi jelas nggak ribed, pasti dapet duduk dan lebih cepet sampe. Asiiiik.

Nah balik ke cerita Selasa kemarin, ketika saya nunggu kopaja 19 yang gak kunjung lewat2, tiba2 ada Patas 65 (AC) jurusan Tanjung Priuk, tulisannya sih lewat Cawang dan Penas.
Eh...eh... jangan2 saya bisa naik bis ini nih, pikir saya dalam hati.
Bismillah, saya loncat aja ke itu bis yang kebetulan masih punya tempat duduk kosong.

Dari atas bis saya 'laporan' ke bapak, bahwa saya naik bis arah Priuk tapi lewat Cawang dan Penas (telat banget yak, harusnya sebelum naik bis atuh!).
Bapak bilang, ati2, jangan sampe itu bis lewat tol terus-terusan dan baru keluar di Priuk. Hihihi, malah jadi jauh dong.

Pas bayar ongkos, saya tanya sang kenek, bis ini lewat by pass nggak?
Ternyata katanya enggak tuh. Setelah keluar di Pancoran ato Cawang, bisnya bakal masuk tol lagi sesudah lampu merah mo ke kali malang.

O.. gitu ya. Okelah, saya bisa turun di UKI kok. Berikutnya saya tinggal nyegat mikrolet dan turun depan Samsat Jakarta Timur. Tinggal motong gang kecil, telepon ke rumah minta bukain pintu samping komplek (yang selalu dikunci setiap saat, tapi semua rumah di komplek punya kuncinya. Ini dilakukan supaya nggak ada maling yang bisa dengan gampang kabur lewat samping setelah nyolong di komplek saya...). Nah, belum jam 7 udah sampe deh...

Jadi begitulah sodara-sodara. Ini pengalaman saya naik bis (lagi) setelah bertahun-tahun nggak pernah naik bis umum.
Selama ini angkutan umum yang saya naikin paling mikrolet, kopaja/metro mini ato ojeg.
Tapi yang lebih sering tentu aja bersama suami tercintah. Hehehe, mo naik motor, mo naik mobil sama indahnya, asalkan bersamamu (suamiku cintaku...) cieeee... *suit-suit*
Catatan: gambar diatas dicomot lewat mas google. biasalah andalan saya: free clip art itu lho!

No comments: