Monday, September 29, 2008

nonton bareng: laskar pelangi


setelah batal janjian nonton film ini sama temen-temen lantaran mas elang panas, dan setelah itu saya sudah keburu masuk periode cuti lebaran, akhirnya kemarin siang, saya, bapak dan 3 jagoan kami nonton film ini di Metropol. berhubung memang dimaksudkan untuk killing time, maka kami nonton yang jam 2 siang.

filmnya cukup bagus. ya gayanya Riri Reza-lah. film ini nggak terlalu persis sama dengan bukunya. ada tokoh pak zul dan bakrie yang nggak kita temukan di buku laskar pelangi.
overall filmnya asik ditonton. menghibur. ada lucunya, sedihnya, komplit deh.
selain anak2 asli belitong, film ini juga bertabur bintang. ada cut mini, tora sudiro, ikranegara, slamet rahardjo, jajang c noer, robby tumewu, lukman sardi, alex komang, mathias muchus, rieke d pitaloka.
kerennya, walo filmnya nggak sama dengan bukunya, tapi secara garis besar, jalinan ceritanya nggak lari dari buku yang ditulis andrea hirata. jadi saya nggak kecewa seperti ketika nonton ayat-ayat cinta-nya kang abik.
dan walopun saya sudah mempersiapkan mental untuk tidak cengeng menonton film ini, nggak urung saya berlinang air mata saat adegan lintang harus meninggalkan sekolah, karena ayahnya meninggal dan sebagai anak laki2 satunya dan tertua, ia bertanggung jawab atas nasib adik2nya. lintang yang cerdas dan punya otak seencer susu -kata kucai sang ketua kelas- tak punya pilihan lain selain meninggalkan sekolah sebelum ujian sd :(
cuma itu sih yang bikin saya nangis. ya, lumayanlah, setidaknya nggak sampai membuat saya berderai-derai air mata dan tercabik-cabik seperti ketika saya membaca bukunya.

akhir film ini pun nggak setragis bukunya (faktanya?), karena dalam film digambarkan lintang telah berkeluarga dan ia mewariskan semangat untuk mencapai cita-cita tinggi kepada anaknya.

kalau ada kesempatan dan waktu, nonton deh, film ini layak banget ditonton bersama keluarga.

oh ya, salah satu adegan favorit saya adalah saat mahar bernyanyi lagu seroja. baca di koran tempo minggu, si pemeran mahar ini memang pandai main marawis lho...

No comments: