Sunday, November 22, 2009

ok class: food photography

dari dulu lumayan minat pengin belajar motret still life. tapi kok kayanya buntet ya....
nggak tau musti belajar darimana, mo belajar ama sapa, mo cari materi dimana...
sampe2, pernah ngomong sama si babeh dan om ndi (adikku) tentang ini, mereka cuek2 aja, nggak terlalu serius nanggepin.
hihihihi... iya kali, dipikirnya, udah apal ama saya yang sering cuman anget2 eo' ayam.
minatnya sering pasang surut -kaya laut aja...-
sarannya malah: disuruh coba2 sendiri, daaannn... (belajar) cari tau tehnik dasar fotografi.
nah, ini dia nih ya.... males banget kan kalo disuruh belajar teori?
padahal saya nggak (pernah mau) tau ama yang namanya shutter speed, aperture, white balance n so on, n so on...
maunya, nggak pake belajar, tapi langsung pinter moto… (hahahahaha.... mana ada sih? semedi aja sonoh!)
walo udah sering brusaha ngapalin dan baca2 dari internet ato buku, tetep aja suka kebolak-balik.
qeqeqeqeqe... gimana mo pinter, wong tiap mbaca teori fotografi, selalu matanya jadi sepet, trus, tidur deh... hehehehe :)
akhirna ya slalu begitu. auto maning, auto maning....

sampe akhirnya, nyangkut di milis orange kitchen, saking kepingin ikutan kursus food photography-nya :)

lho kok bisa ?

duuuh, gimana ya njelasinnya....
begini nih, saya kan pengin belajar moto, khususon still life photography.
knepong? karena saya nih orangnya nggak pede kalu mesti berinteraksi sama orang lain.
nggak pede kalu mesti ngatur2 orang yang difoto (halah, emang sapa juga yang mau difoto ama amatiran kek saya ya? hehehehe)
kayanya (kayanya lho ya, kan belum pernah ngalamin), lebih enak moto benda mati. kan kalo disuruh muter2, ato ganti gaya, itu benda gak bakal ngedumel (kalo moto orang, saya gak siap mental kalo modelnya ngedumel, hehehe).
blum lagi, kalo benda mati kan nggak masalah disuruh diem (nggak ganti gaya) untuk waktu yang lumayan lama. (ya iyalah, kalo itu benda bergerak, malahan saya yang kabuooor :D ...)

dan brubung sampe sekarang masih belum tau mo blajar still life photography ama sapa (dan mulai darimana), jadi saya coba belajar yang ada dulu, whichis dari food photograhy itu....
setidaknya, saya bisa belajar teori dasar motret still life (kan kurang lebih sama, cuman kalo food photography lebih khusus ke foto makanan).
pengin tau juga food styling (paling enggak bisa belajar teori dasarnya buat styling still life).

kebetulan banget, denger dari jeung lp, bahwa orange kitchen bakal ngadain kelas food photography. wah.... langsung aja dong daftar ikutan milisnya. saking takut ketinggalan berita, hehehehe...

ya, pikir2 daripada nungguin mo blajar moto still life tapi gak mulai2, belajar yang ada aja dulu... toh nambah ilmu juga nggak rugi :)

trus, knapa saya jadi rajin bikin kuweh?
kan udah dibilangin, itu mah imbas karena bergaul ama bakul kuweh, yang isi postingan milisnya kalo nggak resep, ya foto kuweh, hehehehe...
legian ya, kalo gak bikin kuweh, trus yang difoto apaan dong? masak panci sih? beuh... gak menarik amat obyeknya ;P

dan jadilah, pagi ini saya terdampar di blossom, kota wisata cibubur.
jauh banged kan? ih, kalo bukan karena belajar moto, nggak bakal deh, jauh2 dijabanin...
apalagi, yang ngajar food photography ini juga food photographer profesional, dari majalah sedap dan saji lho....
wuiihhh, kesempatan emas nggak boleh dilewatkan dong!

mulai jam 10-an, kelasnya cukup menarik. materinya oke, pengajarnya juga mumpuni di bidangnya.
yang jelas, untuk pertama kalinya, saya mo nyimak soal teori dasar fotografi tanpa ngantug, hehehehe.... (yang mana selama ini, kalo baca buku ato dikasih tau ama si babeh or om ndi, ini ilmu nggak nyangkut2 di kepala..... heran nggak sih? ato, jangan2 karena kali ini mbayar, gak gratisan ya? hehehehehehe....)

diajarin juga soal lighting, komposisi dinamis dan warna, dan.... blajar (praktek) motret makanan. horeeee.....

walo berdesak2an, tapi hati senaaaang....
senang karena nambah ilmu, senang karena ketemu temen2 baru...
eh, tapi nggak semuanya temen baru lho. soalnya ternyata ada 1 peserta yang pernah barengan ikut kursus dekor buttercream
qiqiqiqiqi... ternyata hobby kita sama ya bu: kursus... :D

oh iya, bukan hanya saya aja yang antusias ama kursus food photography ini lho. tapi juga peserta lain. makanya walo jam makan siang kita molor karena baru mulai praktek jam 12, kita mah tetep happy :D
salud deh ama para bapak2 yang sabar nunggu giliran praktek moto setelah kerumunan ibu2 yang rusuh puas memotret dan mulai menyantap makan siang :)

jam 2-an sih mestinya session berikutnya dimulai lagi. tapi karena dirikyu sudah dijemput nte wulan -yang rumahnya di kota wisata dan ada sedikit keperluan dengan diri ini- jadi saya meninggalkan kelas lebih awal.

lagian, saya mo numpang nge-charge batre kamera yang mo langsung dipake bapak, buat sore harinya.

makasih ya mbak ina & teh uceu yang udah mau direpotin mbikin workshop ini.
makasih juga buat mas abo dan mbak naomi yang mau ngebagi ilmunya.

Kalo ada kelas belajar moto lagi, saya diajak yaaaaa.... :)

Cateten: bener kata teh uceu, kalo ke blossom, siap2 blanja, soalnya, walo nggak guede banget, blossom lumayan kumplit lho!

dan ini sebagian gambar yang tertangkap di kamera sayah...

mbak ina memperkenalkan mas abbo, yang pagi ini jadi pengajar kelas kita...
bikin studio mini pake lampu belajar sebagai sumber cahaya...

bikin foto bagus bukan jaminan karena kamera lho.... kembali lagi ke 'the man behind the gun'.
jadi kenali kamera anda.
sssttt... kamera poket juga bisa bikin foto cantik koq....
hukum sepertiga (eh bener nggak tuh??) untuk membuat foto yang dinamis (tidak statis)

...coba deh bandingin komposisi foto ini....
sekarang siap2 praktek. horeeeee..... :)

... knapa mbak ina termenung? mikirin nasib kue2nya kah?
sekarang coba pake kamera poket ya... tuh kan, syapa bilang kamera poket nggak bisa bikin foto bagus? :)
foto kiri atas: moderator ok (teh uceu dan mbak ina) yang sibuk bikin dokumentasi...

ini lho 'model' kita hari ini. coba difoto ya....

... hayo gentian ...
yang sana sibuk, yang sini juga sibuk motretin 'model' yang lain...

... yummy ... (sayang saya nggak kebagian nyicipin, karena pulang duluan...)
kelar makan, balik ke bangku masing2, siap2 mo masuk sesi 2...

makasih ya orange kitchen. lain kali, mau dong ikutan kelas foto lagi. tapi.... jangan jauh2 ya...
agak2 trauma nih! secara balik dari kota wisata kena macet 2 setengah jam di taksi. itupun cuma sampe cibubur. kalo sampe rumah, nggak tau deh brapa jam lagi nyampenya....

tapi nggak menyurutkan semangat kok. maju terus, motret terus! :)

update: foto2 kerennya fenny bisa liat disini ya... (keknya bener tuh kata mas abbo, latian sebulan dua bulan lagi , bisa ngalahin mas abbo, hehehehe. top deh fenny!)

..btw, soal distorsi yang rame dibahas, buat saya saya sih oke2 aja tuh.
maklum, sini kan moto buat lucu2an doang, bukan buat portofolio ato display jualan.
jadi kalo motret pake hape (yang seringnya jadi distorsi) saya mah demen2 aja. abis lucu sih diliatnya :) ...

2 comments:

de asmara said...

lha selama ini saya udah cukup kagum kok sama foto2 hasil jepretannya mbak, SERIUS!! apalagi dikombinasikan dg olahan tu foto di photoshop, uh makin mantap deh.

tampilan foto2 yg ada di blog ini salah satu yg selalu bikin aku terpukau. Dan itu nggak bo'ong lho... tapi kalo mbak mo kasih model fotonya (baca: kue) sbg ucapan tengkyu saya mah orangnya paling ga bisa nolak :P

si kepik said...

hahahaha, jadi lebih ngiler ama kuenya daripada figurin naruto ya?
saya emang demen bikin kolase pake photoshop, supaya ngirit space, hehehe