Monday, October 20, 2008

upik (b)abu

beginilah nasib upik (b)abu. di rumah kerjaannya banyak main air: cuci piring, cuci baju, cuci beras (masak nasi), ngepel, siram tanaman. untung sekarang urusan mandiin 'kuda' dan 'gerobag' bukan lagi wilayah wewenang saya. dulu, jaman gadis dan belum jalan sama bapak, setiap pagi sebelum berangkat kantor, saya selalu mencuci gerobag saya. si kodok ireng itu kan centil banget. ada debu dikit aja langsung keliatan. jadi terpaksalah harus rajin saya mandikan.

untung setelah menikah, urusan kendaraan adalah bagiannya bapak. dari urusan mandiin, ngasih makan-minum, perawatan jeroan (alias mesin) sampe bayarin pajaknya (ini nih yang penting :) ...) di-handle sama bapak.
tiap hari kerja saya cuma duduk, ngobrol... sampe deh, hehehe asiiik....
percaya nggak sih, sejak jalan sama bapak (berlangsung kurang lebih 3 tahun sebelum menikah) -sampe sekarang (hampir 11 taun menikah dan berbuntut 3), saya udah nggak pernah nyetir mobil lagi. selalu disetirin bapak. sampe2 sim saya udah modar sejak berapa taun lalu. lupa diperpanjang.....

satu kali, saya pernah 'dipaksa' nyetir sama temen-temen saya, caca dan yuli. waktu itu ada undangan pernikahan temen kantor di manggala wanabakti (kalo nggak salah sekitar awal tahun 2000-an). caca dan yuli kompak banget maksa saya untuk nyetir mobil atoz-nya caca. wuaaaa... rasanya kaku banget. padahal atoz kan kecil. jauh lebih lincah dari si kodok atau honda accord yang pernah jadi gerobag harian saya.
dan itulah terakhir kali saya duduk di belakang setir.
setelah itu, saya kembali duduk di samping pak supir yang sedang bekerja... heheheh, teuteup.

apalagi setelah memutuskan hijrah pake kuda a.k.a motor sebagai kendaraan operasional harian. nggak mungkin dong saya yang ngeboncengan si bapak pake motor bertangki dan berkopling tea....

lha kok jadi ngelantur sih...
balik ke soal upik (b)abu, saya suka nyengir sendiri kalo inget, bahwa semenjak memutuskan mendobel profesi dengan pekerjaan upik (b)abu, ternyata ada beberapa kebiasaan si-mbak yang saya adaptasi alias saya lakukan dan nikmati.

misalnya:

(1) selalu membawa hape saat menyetrika.

bukan karena takut ada yang nelepon, tapi untuk pasang radio ato mp3-nya kenceng-kenceng. sambil nggosok (nyetrika), denger bunyi2an, alangkah nikmatnya.... setrikaan segunung pun nggak terasa, kelar juga sembari ditemani artis-artis yang bernyanyi untuk saya. sayang sampe saat ini belum pernah ada yang ngirimin saya lagu di radio. coba ada ... "lagu ini dikirimkan khusus untuk bunda nova yang sedang menyetrika di otista sana...."

(2) body lotion

ini adalah perawat tubuh yang hampir nggak pernah saya pake. kalo di-oleh2-i bos benda beginian dari luar negeri, mo mereknya marks and spencer kek, victoria secret kek, ato apapun, sering2 itu barang saya kasih ke temen2 yang (rajin) pake, kadang malah saya kasihkan ke si-mbak di rumah, yang memang selalu rajin pake beginian (bukan sok tau nih, tapi kalo belanja bulanan kadang saya dititipi citra ato viva body lotion. dan mereka nggak pernah nolak kalo saya kasih body lotion oleh2 dari bos di kantor).
tapi semenjak rajin main air, baru terasa bahwa kulit jadi pada kering kerontang. rasanya nggak enak banget. apalagi di sela-sela jari tangan dan kaki, kadang ampe perih.
dan yang 'ngademin' rasa nggak enak di kulit saya adalah... body lotion.
untung, di rumah masih punya 1 botol lotion yang belum sempet saya hibahkan ke si-mbak.
tapi emang dasar nggak rajin pake beginian, yang ada, kalo pagi mo berangkat kantor, selalu lupa untuk lotion-an.
jadi selese makan, jam istirahat tadi, saya nyempet2in mampir century untuk beli beginian....

jadi inget si-mbak :) ..........

No comments: