Wednesday, September 3, 2008

puding roti

tadi malem, sambil iseng (alias nggak ada kerjaan) nontoin abang nanda, mas elang dan kiki main narnia di playstation, jadi kebayang makanan manis-manis. jadi inget resep puding rotinya bunda inong. resep ini termasuk salah satu resep favorit saya, karena selain saya suka nyam-nyam yang manis, puding roti ini juga gampang, murah dan simpel mbuatnya.
jangan tanya penampilan, saya mah nggak terlalu peduli, toh.. kalo masuk mulut dan meluncur ke perut, bentuknya juga nggak keruan kan? yang penting rosssooooo *mbahmarijanmodeon*

jadilah jam 9 tadi malam, abang saya berdayakan untuk naik sepeda ke alfa deket rumah. beli roti tawar, santan kemasan, dan keju. sayang kejunya nggak ada jual, padahal abang sudah merambah ke warung-warung sekitar. hehehe... kalo untuk urusan makanan, abang selalu rela sepenuh hati untuk jadi volunteer belanja-belanji. soalnya hasilnya ya dia juga yang makan :)

nyiapin bahan-bahan sambil nyante2, yang semangat membantu (lebih pasnya sih 'nggerecokin) justru kakak fiko. dia takjub liat saya nyuci loyang roti, nimbang dan nakar gula serta santan, trus suir-suirin roti. wah semangat banget deh si kecil itu. semua ditanyain, ini buat apa bunda, itu apa bunda, trus aja gitu, gak ada matinya (ya.. maklum dah, batrenya energizer). hehehe, mungkin takjub dan heran ngeliat emaknya menjajah dapur :)

pas lagi nyiapin kukusan di dapur, kok fiko nggak kedengeran suaranya ya? ketika saya intip ke ruang makan, ternyata dia lagi sibuk nyomotin roti yang udah disuir-suir dan dicocolin ke gula yang udah ditakar. waaaa... pantesan anteng :(

supaya nggak mengacau lebih jauh, sama bapak, fiko pun diempanin (hihihi kaya ayam aja ya) beberapa potong roti yang nggak masih utuh dan semangkok kecil meises. ha... akhirnya saya bisa tenang mengocok telur.

tapi kedamaian tidak bertahan lama. setelah roti dan meisesnya habis, seperti ditarik magnet, fiko kembali ke dapur. hehehe, matanya mupeng banget ngeliat pengkocok telur yang saya pake.... hihihi, udah tau, pasti udah diincer tuh. begitu digeletakin, pasti langsung disamber buat dimainin :)
hehehe... sabar ya boy, eikeh pake dulu buat bikin nyam-nyaman....
jam 10 kurang seperempat, loyang berisi calon puding roti naik ke kukusan. tinggal tunggu deh...

eh, pas beres-beres dan buka kulkas, liat somay ikan yang siangnya baru saya beli dari Caca. waah.. gak mau rugi nih, kukus sekalian ah... lumayan buat camilan anak-anak dan pakde joy (yang udah dateng mo njemput kiki, tapi anaknya blom mau pulang... hehehe.... nunggu deh tuh sampe ngantug yak...). sesudah saya masukin ke kukusan, baru keinget, bahwa produk olahan yang dijual Caca biasanya sangat kuat aroma ikannya.
wah... entar puding rotinya jadi wangi ikan nggak ya? waktu saya 'ngadu' ke bapak, bapak bilang ya pasti lah... wong satu kukusan (ih, nakut-nakutin deh)
ah... wat de heck lah. kan sayang ngukus 40 menit cuma buat puding roti doang. hare gene gitu lho. gasnya udah mahal. terakhir saya beli harganya udah 78ribu. sebel! terlalu banget kan? makanya, kalo bisa sih sekali nyalain kompor, segala macem masakan bisa dimasak dalam 1 waktu yang sama ... hehehe....

jam 1015, somay diangkat dari kukusan, sementara si puding masih lanjuuuuuutttt....

ngukusnya lebih dari 15 menit, eh.. si somay itu nggak sampe 5 menit juga udah ludes sama 4 anak singkong plus 1 biangnya (alias si bapak yang nggak mo keabisan, ikutan nyomot). apalagi, saya masih punya sambel kacang kokita. lumayan jadi kaya somay betulan (lah emang somaynya jadi-jadian?)

jam setengah sebelas, kompor dimatiin, puding roti pun di-angin angin.

Alhamdulillah, pas dimakan saat sahur tadi, puding rotinya nggak beraroma ikan :)
enak? ya iyalah.... sayang gak pake keju. kalo pake keju. wuih... pasti lebih mantab lagi.

kali ini nggak pake poto, cukup beritanya aja. secara pada puasa, ntar ngiler lagi... hehehehe...

No comments: