Monday, May 12, 2008

orang mana?

Sejak masih masih sekolah, paling bingung kalo dapet pertanyaan “kamu orang mana?” (maksudnya dari daerah/suku mana).

Dan beberapa hari lalu, pertanyaan tersebut juga meluncur dari abang Nanda.
Saya jawab: “Opa sih orang jawa, oma orang bugis ………..” karena pernyataan saya tidak menjawab pertanyaannya, maka abang mengulang lagi, “terus bunda orang mana?” “Indonesia,” jawab saya sambil nyengir. :D

Iya nih, saya malu kalo ditanya suku asal saya. Bagaimana enggak, mau njawab orang jawa (sesuai asas patrilineal), lha….. saya nggak punya kampung halaman di jawa, dan terutama gak bisa boso jowo! : Ngaku orang bugis? Lebih parah lagi. Lebih banyak gak ngertinya ketimbang ngertinya. Padahal asli, saya bangga bener sama darah kebugisan saya. Maaf ya, bukannya mo ingkar ato nggak bangga jadi orang jawa, tapi karena di Jakarta, orang bugis lebih jarang daripada orang jawa! 8-} Jadi rasanya lebih eksklusif aja…. hahaha… norak banget ya alasannya.

Nggaklah…. pastinya saya bangga jadi orang jawa dan bugis.
Cuma itu, saya malu kalo ngaku2, tapi pas diajak bicara bahasa jawa ato bugis, saya malah lebih banyak melongonya …. :-O

Makanya, waktu lagi iseng ngaduk-ngaduk mas google, terus ketemu ini wah saya girang bukan kepalang. Soalnya dari situ saya bisa belajar bahasa bugis! :D/ yihaaaa....

Ya setidaknya, saya nggak bloon-bloon banget kalo pas lagi kumpul2 sama sepupu dari pihak mama (yang kebetulan ortunya nikah sesama bugis, dan dalam keseharian mereka biasa berkomunikasi dengan bahasa tersebut). Dan saya juga nggak terlalu bikin malu kakek nenek yang sudah memberi saya nama bugis: Maule.
Dari 3 bersaudara, yang punya nama bugis hanya saya (Maule) dan abang saya (Patauri). Sayangnya (entah kenapa) nama bugis saya tidak tercantum di akte lahir. Sementara nama abang saya di akte ‘bugis banget’: Acho Patauri (tapi ditutup dengan nama belakang berakhiran O, khas jowo).
Ya, setidaknya saya masih lebih beruntung ketimbang adik saya, Sandy, yang nggak punya nama bugis karena kakek (dari pihak mama) sudah meninggal saat dia lahir.

Mumpung masih hangat dengan wed anniversary, jadi masih relevan dong kalo saya tampilkan foto pernikahan 11 tahun lalu yang memang pake adat bugis.

No comments: