Friday, November 13, 2009

for zana with love

kayanya gara2 kue ultah bwt anong, bude nunus jadi kepingin bikin cupcake juga bwt zana. soalnya kata bude, zana nih belum pernah dirayain ulang taunnya sama sekali. jadi taun ini bude nunus berencana untuk bagi2 cupcake dan goodie bag bwt temen2 sekolah dan guru2.

awalnya bude pesen minta dibuatin 30.
requestna: nggak mau hiasan kue yang 'jadul' dan kalo bisa cupcake-na bukan bolu biasa (hehehe, kalo ini pasti deh gara2 maem cupcake ketan item ultahnya anong)

menjelang hari h, pesenan bertambah karena jatah buat guru2 belum keitung. total jadi 60.
wakwau.... sanggup nggak ya bikin 60 biji?
secara sini bukan tukang kuweh, dan manggangnya pun pake oven listrik kecilku, yang sekali manggang cuma bisa masuk 9 ato 10 cupcake.
huhuhu... sempet jeri juga mikirin bakal 6 kali manggang...
belom lagi soal ngadon yang kalo gak mood, kok ndilalah hasil kuenya bantet bin kuntet.

untung ada jeung lp, tempat diri ini bertanya dan konsultasi.
saran dari blio, saya disuruh nyicil bikin kuenya mulai hari rabu malem (kuenya mo diambil jumat malem ato sabtu pagi, karena mo dibagiin ke temen2 zana hari sabtu).

ya sud, sejak jauh2 hari, saya udah nyicil belanja bahan kue, plus perabotannya (box, mika sampe papercup). mondar-mandir hunting barang2. maklum, satu toko dan lainnya masing2 ada aja yang nggak komplit.
Alhamdulillah, tanpa perlu browsing internet, saya punya nara sumber komplit, alias jeung lp.
jadi berdasarkan informasi dari jeung lp, saya jadi tau toko2 yang jual bahan kue atopun perabotan baking.
dari loyang, titan, ani, toko w, berkat, sampe edi saya datengin buat ngecek barang (keberadaaan dan harganya). ternyata ya bho, masing2 toko tuh punya barang andelan ato keunggulan masing2. jadi kadang kalo mo nyari sesuatu, ya harus ke toko x, nggak bisa ke toko y (karena nggak ada ato kalopun ada harganya lebih mahal).

agak exciting juga sih. jadi inget pertama kali diajak ita (temen sesama pengurus komite sekolah di sd abang yang lama) masuk2 pasar mester buat nyari hadiah lomba anak2 di sekolah. hehehe, kalo nggak gitu, saya mana tau dimana tukang jual tas (kodian), atk, cendera mata dan sebagenya.

hahaha, dulu, sempet ketagihan nyambangin pasar mester, waktu tau beli apa2 jauh lebih murah. sampe2 beli seragam anak2 aja dibela2in masuk2 pasar mester :) (rela deh nggak belanja pake ac, tapi harganya miring banget. berasa bisa dapet hasil belanjaannya banyaaaaaak... hehehe)

back to the topic, ceritanya saya nurut sama usulnya jeung lp untuk nyicil kuenya sejak hari rabu. sekali ngadon, langsung 2 resep (sampe kudu pake bowl gede, karena mixer saya kan kecil). Alhamdulillah, jadi 30 cupcake. udah diniatin 20 buat zana, dan 10 jatah preman2 kecil di rumah.

lha kok pas kemis malem pulang ngantor, cupcake di kulkas udah raib lagi 5 biji...
ck ck ck, padahal belum dihias tuh ya....

untungnya masih punya banyak jatah cuti taunan. jadi jumatnya saya ijin cuti ama bos.
Alhamdulillah diijinin.

jadi kamis malem saya ngulang ngadon dari awal. sukur2 bisa ngejar 6 kali manggang dalem semalem (lek2an juga boleh, kan paginya cuti, hehehehe)
trus yang 15 biji di kulkas? au' ah, keluarin aja buat dimakan ama anak2 tikus. udah il-pil sih!

ngadon bahan cupcake ketan hitam (2 resep), brownies panggang (1 setengah resep), vanila simple cake, taro cupcake, Alhamdulillah berhasil menyelamatkan 47 cupcake buat zana (di luar jatah preman2 rumah yang bolak balik nongol ke ruang makan dan mengajukan pertanyaan standar: "ada yang nggak kepake nggak?" -maksudna boleh dimakan- hehehehe...)
kelar beres2 (seadanya), ternyata udah jam setengah 2 pagi.
itu juga saya ditemenin sama si bungsu yang belum tidur. ngeliat saya repot, dia ikutan repot, tapi repot ngeberantakin barang2 di depan tv. persis kaya tikus deh... ;P
padahal si bungsu ini matanya udah kecil alias 5 watt....

paginya, lanjut ngadon carrot cake. sengaja nggak bikin sponge cake vanila, karena saya nggak suka (lah emangnya bwt sapa?). tadina sih kepingin bikin brownies aja yang gampang dan antigagal, tapi kalo liat cupcake yang masih pada botak (belum dihias) itu, kok warnanya gelap semua kecuali yg simple vanila.
kebetulan masih ada wortel di kulkas, jadi saya bikin 1 3/4 resep (sesuai ukuran wortel yang mo saya ganyang habis). wah jadinya malah banyak banged :)

mulai ngehias sekitar jam 9 (sambil manggang carrot cake), kloter pertama yang jadi duluan adalah si ikan hiu ini. kan bikinnya paling gampang. tinggal ngocok bc, kasih pewarna biru, taroin si permen hiu dan trakhir kasih butiran permen kecil2.
hihihihi, puwassss, cita2 tercapai. ini kue udah terbayang2 bentukna di kepala, sejak awal saya nemuin permen hiu. nyimpen permen hiunya pun butuh pengawasan esktra karena bolak balik 3 anak tikus saya selalu nanya, apakah permen hiunya boleh dimakan? hwaaaaa.... tidaaaaakkkk.... jangaaaaannn....
berikutna bikin daisy pink yang bertuliskan nama zana. kombinasi warnanya pink-ungu, warna kesukaan ibunya zana.

lanjut ke lebah dan rerumpunan bunga, yang hiasan fondannya udah saya cicilin bikinnya sejak beberapa saat lalu (hwaaa, kalo semua hiasannya baru dibikin hari ini, alamat baru selese besok pagi kaleeeee).

sekitar jam setengah 2 siang, pln koit. langganan nih, pemadaman bergilir (ternyata bukan cuma istri yang dimadu aja yang digilir yak....)
waaaah, untung urusan panggang memanggang udah selese....
cuman, daripada gerah, saya keluar dulu ke bank (dianter bapak), lumayan ngadem di bank, hehehehe....

pulang dari bank jam 3-an, lanjut maniiiinng...
untung mendung, jadi hawanya nggak panas.

sore, akhirnya kelar juga semua hiasan. Alhamdulillah.
beres2 perabotan, nyuci2in (bekas bc kan pada lengket tuh, jadi harus rebus air panas buat nyuciin spuit dan bowlnya).
abis itu, dibantuin si mbak, nyari tempat gede buat wadah mika single cupcake yang 48 biji.
karena nggak punya stok kardus gede, akhirnya saya dan mbak ngeluarin..... keranjang setrikaan. hahahahaha, daripada nggak ada? ;P
masuk2in cupcake ke mika, steplerin trus susun di keranjang (setrikaan).
buat ngegenepin, supaya nggak goyang2 di dalem keranjang, akhirnya saya genepin jadi 51 mika.
kemudian 18 cupcake sisanya dimasukin ke kardus.
kata bude, yang ini buat (tiup lilin) di rumah. sebetulnya sih bude nunus cuma pesen 12 aja buat yang di rumah. cuma, karena sisanya banyak dan sudah dihias, jadilah semuanya saya packing bwt zana.

yang tengah itu figurin hasil belajar sama mbak ria :)


requestnya bude nunus, minta dibikinin mobil2an.
maap ya bude, cuman sanggup 3 nih.... bikin mobil2 kecil gini ribed. soalnya jari saya jempol semua, hihihihi....


hiasan ini rada ngasal yak... masak ada ransel, mobil, ikan hiu dan sendal di 'kebun bunga'...
bener2 keluar dari konsep. nggak sesuai tema! (ceritanya ini kan menyesuaikan ama request yang pesen.... )
enak nih kalo pingin punya mobil tinggal mbikin.
sayang nggak bisa dinaikin ampe pasar ya......

malem tadi, pulang ngantor, bude nunus dan pakde uqi mampir.
jadi cupcakes hasil perjuangan saya pun diangkut.
nggak lupa pesen2: mmmm... kalo udah keranjangna balikin yak.. soalnya buat ngangkat jemuran, hehehe.....

rada getun juga karena cupcakes nya nggak sempet difoto karena kameranya pada keluar semua.
d40 dan kodak ada di studio bapak di pondok gede. sementara fuji-nya abang dipinjem opa tadi pagi.
ada sih d200, tapi berat banged bho'.... repyottt ahhh...
jadilah moto seadaanya, pake..... samsung J200 andelan sayah... lumayan lah, daripada nggak ada

dan ini beberapa kue yang sempet pasang gaya. difoto seadanya di meja makan, sebelum masuk ke kotak dan diangkut ke pasar minggu.

slamet ulang taun yang ke 7 ya zana....
semoga jadi anak sholeha yang cerdas dan sehat.
salam sayang dari kami disini :)

No comments: