Thursday, September 11, 2008

kamera

setelah sekian lama moto-moto pake kamera roll film, akhirnya kami (saya dan bapak) memutuskan untuk migrasi ke kamera digital. bukan apa2, biaya cuci cetaknya udah makin mahal bok :(
makanya, kalo kemudian album foto anak-anak makin dikit, sama sekali bukan karena pilih kasih, tapi keadaan dan nilai rupiah yang makin menyedihkan-lah penyebabnya.
hihihi.. jaman anak masih satu, si abang fengkie tuh album fotonya lumayan aja jumlahnya. dari bayi ampe sekolah, foto trus.....
begitu mas angkie lahir, acara foto-foto mulai kendor.
kamera pentax-nya bapak (warisan almarhum eyang kakung) nyaris nggak disenggol-senggol lagi. ada sih album fotonya mas angkie, tapi nggak sebanyak abang... *keciandehsimas*

dan sesudah kelahiran bingkie, akhirnya kami beli kamera digital kami yang pertama.
yang kami beli adalah kamera keluaran fuji mpix. murah meriah, harganya dibawah 1 juta.

emang sengaja beli kamera ini, karena diniatin supaya bisa dipake oleh anak-anak, terutama angkie yang keliatannya punya bakat terpendam di bidang foto.
saya tau hal ini juga tanpa sengaja. yaitu waktu si tengah suka minjem hape saya (yang ada kameranya), nggak tau buat apa. pas tengok2 si hape, ternyata banyak hasil jepretan mas angkie yang cukup layak tayang. lumayan bagus buat anak yang (waktu itu) umurnya belum lagi 5 taun :P
makanya, sengaja beli kamera digital yang murah meriah, supaya emak-babenya nggak jantungan kalo itu kamera dipake sama anak-anak :)

angkie ini nih yang diem-diem demen moto juga...


sayang sang mpix yang diklaim oleh mas angkie sebagai miliknya ternyata nggak berumur lama. bukan... bukannya rusak, melainkan dicuri orang :(

beberapa taun lalu, pernah ada orang asing nyelonong masuk rumah, nggak lama setelah fengkie & angkie pulang sekolah (didrop mobil jemputan). mungkin rumah kami memang sudah diincer si maling itu. walopun udah diwanti-wanti supaya nggak buka pintu buat orang asing, toh pembantu kami melakukannya juga. ya... gimana dong, walopun udah di-drill dengan 'teori', mungkin bagi mereka prakteknya nggak segampang (si teori) tea.

mo marah juga gimana... masih untung ketiga anak kami dan mbak di rumah nggak diapa-apain. ya masih syukur lah (dasar turunan orang jawa, untung teruuuusss).

untungnya (nah... nah...untung lagi nih) sebelum si mpix dicolong, bapak nyempet beli kamera ini.
inget banget deh, gara2nya Lucia beli kamera digital Olympus lewat katalog. ternyata pas barangnya diantar, dia nggak sreg ama model tuh kamera. so, sibuklah dia nawarin ke temen2, kali2 ada yang mau beli (ceritanya kalo laku, dia mo beli kamera lain, yang modelnya lebih cocok dihati doi). sempet juga itu olympus saya bawa pulang dan tunjukin ke bapak, kira2 oke nggak kalo saya bayarin.

eh, bapak bilang nggak usah. katanya kalo pocket kamera (digital) kan kurang lebih sama ama si mpix (walopun olympus ini jauh lebih mahal harganya). kalo mau, beli yang semi-pro aja. supaya bisa buat belajar moto.
kirain cuma sampe disitu aja. eh... satu kali, pas pulang ngantor (waktu itu bapak masih punya kantor), bapak ngajak mampir ke electronic city scbd, beli kodak z650.
wah, ternyata moto emang menyenangkan hihihihi... walopun kalo saya yang make, tetep aja mode-nya manual maning manual maning :)

sayangnya si z650 ini boros banget batrenya. kadang ribet juga kalo pergi-pergi kudu bawa rechargable battery banyak :(
tapi diluar masalah batere, saya puazzz banget sama si kodak ini. apalagi buat foto outdoor. dijamin ciamik!
oh ya, berhubung kamera ini bukan kamera pro, maka shutter speednya lambat. hehehe, jadi kalo eventnya cepet, bisa-bisa kita keilangan banyak moment.
ga papa... saya tetep demen kok ama situh.... (hihihi, dari beberapa kali diajak ke acara kantor, teman-teman saya juga puazzzz ama hasil si z650 ini)

sampe suatu kali, bapak punya kesempatan untuk beli kamera digital yang lebih serius. ada yang kasih soft loan, hehehehe... Alhamdulillah :)

pilih punya pilih, bapak mutusin untuk meminang nikon d200 (waktu itu d300 belum keluar). karena duitnya nggak cukup, maka bapak cuma beli bodinya aja, tanpa lensa. buat sementara, lensanya pinjem dari kamera non-digitalnya mas uqi (kakak iparnya bapak) yang baik hati ;P

sambil ngantor (masih kerja kantoran maksudnya), bapak mulai ngambil kerjaan moto pas wiken. Alhamdulillah, bisa buat ngelunasin softloan itu :)

padahal waktu tau harga itu bodi kamera, weeeks.... mata saya hampir mencelat keluar saking terkejut -enggak deng, ini mah hiperbola-. yang jelas saya sempet sebel denger nilai rupiah yang harus dirogoh untuk nebus ini kamera. kamera gitu lho. mending beli motor, bisa ditunggangin ke kantor :(

tapi ternyata si bapak punya pertimbangan mateng saat memutuskan beli kamera.
yaitu pengin serius moto dan (Insya Allah) nyari makan disitu. Makanya, bapak perlu 'senjata' yang memadai dan professional untuk pekerjaan yang akan ditekuninya.
oh.. gitu.... okelah kalo gitu. saya dukung deh, bos!
Alhamdulillah, udah hampir setahun ini bapak akhirnya bisa mencapai cita-cita: jadi bos atas diri sendiri :)
cape jelas cape. nggak kerja kantoran bukan berarti nganggur dari senin sampe jumat. karena di hari kerja, bapak tetep harus ngerjain album, ketemu (calon) klien, ngolah foto dan sebagenya.
apalagi selain moto, Alhamdulillah ada aja yang masih kontak bapak buat minta jasanya sebage disainer grafis. Ya... rejeki itu kan memang Allah yang kasih, bukan dari direktur atau bos (makanya jadi bos jangan suka geer, disangkanya rejeki kita dia yang ngasih. uh, sori ye... rejeki mah dari Allah, iya nggak, iya nggak?)

beberapa bulan lalu, bapak dapet kerjaan moto cukup banyak (Alhamdulillah). Tapi banyak kerjaan ternyata bikin pusing juga, karena untuk pertama kalinya bapak kudu split tim, split alat. maka untuk menunjang pekerjaannya, bapak pun beli 1 kamera lagi, tapi kali ini yang lebih 'kecil', nikon d40.

dan kamera ini pertama kali berkiprah di tangan om bambang, untuk meliput acara pernikahan ketua mpr kita di taman mini beberapa saat lalu. sstt... gosip-gosipnya sih, katanya bapak beli d40 ini supaya kalo bunda pake nggak kegedean... hihihi.. jadi ge-er deh qita...

No comments: