Saturday, November 7, 2009

belajar membuat figurin

Alhamdulillah, akhirnya saya berkesempatan belajar membuat figurin fondant dari suhu yang benar. hehehe, setelah selama ini belajar dijalan yang sesat otodidak dari buku, ngi-net, ato ngarang pake logika sendiri, hari ini saya berguru langsung dari mbak ria yang luar biasa hasil karyanya.
nggak percaya? coba deh liat rumah mayanya disini... mo pingsan nggak sih ngeliat detil dekor kuena?
hahaha, belom lagi red velvet andelan blio terkenal bukan buatan (ehmmm... ini sih kata yang pernah makan, secara kue tersebut nggak nyampe ke lante 5, bukan begitu jeung lp? hehehehe)
duhhhh, mana mbak ria tuh ramah banged. nggak pelit ilmu... (mo njelasin dan nerangin diluar materi yang dibawain). malahan, waktu aku beli cetakan huruf fangkeh ini dari mbak dee, mbak ria nawarin diri, mo tau cara pakenya nggak? walahhhh, dimana coba, ada guru yang nawarin diri kayak gini. hehehehe, kalo begitu sih enak yang jualan dong, gak perlu cape2 demo, kan ada mbak ria :D
(emang kalo jago di bidang pemasaran tuh beda, ikut kursus pun tetep jualan ya bu? qeqeqeqe. tapi sungguh strategi yang jitu tuh. harus ditiru. mmmm, sayangnya, saya nggak bisa jualan apa2 sih, hehehehe)

selain materi pelajarannya yang menyenangkan, guru yang baik dan asik (mbak ria, yang lebih seneng menyebut acara ini sebage "sharing" bukan workshop), penyelenggara kursus yang wokeh (mbak yudhi dari teras kuliner. makasih ya mbak....), juga temen2 belajar yang asik2.
padahal, selain jeung lp, asli tuh, semuanya muka baru. tapi mereka semuanya baik dan asik. serasa udah kenal lama deh :)
dan yang bikin saya tersanjung, ternyata yang belajar bareng saya kali ini, kebanyakan bakul kuweh, alias udah karatan di dunia perkuehan, seperti mbak reny, mbak ratih, mbak yani, mbak dyah (kepadanyalah saya membeli cetakan huruf fangkeh itu), mbak sonya, mbak ira, trus ada mbak sophie, erlyn, jeung lp, dan banyak lagi (banyak deh, ampe nggak inget namanya satu2). hahaha, minder nggak sih gw? kebanyakan isinya bakul kuweh.
hehehe, kalo biasanya orang tukeran nomer hape ato alamat imel, ini mah tukeran alamat blog, hwahahahahaha.... sampe2 tiap ngasih alamat blog ini, saya selalu bilang, "isinya bukan kueh2an ya, tapi blog lucu2an, buat jurnal pribadi aja...." (takut dituduh udah jago masak alias.... gw minderrrr bhoooooo', qeqeqeqeq)
makanya sempet bingung, apa saya salah "masuk kelas" ya? jangan2 ini kelas untuk level "advance" hehehehe. untungnya, ada juga yang newbie di dunia kue dan fondant selain saya :). tapi umurnya masih muda bho'. masih mahasiswi (ini pertama kali dia pegang fondant, biasanya mainan clay). hahahaha, tetep aja nggak bisa "segrup" ama eikeh yang udah emak2 ya???? :D

mulai sekitar jam 930, setelah pembukaan dan perkenalan, kita diminta mewarnai fondant-nya, satu orang 1 warna, ntar tinggal tuker2an aja. saya kebagian warna kulit yang nggak usah sungsang sumbel nguleninnya, karena cuma butuh sedikit pewarna. turut prihatin saya sampaikan kepada mbak lany yang kebagian warna merah dan peserta yang kebagian warna hitam -lupa siapa- (duuuuh bho', untuk mencapai warna hitam dan merah sesuai yang diinginkan, butuh tenaga, semangat dan kerja keras yang ruarrr biasa, hehehehe).
kelar mewarnai, mbak ria mulai ngajarin 3 figurin: baby girl, baby boy dan babeh2 berkacamata. hwaaaahhh, sumpah, kalo nggak belajar langsung ama pakarnya, nggak kebayang deh, untuk bikin satu figurin, kita musti mulai dari (bagian) mana(nya).
belum lagi tip dan trik memperlakukan fondant tuh harus gimana (secara kalo lembab dia letoy, kalo panas dia kering dan kaku. nah lho... ribed kan???)
juga dikasih bocoran warna2 yang pas buat beberapa figurin populer (yang sering dipesen orang- bagi para bakul kuweh), macam ijonya ben 10, ungunya barney, jambonnya pink panther, skin color sampe warnanya si nemo. tapi... jangan tanya saya ya. udah lupaaa.... hehehehehe (dasar bleguk yak!). yang saya inget sih kebanyakan mbak ria pake pewarna wilton. tapi untuk mencapai warna yas pas, mbak ria kerap mencampur dengan pewarna lain seperti merek cross sampe cap kupu2.

istirahat siang dipake buar makan siang, sholat dan foto-foto! horeeeee..... *halah*
makan siangnya, kita dapet jatah nasi bogana yang saya makan bareng sama fiko. uenaaaaknya.... (makasih lagi ya mbak yudhi....)

di sesi kedua, kita lanjut belajar bikin barney n friends, trus beberapa binatang: piggy, meong (beberapa peserta nyasar sehingga membuatnya lebih mirip guguk, hehehe), gajah, dan singa (betina dan jantan). yang terakhir ini saya udah nggak mbikin. udah cape mlintirin fondan jadi lintingan2 kecil. secara telapak tangan saya gampang banget keringetan (problem yang sama seperti jeung ratih), sehingga fondant-nya jadi lembab dan lengket :(
bolak-balik nyimitin tissue supaya tangannya nggak terlalu basah.
pikir punya pikir, jangan2 karena saya duduk deket jendela, jadi ac-nya kurang "menghembus" (mo pake kata "nendang", kagak cocok bukannn???)

tapi mbak ria emang telaten luar biasa deh. kalo bukan karena liat mbak ria, saya mah gak bakal yakin bisa bikin kacamata kecil (buat babeh2 itu) dari fondant :(

oh ya, senengnya, ternyata mbak yudhi dan mbak ria tuh seneng ama anak kecil. fiko aja berapa kali dipanggil dan diajak ngobrol :)
malahan, singa (figurin terakhir yang dicontohin sama mbak ria), tuh dikasih buat fiko lho!
waaahhh seneng banged dwong :). bukan cuma anaknya yang jejingkrakan, emaknya juga pengin nandak2 saking senengnya. qiqiqiqiqi....

lucunya, tiap kali ada temen2 peserta yang minjem singa (bikinan mbak ria) buat contoh, fiko selalu ngomong "itu punya aku". qeqeqeqeq.... secara anak ogudh doyan fondan, bentuknya lucu pula, gak rela kalo ampe diembat ama orang laen, hehehehe :D

sayang batre kameranya abang udah semaput, jadi difotonya pake hape aja deh.
ini foto figurin hasil belajar tadi. tapi khusus singa dan bj, itu bikinan mbak ria.
kalo yang singa emang spesial dikasih dari mbak ria buat fiko, kalo yang bj hasil "rebutan" ama yang laen, hehehehehehe...

coba ya, mohon dicatet bahwa pembaca dilarang komentar. saya udah tau bahwa warna baby boo-nya ngaco. kan harusnya ijo. emang sengaja, kan saya bikin ini untuk edisi valentine, hehehe *maksadotcom*
juga baru kali ini kan, barney-nya kalah gede ama temen2nya (bj dan baby boo). ini emang sengaja, soalnya si barney lagi diet nasi, kan dia golongan darah o. hwakakakakak (nihcita2 gw yang jauh dari jangkauan, secara gw pemakan nasi sejati!)

kalo warna kucing dan gajahnya ijo, itu karena mereka lagi ngelmu ilmu "kolor ijo" supaya bisa gabung ama ben 10 yang warnanya gw pake, heheheheheheh... *tambahmaksadotcom*

yang cakep (karena bikinan mbak ria) silahkan berpose di depan.
yang mleot2 (karena bikinan saya) silahkan berpose dibelakang (awas ya, jangan sampe ada yang maju, entar ketauan kalo kamyu gag mirip, hehehehehe)...

dan yang dibawah ini foto bareng saat istirahat siang tadi...
i really enjoy d workshop. thanks for the fun, girls! :)
specially buwat mbak ria dan mbak yudhi dari teras kuliner yang udah ngasih kesempatan kepada hamba yang hina dina ini untuk belajar mengenal fondan lebih baik, qeqeqeqe...
kalo ada kelas beginian lagi, undang2 saya yak!

update: ssstt... liputan/postingan dari temen2 peserta workshop-nya mbak ria yang lain bisa liat disini, disini :)

6 comments:

de asmara said...

woooww!! mau dong belajar bikin figurin... daripada beli action figure mulu, mahal, mending bikin sendiri. info dong mbak...

de asmara said...

btw, bukanbasa-basi nih, figurin2 hasil bikinan mbak kepik bagus2 lho. coba buat asterix atau tokoh2 luar dong mbak

si kepik said...

ahak ahak jadi malu nih dibilang bagus... serasa pengin koprol deh, hehehehe
wadoh mbikin asterix? entar deh, saya semedi dulu ya... barangkali dapey wangsit, bisa mendadak canggih bikin figurin.
basically, bikin figurin ini tehniknya mirip dengan kita mainan clay (yang dari tepung) atopun lilin (play dough itu lho). makin sering bikin, makin terlatih tangan kita untuk bikin yang njelimet. walopun beda material pasti agak beda karakter. seperti si fondant ini jangan sampe terlalu lembab atao malah basah, karena cairan berfungsi menjadi lem kalo ketemu fondan. enaknya mainan fondan, kalo nggak sreg ama bentuknya (karena jelek ato rusak), daripada bete ngeliatnya, kan bisa dimakan. kalo lilin ato clay kan nggak bisa (kecuali punya ilmu kuda lumping), hehehehe :)

Keke Naima said...

selalu ngiri deh kalo liat org2 yg pd jago bikin kue.. pengen bgt belajar. tp kl u/ saat ini kayaknya bikin 1 kue, adonannya hrs 2 krn bakal di acak2 sm para krucil :D

O'ya thx buat awardnya ya :)

ria-chocoloveid said...

hehehe.... seru deh baca liputanmu.
terus semangat yaaa...
yg penting actionnya :D

titip cium buat Fiko yga hebat ...
anak sapa sih itu pinter bener... :)

si kepik said...

hehehehe, fiko anak saya dong... bunda ria yang baik dan cantik :)