Saturday, June 28, 2008

ayam goreng mentega dan nasi goreng aceh

berhubung kepingin banget makan siang yang rasanya 'nyangkut' di lidah, maka Jumat siang kemarin, kembali saya menerjang panasnya matahari siang yang sedang hot-hotnya, menuju pasar kaget Widyacandra (anak-anak kantor bilangnya 'exim' karena sebelum menyusup ke komplek menteri, posisinya memang di belakang gedung Bank Exim Gatsu yang sekarang sudah ganti jadi Bank Mandiri). Mmm... makan apa ya? Karena Lies Pupu pengin makan mie bangka, maka saya pesen makanan di tenda sebelah Mie Bangka. Saya pesen nasi + ayam goreng mentega. Agak lama menunggu pesanan datang, karena semua pesanan dimasak dulu. Ternyata, porsinya guede juga bow. 1 porsi isinya 6 potong ayam goreng mentega. Dan rasanya.... wuenak tenaaannn... Gak kalah ama resto Cina. Padahal yang masak bukan chinese. Yang keliling tanyain orderan malah jilbab-an. Jadi dijamin halal....
Dan harga yang harus dibayar untuk makanan uenak itu hanya Rp13.500 saja. Murah ya?
Di gedung BEJ dan Pacific Place, mana ada makanan yang layak di lidah dengan harga semurah itu.

Pulang kantor, sebelum sampe rumah, bapak ngajak mampir ke rumah kawannya di daerah Kebon Baru. Berhubung perut keroncongan, kami mampir di kedai Mie Aceh, Jl. Asem Baris. Ga ada yang kasih referensi sih sebelumnya, kami ke situ karena kebetulan kelewatan saja.
Ada 3 macam nasi goreng (kami pesan nasi goreng), nasgor biasa, spesial dan istimewa. Masing2 ber-bandrol: 8500, 12ribu dan 15ribu. Katanya sih beda di toping. Kami pesan yang tengah2, karena khawatir mblenger kalo kebanyakan topingnya.
Saya nggak nyangka ternyata nasgor Aceh itu uendang bin wuenak tenan.
Walo penampilan gak terlalu menarik, tapi rasanya yahud!
Rada hampir seperti nasi kebuli, tapi rasanya nggak setajam nasi kebuli.
Topingnya banyak, ada potongan daging, telor, udang, bakso -bapak bahkan ketemu ikan asin di piringnya, tapi saya nggak dapet :( ...- trus ada kacang gorengnya. Selain itu paketnya ditemani sama goreng emping, potongan timun dan acar bawang-rawit -yang enak, enak, enak deh-
Bener deh, saya obyektif lho, bukan karena kelaparan.

Sayang, seperti biasa saya nggak sempet foto piring makanan saya, karena kalah ama desakan naga-naga perut yang sudah menjerit dan (rasanya) menggigit perut saya (halah.. hiperbola banged sih!)

Jadi kalo lewat jalan Asem Baris, coba mampir di kedai Mie Aceh itu... Insya Allah gak nyesel.

No comments: