Tuesday, October 14, 2008

lebaran holiday

walo judulnya holiday, jangan disangka bahwa suasananya betul2 seperti holiday.
huuuu... nggak banget deh.
yang ada, kerjaan rumah yang nggak ada ujungnya plus kaki rasa mo pecah saking cape'nya :(

ayo kita tinjau kegiatan saya dan keluarga selama 'lebaran holiday'...

30 ramadhan 1429H a.k.a. 30 september 2008

nggak ada kegiatan spesial diluar kegiatan rutin rt. melek mata upik abu langsung on duty. nyapu, ngepel lantai rumah, nyuci piring, angetin nasi (sisa sahur) buat sarapan fiko, goreng sosis buat lauk sarapan fiko, benah-benah rumah, nyuci baju. fiko yang udah bangun langsung saya geret ke halaman belakang supaya sekalian mandi. sambil nyuci baju nyempetin nyiramin tanaman belakang.
kelar nyuci, siapin sarapan fiko, setelin tv. saya langsung mandi.
nah kalo 2 yang gede udah bangun, rumah pun mulai 'hidup'. dari saling ledek saat main ps (abang vs. mas), rebutan mainan yang berlanjut dengan acara penggetokan kepala yang gede oleh si bungsu (abang vs. fiko ato mas vs. fiko) kadang acara penggetokan kepala di kombinasi dengan cubitan dan cakaran oleh si bungsu. biasa nih, kalo udah mulai 'nggak mecing', yang besar suka langsung teriak dan membuat si bungsu bereaksi spontan dengan memukul, mencubit, mencakar ato kombinasi semuanya.
hehehe... lagian sih, udah berulang kali dibilangin (ke abang dan mas) supaya nggak langsung teriak kalo mau melarang si bungsu, cukup bilangin baik2, kalo perlu ditambah dengan ciuman dan pelukan, dijamin manjur, si bungsu bakal nurut.
ini yang dua (abang & mas) suka nggak sabar, begitu nggak seneng, langsung tereak. yang bungsu nggak seneng diteriakin, ya langsung ngeluarin jurus andalan.
untungnya si mas dan abang nggak pernah membalas adiknya, paling teriak2 minta tolong dan ngadu ke saya ato bapak, supaya dilerai. cuma ya itu.... kerjaan jadi nggak kelar2, kepotong melulu ama teriakan minta tolong abang dan mas :)
kadang, yang kecil juga suka cari gara2, kalo lagi bosen ato bete, suka sengaja berdiri di depan tv, secara abang dan masnya lagi seru main ps... hehehe... penjahat banget nggak sih si kecil itu....
biasanya si kecil gitu kalo udah ngantuk dan ngerasa nggak ada yang merhatiin. jadi usilnya keluar.

oh ya, ba'da ashar, kami berlima, plus om enddie, tante betty dan bintang, iseng ngabuburit ke taman mini. mo cari langit sore dan foto buat edisi lebaran taun ini.

hehehe ada untungnya jalan bareng om ndi. jadi kita bisa 'nitip' mas elang di motor om ndi. ya iyalah, kalo jarak jauh, nggak mungkin aja kita berlima naik motor. kata abang, kasian motorna :)
baru kali itu saya liat taman mini sepi banget. besok-besok, nggak mungkin lagi deh....

keluar dari taman mini udah sekitar setengah enam. jadi, kita cari tempat makan buat buka puasa. di jalan raya hankam, ketemu rumah makan sunda, pas kebetulan saya lagi pengin makan sayur asem dan masakan sunda. mo ke sari kuring ato kuring2an jelas jauh dari lokasi kita. Alhamdulillah, di hari terakhir puasa ramadhan, kesampean juga makan masakan sunda.

malam takbiran, sebelum pulang ke otista, saya sempet mampir rumah oma, ngepel2 dikit untuk persiapan lebaran besok. kasian kalo semuanya dikerjain tante betty, secara sebelum ke taman mini tante betty udah cape masak rendang dan kawan2nya buat menu lebaran.

nggak lama saya sampe rumah, bapak dan abang berangkat ke kelapa dua, rumah eyang.
saya, mas ang dan fiko tunggu di rumah, ditemenin om enddie sampa jam 10-an.
bapak dan abang sampe lagi di rumah menjelang jam setengah 12 malam.

1 syawal 1429H a.k.a. 1 oktober 2008

kami shalat ied di kanwil depag deket rumah (sebrang samsat jakarta timur, by pass).
shalat ied kali ini lebih sepi dibanding tahun2 sebelumnya. lha kami berangkat dari rumah jam 7 kurang seperempat, saya masih bisa nyelip di shaf kedua. tempatnya strategis lagi, jadi fiko nggak berkeliaran mengganggu jamaah yang lain.

pulang shalat, kami sarapan ketupat bikinan nenek rbc, dilanjutkan dengan silaturahmi keliling komplek. ini ritual favorit anak2, secara abang dan mas udah siap bawa dompet dan pake baju koko berkantong gede :)
si mas malu2in deh, belom kelar keliling, dia udah sibuk ngitung duit yang dia dapet dari tetangga2 komplek. ngitungnya kenceng banget suaranya :)
fiko juga lucu, dia belum ngerti duit sih, jadi pas ada yang kasih uang, dia malah geleng2 dan bilang, "nggak usah... nggak usah....." hihihi.... tapi jangan ditanya kalo ditawarin kue ato minuman ringan, kalo tangannya muat, semua juga mo dia bawa. ih, malu2in emaknya ajah!

kelar keliling komplek, kami ke rumah oma di cawang. makan ketupat lagi dan ngobrol2.
agak istimewa dibanding tahun2 lalu, tahun ini, di lebaran pertama, selain kami, yang juga dateng ke rumah oma di lebaran pertama adalah pakde joy, bude wanti dan kiki.
iya nih, tumben taun ini mereka nggak mudik ke lampung ato ke wonogiri tempat ortunya bude wanti, soalnya pakde joy kebagian shift nengok2 tempat kerjanya (gantian ama yang lain ya pakde?)

tadinya kita mo ke kelapa dua (rumah eyang) naik taksi -soalnya si kodok lagi cuti sakit-. eh, ternyata ada mobil di rumah opa yang bisa dipake. jadilah kami plus warga cawang (opa, oma, om enddie, tante betty, bintang dan nenek kisam) berangkat semua ke kelapa dua.
memang setiap taun, opa dan oma yang silaturahmi ke rumah eyang. opa bilang, sama ajalah. kan kasian eyang cuma sendiri (eyang kakung udah nggak ada), biar aja opa dan oma yang datengin eyang.

berhubung jalannya juga udah sore, kita nggak ketemu sama keluarga bude nunus. abang yang penasaran nggak ketemu tsany, sepupunya, minta tinggal dan nginep di rumah eyang. mas elang ikutan nginep.

sayang, lebaran kali ini nggak seperti taun lalu, karena pakde acho mutusin untuk berangkat ke bali 2 hari sebelum lebaran untuk ngabisin cuti lebarannya bersama enzo, joey dan bude ais. nekat juga si pakde itu, ke bali naik motor fino-nya, sendirian pulak!
Alhamdulillah, pas malam takbiran, sekitar jam 9 malem, pakde acho ngirim sms bahwa doi udah sampe di bali dengan selamet. jadi perjalanan yang dia tempuh jakarta-bali adalah 2 hari 2 malam.

2 syawal 1429H a.k.a. 2 oktober 2008

seperti biasa, lebaran kedua adalah jatah bersaudara opa untuk silaturahmi. berhubung opa anak paling tua, maka kumpulnya pun di cawang.
pagi itu saya masih sempet melakukan ritual harian: nyapu-ngepel-nyiram taneman teras depan plus ngepel teras-nyuci baju-mandiin fiko-nyiram taneman belakang-siapin sarapan anak2-sampe teler, tiduran, minta di-injek2 sama mas ato fiko.... wah... nikmatnya... Subhanallah.

sekitar jam 11an kami ke rumah oma. biasalah, kumpul2 dan halal bihalal sama bersaudaranya opa. acara kumpul2nya bubaran sekitar jam 4 sore.

sore itu, saya sempet jalan ke giant sama fiko dan tante betty.
beli sepatu sendal buat fiko. menggantikan sepatu sendalnya yang jatuh di jalan waktu kita ke taman mini di akhir ramadhan.

malamnya, keponakan oma di bsd, uwa ilham sekeluarga (uwa hera, ira, rizki dan istrinya: devy) silaturahmi ke cawang sampe malem. jadi, kita balik ke otista juga udah malem.

3 syawal 1429H a.k.a. 3 oktober 2008

lebaran hari ke-3, dengan 3 motor, kami sekeluarga, om ndi sekeluarga dan pakde joy sekeluarga, konvoi ke rumah pakde ilyas di ciputat. cie... emang pakde acho aja yang bisa turing ke bali. kita juga bisa kok... turing ke ciputat, kan antar kota antar propinsi juga :)

disana, kita lebaran-an sama pakde ilyas, bude lilik dan mbak sheila.

ohya, kak ilham, kak ilyas dan joy (alias imran) ini sepupu saya. anak dari kakaknya oma yang di lampung (sekarang sudah meninggal). biasanya, setiap lebaran, mereka ngumpul di lampung ato mudik ke kampung istri masing2 (kak hera di metro-lampung, mbak lilik di kepanjen-malang dan wanti di wonogiri). istimewanya, kali ini mereka berlebaran di jakarta. jadi saya bisa ketemuan mereka pas lebaran :)

karena kita sampe sore di ciputat, kita nggak sempet ke bsd (rumah pakde ilham), padahal kepingin juga main kesana, trus main ke tempat pemancingan ikannnya. iya lho, setelah pensiun, sepupu saya ini demen mainan ikan, sampe dia kerjasama ama orang bikin pemancingan dan pembibitan ikan di daerah parung. hehehe, dasar orang bugis, gak boleh jauh2 dari ikan dan air :)

No comments: