Friday, October 31, 2008

legenda labu halloween


dibawah ini saya tulis ulang sebuah artikel pendek yang dicomot dari buletin bulanan anzave (yang disisipkan bersama tagihan kartu kredit salah satu bank) bulan oktober 2008.

sengaja saya tulis ulang, barangkali ada manfaatnya bisa menambah wawasan pengetahuan kita...

* * * * * * *

Legenda Labu Halloween

Pesta Halloween sangat identik dengan hiasan labu yang diukir seperti wajah dan diisi lampu atau lilin di dalamnya. Labu ini dikenal dengan nama jack o'Lantern. Di Amerika Serikat, Jack o'Lantern sering diletakkan di depan pintu masuk rumah sesudah hari gelap. Lalu tahukan Anda mengapa Halloween sangat identik dengan Jack o'Lantern?

Konon, seorang pencuri dan penipu bernama Jack dikejar oleh penduduk desa karena mencuri barang-barang mereka. Dalam pelarian tersebut, Jack bertemu dengan sang setan yang akan mengambil nyawanya. Menghadapi hal ini, Jack dengan cepat menawarkan sang setan untuk menipu penduduk desa dan membuat keributan di antara mereka. sang setan pun diminta mengubah dirinya menjadi uang perak yang akan digunakan Jack untuk membayar barang yang telah dicurinya. Setelah itu, ia dapat mengubah dirinya kembali sehingga para penduduk desa kehilangan uang perak mereka dan mengakibatkan mereka saling menuduh serta menimbulkan kegaduhan.

sang setan pun menyetujui Jack, mengubah dirinya menjadi uang perak dan masuk ke dalam dompet Jack. Yang tidak diketahuinya adalah, Jack telah menyimpan salib perak yang dapat menyebabkan sang setan kehilangan kekuatannya untuk mengubah diri. Dalam semua mitos mengenai Jack o'Lantern, Jack hanya menyetujui untuk membebaskan sang setan apabila ia berjanji untuk tidak mengambil jiwanya.

Setelah Jack meninggal, karena surga tidak menerimanya, Jack pun menghampiri neraka. Namun sang setan penjaga neraka pun tidak dapat menerimanya karena telah berjanji untuk tidak mengambil jiwa Jack. Akhirnya. sang setan memberinya api kecil dari neraka yang tidak akan pernah padam. Api tersebut oleh Jack disimpan di dalam labu yang ia lubangi untuk digunakan sebagai lentera penerang jalannya. Lentera labu tersebut dibawanya berkelana di dunia manusia hidup hingga ia mendapatkan tempat peristirahatan terakhir.

.......

Bahan artikel: www. halloweenishere.com/history.html, id.wikipedia.org/wiki/halloween

* * * * * *

so, apakah anda masih akan ikut memeriahkan halloween? semuanya terserah anda.... :)

No comments: