Tuesday, October 21, 2008

dicari: polisi pengayom masyarakat dan gak sok jagoan

kemarin sore, saat dijemput bapak di pengkolan menjelang scbd, dari arah tunnel (gedung kantor), sepintas saya liat ada taksi blue bird berhenti di pinggir jalan (sebelah kanan, persis di pinggir tunnel). tumben amat boleh berenti disitu, pikir saya. oh... ternyata di depan taksi tersebut ada motor yang posisinya malangin. wah, keknya lagi berantem nih.

makin dekat ke arah mereka, baru keliatan bahwa si penumpang motor adalah polisi (berseragam) tapi pake jaket. rupanya si polisi lagi numpak ojeg.
nggak bisa saya bilang bahwa mereka berantem. karena yang tepat si polisi itulah yang marah2in supir blue bird. sedangkan pak supir taksi sama sekali nggak ngelawan. pak supirnya minta-minta maaf sambil nangkupin kedua tangan di depan dadanya, bungkuk2in badan. eh... boro2 memaafkan, si polisi tambah lama malah makin kasar dan arogan.
sempet saya denger itu polisi dengan sok jagoan dan kasarnya ngomong ke supir taksi, "...saya hajar kamu nanti ya...." sambil ndorong2 helmnya (dengan keras dan kasar) ke badan si supir taksi.

pas saya sampe ke motor bapak yang kebetulan berentinya persis di belakang taksi, bapak turun dari motor trus bilang ke saya, "pegang dulu anak (fiko)-nya, cin..." sambil jalan ke arah polisi (mbonceng ojeg) dan supir taksi blue bird yang lagi dimarahin.
lho... lho bapak mo ngapain?

saya liat bapak nyamperin pak polisi, nggak tau ngomong apa.
eh... si polisi malah marah, trus ngomong sambil nunjuk2 bapak pake helm, "apa kamu. mau ikut campur. saya hajar kamu nanti..." dari gerakan tubuhnya, keliatan si polisi berusaha memukul suami saya pake helmnya.
belum puas, si polisi b*****k itu berusaha nendang bapak.
bapak yang udah siap posisi, ngeles (hehe... jagoan....). yang ada itu polisi cuma nendang angin.

tapi Alhamdulillah, nggak lama setelah bapak balik ke motor, si polisi b******k itu juga ngeloyor dengan ojegnya.
pak supir blue bird yang udah cukup tua itu pun terbebas dari aniaya preman berseragam.
pak supir sempet ngomong ke bapak dengan ekspresi mangkel, "... saya udah minta maaf. sombong banget. kalo punya pistol saya tembak juga dia..."
saya ngerti maksud si pak supir, dia pasti kesel banget. dia juga malu banget. dibentak-bentak di depan orang banyak. dihina, dipermalukan. sementara dia sama sekali nggak punya kekuasaan untuk mengimbangi, apalagi melawan. padahal dia udah minta-minta maaf sampe badannya bungkuk2.

mungkin polisi itu bukan lagi manusia, tapi setan berbadan manusia, yang merasa punya kekuasaan dan wewenang tanpa batas. masya Allah...

rupanya bapak, yang awalnya hanya mengamati (karena nggak mungkin turun dari motor, karena ada fiko...), lama-lama nggak tahan melihat pemandangan yang berat sebelah tersebut.
soalnya si polisi ini lama2 berasa diatas angin dan makin kurang ajar sama pak supir yang jauh lebih tua dari dia.
bapak bilang, malah sebelum saya tiba di tempat tersebut, si polisi dengan sombong dan sok jagoannya sudah berapa kali mencocor wajah dan mulut pak supir dengan helmnya! sampe pak supir nutup mulutnya. mungkin kesakitan.
gila bo! helm itu keras, bos! emang situ (polisi) mau kalo mulutnya dicocor pake helm kaya gitu?
sok jagoan banget! beraninya ama rakyat kecil yang nggak punya kekuatan dan gak bisa ngelawan.
emang mentang-mentang polisi dia berhak menganiaya rakyat macem gitu?
kalo mau diperpanjang dan memang supir taksinya bersalah melanggar aturan, silahkan tilang atau bawa ke kantor polisi. jangan sembarangan menganiaya di depan umum kaya gitu dong.
apa bedanya dia dengan preman jalanan, selain dia pake seragam resmi sebage petugas negara (yang digaji dari pajak yang berasal dari rakyat, macam kita ini)!

makanya saat bapak turun, bapak cuma bilang ke pak polisi, "udah pak, dia (pak supir) kan udah minta maaf. lagipula ini depan umum. malu pak. bapak kan petugas. malu bapak diliat orang banyak..."
dan seperti saya ceritain sebelumnya, jawaban pak polisi b*****k adalah: "apa kamu. mau ikut campur. saya hajar kamu nanti..." sambil berusaha menendang dan memukul suami saya.

catet sodara-sodara: polisi yang lagi beringas kalo diingatkan (supaya nggak tambah kemasukan setan) ==> akan mengHAJAR kita, padahal kita adalah RAKYAT PEMBAYAR PAJAK yang kemudian untuk MEMBAYAR GAJINYA sebegai PETUGAS NEGARA.

suami saya bilang, dia (suami saya) cuma mo ngingetin tuh polisi. ini kan masalah wibawa polisi. dia (polisi itu) tuh pake seragam lho... terus orang2 udah pada ngeliatin, memperhatikan.
soalnya, karena nggak ada yang berani melerai, itu polisi makin lama makin berasa di atas angin. marahnya jadi mengada-ngada (mungkin karena dia membiarkan emosinya membakar dirinya sendiri). makin lama marahnya makin kurang ajar.

oh ya, catet lagi nih sodara-sodara... di sekitar pengkolan situ -seperti biasa- ada sekuriti scbd. biasanya mereka paling galak kalo ada kendaraan ato ojeg yang berenti di pinggir jalan seputar scbd. galaknya nggak ngalahin anjing galak, sumpeh!
terus, waktu kejadian itu, kemana si sekuriti?
ada dong.... tapi diem aja (belagak nggak ngeliat). hehehe, kalo temen2 saya yang kerja di gedung ini sih udah tau, mereka emang beraninya ama masyarakat biasa.
kalo ada kejadian gini, nyalinya pada terbang entah kemana (inget nggak waktu ada demo buruh di depan gedung ini? sekuritinya nggak ada yang nongol. nggak keliatan beredar di sekita (luar) gedung. tau tuh pada kemana, ngumpet kali :P )

begitu polisi b*****k itu pergi, trus taksinya juga jalan (bapak sempet ngomong ke pak supir, "udah pak, lain kali kalo kaya gitu nggak usah diladenin, nggak usah dipanjangin. jalan aja.."), baru tuh sekuritinya nyamperin bapak, nanya2, "kenapa pak"
bodo ah! tadi situ kemane ajehhhhhhh......

sori neh buat temen-temen yang punya sodara ato ortu ato kerabat ato tetangga polisi... saya pribadi mah nggak pernah tuh ngeliat polisi yang jujur dan gak sok jagoan.
maap beribu maap, setiap kali ketemu ato liat polisi, nggak pernah liat yang positif. negatif terus. UUD dan sok jagoan.
amit-amit dah, jangan sampe anak saya ada yang jadi polisi. jangan sampe....
kalo bukan karena diusung PKS, amit2 saya nyoblos adang sebage calon gubernur kemarin. mending saya gak nyoblos (jadi bang adang; jangan geer bahwa pendukung anda banyak. kalo suara anda kemarin cukup signifikan, itu karena PKS yang kami percaya, bukan anda.... )

sampe saat ini, di mata saya, gak ada polisi yang jagoan. yang ada cuma sok jagoan.
yang jagoan cuman satu: suami saya tercinta... huhuy....

catatan:
"cin" adalah panggilan saya kepada bapak dan sebaliknya. sesudah menikah, kami lebih sering membiasakan diri dengan panggilan "bapak" dan "bunda". soalnya, anak-anak kami sering ikut2an memanggil kami dengan "cin". "cin" terambil dari kata "cinta".... :)

No comments: