Monday, October 27, 2008

bbc (bogor, beasiswa dan catur)

cerita kali ini ditulis secara borongan.
hubungan diantara ketiganya? nggak ada. hehe.
kita mulai satu-satu ya....

bogor

malam minggu kemarin, tiba-tiba aja bapak ngajakin ke bogor. padahal si bapak baru balik sore, karena ada kerjaan motret sejak pagi.
ternyata karena om bambang mo balik dulu ke bogor, bapak jadi punya ide untuk nganter om bambang ke bogor, sambil jalan2.
tadinya sih bapak cuma mo ngajak saya dan fiko, karena abang dan mas ang sibuk banget main playstation.
tapi saya bilang, kasian ah, ajak aja semua... biar mereka ikut 'jalan-jalan' :)
kira2 jam 7-an kita berangkat dari rumah -kebetulan mobil belum dianter lagi ke rumah opa, karena hari minggunya bapak masih ada kerjaan-.
sampe di bogor, berhubung udah malem kita nggak kemana-mana.
tapi karena abang nanda ribut laper -yang kemudian disambut koor serupa dari mas elang dan fiko-, mampirlah kita di soto bogor tenda pinggir jalan, sebrang puri begawan.
lumayanlah ngganjel perut. hehehe... baru kali ini saya makan soto bogor.
lucu juga ya, aneka dagingnya di'pajang' supaya kita bisa milih. ntar sama penjualnya tinggal dipotong2, kasih kuah panas plus bawang2an... tadaaaa... siap disajikan bersama nasi hangat.
pulangnya, kita lewat warung jambu (jalan lama), dan baru masuk tol setelah lewat komplek mutiara sentul.
hihihi... kalo nggak inget udah malem (sekitar jam 10-an), pengin juga tuh ucluk-ucluk mampir rumah oke, salah satu sepupu saya yang tinggal sama suaminya (helmi) di mutiara sentul situ. tapi daripada jadi ngerepotin bertamu malem2, ya kita bablas langsung masuk tol.
sampe di rumah jam 11-an, anak-anak udah ketiduran semua.
untung abang dan mas ang bisa dibangunin untuk pindah ke kamar. kalo nggak, wuih mana kuat saya nge-gendongnya. bisa-bisa saya biarin aja tidur di mobil hehehe...



beasiswa

sebelum berangkat ke bogor, abang sempet cerita bahwa dia dipanggil kepala sekolah.
ternyata pak kepala sekolah bilang, untuk siswa yang secara akademik berprestasi di 4 besar, taun ini akan mendapat beasiswa. Alhamdulillah, abang ada di ranking 1.
makanya, kata abang, hari selasa (besok) orang tuanya abang (saya ato bapak) diminta ketemu pak kepala sekolah.
Subhanallah. Abang emang bikin saya bangga.
bukan hanya secara akademik, tapi juga untuk pekerjaan sehari-hari di rumah.
semenjak nggak ada mbak, abang udah lumayan bisa diberdayakan untuk mengepel rumah, belanja ke warung, mbikinin saya ato adik-adiknya mie instan (biasanya kalo saya udah tepar tapi belum sempet makan, abang mau mbikinin saya mie rebus ato goreng).
lumayan banyaklah pekerjaan rumah tangga yang sudah diambil alih oleh abang, sehingga pekerjaan saya di rumah nggak terlalu banyak. ya, walopun masih harus terus diawasi. soalnya kalo nggak di-cek dan diingetin, abang bakal main playstation seharian. hehehe.... kalo eyang bilang, namanya juga anak-anak, jadi harap maklum begituw....

soal beasiswa, saya sempet ngobrol sama bapak. rupanya saat bapak diundang ke pertemuan ortu (ketika mas elang terpilih untuk ikutan program sempoa), kepala sekolah memang sudah sounding bahwa beliau sedang mengupayakan dan mengajukan proposal mengenai beasiswa. selain itu, sepertinya pak kepala sekolah memang berusaha membuat terobosan-terobosan supaya sekolah abang dan mas bisa mengimbangi dan nggak ketinggalan dari sekolah percontohan. ya mudah-mudahan berhasil, dan mudah-mudahan kelak sekolah abang dan mas juga bisa dijadiin sekolah percontohan. soalnya sampe sekarang saya belom pernah ketemu sekolah petang yang dijadikan sekolah percontohan (yang ada cuma sekolah pagi).
kalo untuk pendidikan dan eksplorasi kemampuan anak-anak, insya Allah saya selalu mendukung dan siap membantu.
sayangnya, tipikal sekolah negeri, komunikasi pihak sekolah dengan orang tua nggak maksimal. jadi saya dan bapak nggak ngerti, apa yang bisa kita bantu untuk memajukan mutu sekolah dan anak didik (siswa). makanya selama ini, kami (saya dan bapak) pasif aja. kalo nggak ada undangan pertemuan, ya kami nggak ke sekolah untuk nemuin guru.
abis, beda banget sama guru2 di sekolah abang dan mas yang lama (sekolah swasta), yang guru2nya ramah dan sangat komunikatif soal perkembangan siswa, guru-guru di sekolah sekarang kelihatan nggak ramah dan nggak membuka diri untuk komunikatif.
sayanya jadi males, takut kalo kita terlalu aktif, nanti mereka malah salah sangka, disangka ada maksud apa2.
makanya jujur nih, saya bangga banget sama abang nanda dan mas elang. bahwa apa yang sudah mereka raih sampai saat ini, benar2 karena usaha mereka -yang tentunya atas ijin Allah-.

catur

tadi pagi saya sempet sebel denger hape di rumah ngeluarin bunyi (suara abang yang dia rekam di hape sebagai bunyi alarm): "...bangun...bangun...bangun....". siapa lagi yang demen masang alarm di banyak hape kalo bukan abang nanda. masangnya juga nggak tanggung-tanggung, jam 4 pagi!
ugh.... udah gitu, segitu berisiknya semua alarm bunyi, yang bersangkutan terus aja molor. secara itu alarm tiap berapa menit terus bunyi (kalo nggak langsung kita matiin).
semalem sih saya sempet nanya, ngapain pasang alarm jam 4. abang bilang, dia harus ngumpul di sekolah jam 7 pagi, karena mo ada lomba catur, dan dia ngewakilin sekolahnya. taelah bang, nggak usah segitunya deh. mosok mo ke sekolah jam 7 aja, kudu bangun jam 4. emang mo ngapain dulu sih?
apalagi, bapak bilang, tadi malem itu, abang tidurnya larut banget. bilang ke bapak nggak bisa tidur (hehehe, jangan2 dibawah alam sadarnya, si abang tuh tegang mo lomba, dan takut kesiangan). tapi kalo dia aja baru tidur jam 1 pagi, ya malah mungkin bangun kesiangan kan?
jam setengah enam pagi, akhirnya abang terloncat bangun. itu pun bukan karena alarm segambreng, tapi karena saya goyang2in badannya sambil ngeluarin kata-kata bertuah, "abang jam setengah enam, katanya harus di sekolah jam tujuh."
wah manjur... abang langsung duduk dan loncat ke kamar mandi. gimana nggak manjur dan bertuah, wong suara saya kenceng banget, hehehe....
fiko yang ngompol selebar kasur juga bangun dan ribut minta mandi. udah risih kali hehehe.
jadilah fiko saya titipin ke abang, biar sekalian diajak mandi.
untung aja, tadi malem abang nurut (padahal tadinya udah tar-ter-tor, mo nunda-nunda), waktu saya ingetin untuk ngepel sebelum tidur. jadi pagi ini lantai udah bersih, dan abang tinggal nyiap2in untuk diri sendiri.
selesai pakaian, abang sarapan mie goreng, pake sepatu dan siap berangkat.
karena bapak belum selesai nyuci mobil, jadi saya yang antar abang pake si beat.
ternyata abang minta di-drop di rumah temennya aja. mo njemput dulu katanya.
oke deh bang. goodluck ya. nggak usah takut kalah. pokoknya lakukan yang terbaik. wokeh?

No comments: