Tuesday, July 8, 2008

hasil tes bulats

mungkin gini nih rasanya siswa-siswi yang nunggu pengumuman hasil UAS/UAN. dag-dig-dig-dor.

Di kantor, temen-temen lagi pada heboh karena hasil test BULATS akhirnya dibagikan (lebih tepatnya: diambil sendiri ke dept L&D, karena yang hasil testnya diantar/dibagikan hanya untuk level partner aja tuh...).

Hasil tes saya? Lumayan. Sebagai warga dunia yang tidak menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pergaulan, hasil saya cukup lumayan. (Ya iyalah, kalo mo beli trasi gak mungkin pake basa inggris di pasar kam kan?)

Apa tuh hasilnya? CEF/ALTE Level B2/3 alias Upper intermediate. Hihihi, padahal boso inggris saya jarang kepake. Lha, si bos itu meskipun wong asing alias expat tapi lebih pede ngomong boso indo sama eikeh. Mungkin takut saya kagak ngarti maksud dia hahahaha....

Jadi begitulah adanya. Dengan B2/3, summary of typical abilities saya tertulis sbb:

Research has shown that typical candicates at this level can:

- use the telephone with good understanding ==> hooh, emang sesuai prinsip sayah, yang penting saya dan lawan bicara mudeng dan kagak tulalit, gak peduli (alias gak malu) grammar belepotan :)

- understand most reports and non-routine letters, with dictionary help ==> hooh kali ye. kalo pun kemaren2 sok2an baca buku tebel versi Inggris (halah, cuma Harry Potter kok, gak ada yang laen!), lebih banyak 'sotoy'nye daripada ngarti betulan alias pake ilmu "kira2 artinya adalah...." wakakaka

- deal with clients and resolve most problems in their own field ==> yah gitu deh *ganjen-mode-on* deziggghhh

- write more complex messages and non-routine factual letters, if work is checked ==> ini karena kepaksa, punya juragan yang boso inggris-e sophisticated, suka kagak mo ngarti bahwa boso inggris saya pas-pasan. Untungnya sang juragan masih berkenan mereview konsep2 surat saya (ya iyalah, kan dia kudu tandatangan. mana mau tandatangan kalo boso inggris-e ngaco hehehehe)

Tapi bos saya baik lho. Waktu dia tanya hasil tes saya, dan saya sebutkan, "Lumayanlah, 3"

Dia tersenyum dan bilang, " no.... its good" halah, ibu bisa aja deh.... *malu2buaya*

No comments: