Friday, May 2, 2008

my project





Seperti pernah disebut sepintas disini, aku lagi punya project!
Gara-garanya Yuli yang ngenalin program ini. Dia minta aku buka www.mitranetra.or.id/ebook/ .
Pernah denger Mitra Netra dengan program 1000 bukunya?
Walopun secara nggak sengaja pernah nonton di kick andy, aku tuh nggak nyangka bahwa kita bisa ikutan mendukung program mereka tersebut.

Setelah berkomunikasi dengan mas Firdaus dari Mitra Netra, maka aku sama Yuli (plus Dian yang lagi propose untuk ngetikin sebuah judul buku -tapi belum dapet konfirmasi), berkomitmen untuk mendukung mereka dengan cara mengetik ulang buku bacaan -yang kemudian akan di-alihkan ke dalam tulisan braile oleh mitra netra-.
Nggak sulit kan? Jadi siapa aja bisa melakukannya.

Kapan bunda ngerjainnya?
Ya, kalo kerjaan di kantor lagi nggak banyak, kadang kerjain sedikit-sedikit di kantor (maap ya, bukan maksud korupsi pake fasilitas kantor nih, tapi kan daripada ngerumpi :) mending ngerjain yang berguna, iya nggak?).
Trus, kalo di rumah masih punya waktu dan komputer ada yang nganggur (either PC ato laptopnya Bapak), ya dilanjutin lagi...
Kebetulan kemarin itu, pas bapak lagi banyak kerjaan dan komputer dipake semua, Alhamdulillah Pakde Acho minjemin ibooknya yang nggak dipake. Jadi tetep bisa nyicil dikit2 :)
Tapi, ternyata waktu mo combine hasil ketikan yang ada diflashdisk dan yang disimpen di ibook, ada kendala yang lumayan bikin kepala cenat-cenut.
Walopun dari awal udah tau bahwa colokan USB di ibook rusak, bunda ma bapak pikir kita masih bisa ambil datanya pake wifi. Lha kok ternyata wifi-nya juga nggak bisa konek ama PC dan laptop bapak. Mo minta tolong pakde Acho untuk ngambil data lewat mac-nya dia juga gak bisa. Soalnya mac-nya dia dibeli ama temennya dan dia lagi pesen lagi (belom dateng barangnya).

Jadi gimana mo ngambil datanya dong? Secara yang diketik dan disimpen di harddisk ibook tuh udah ada 2 bab. Masa ketik ulang siiiiih... cuma gara2 datanya nggak bisa keambil?
Alhamdulillah, si bapak gak gampang patah akal dan semangat sama hal-hal teknis kaya gini.
Maka datanglah ide brilian itu... dereng-dereng-dereng-dereng (backsound nih!)
Si ibook disambung ke kabel telepon dan kirim data lewat ... telkomnet instan ke email kita .... hihihi... ternyata masih kepake juga tuh telkomnet instan yang kemaren2 sempet dicela-cela karena koneksinya yang lambreta rata hayo.
Alhamdulillah, tinggal beberapa halaman lagi bukunya bakal selesai diketik. Insya Allah akan selesai dalam waktu dekat.

Inilah foto-foto Fiko yang beraksi dengan senjata bunda dalam menyelesaikan project ketik-mengetik.

Jadi next project? ...mm... cari2 dulu deh. Ada ide?

No comments: