Thursday, September 4, 2008

tarawih with fiko

ada beberapa temen yang nanya, kok selama puasa saya nggak 'produktif' ngeblogging :)

sebenernya sih bukan karena saya lagi shaum, tapi emang ada beberapa kerjaan yang musti kudu dikerjain, sementara energi nggak sedahsyat kalo lagi nggak shaum. ya, maklum dah, udah mulai uzur, jadi nggak boleh boros2 tenaga :(
sampe tadi mbak ellin stc, katanya, kali-kali pulang tarawih entar saya ada cerita buat ditulis.

wah mbak, saya sih udah lama nggak tarawih di masjid. sudah beberapa ramadhan saya tarawih sendiri di rumah. maklum deh, emak-emak punya anak kecil, kalo sholat jamaah di masjid malah nggak konsen. takut anaknya ilang-lah, takut anaknya berisik dan mengganggu lah. wah pokoke banyak pertimbangan deh.

kalo abang nanda, alhamdulillah, selalu shalat tarawih berjamaah di masjid ato musholah. sejak taun lalu dia udah berani pergi sendiri, nggak tergantung ortu, mbak atau teman. taun ini apalagi, kalo udah denger adzan isya, dia langsung loncat, kabur ke masjid. hehehe... maklum setelah maghrib dia masih sibuk berkutat sama makanan dan efek kekenyangan-nya :)

kalo mas elang, tempo-tempo. kadang dia mau ikut abangnya, kadang kalo lagi nggak pede, dia lebih memilih di rumah bersama saya dan fiko.

shalat tarawih saya lebih sering bersama fiko. menggelar 1 sajadah berdua. nanti dia akan ikutan shalat. kadang mendahului. kadang nggak pake ruku', habis takbiratul ihram langsung sujud. ya suka-suka dia ajalah :)
saya pikir nggak papa deh, biar dia learning by watching :)

sebetulnya sih fiko lebih banyak mainnya daripada shalatnya. kadang dia sengaja berdiri di depan saya supaya bisa kerudungan mukena :)
kadang, dia sengaja nunggu saya sujud, terus nomplok ke punggung saya. kalo saya berdiri(masuk rakaat berikut) -dengan hati-hati karena takut dia jatuh-, dia malah seneng dan ketawa-ketawa. kadang sengaja duduk di pangkuan saya (saat duduk diantara 2 sujud). yang paling nggak tahan kalo dia udah berdiri di depan saya, pas saya ruku'. lah, sengaja banget tuh masang kepalanya sambil ketawa-ketawa, manggil-manggil saya, supaya deketan ama kepala saya, kadang sengaja biar jedutan :)
juga ketika saya duduk tahiyat (awal ato akhir), kalo udah liat telunjuk saya, seneng banget deh narik-narik telunjuk saya ato dia paksa supaya telunjuk saya nggak nunjuk :) hihihi...
pokoknya shalat 'berjamaah' sama fiko, godaannya ya dia itu lah...

makanya shalat tarawih sama fiko, walopun jumlah rakaatnya dikit, bisa makan waktu lama, soalnya, tiap abis salam, kudu istirahat dan becanda dulu sebelum mulai shalat lagi :)

No comments: