Saturday, October 17, 2009

ok cooking class: cake decorating with butter cream

seumur-umur, selama ini bikin kue cuma berbekal panduan buku resep, browsing internet atawa ngepe' tabloid kuliner. baru hari ini, akhirnya saya ikutan kursus cake decorating. yap. for the first time in my life. ciee... kaya judul lagu kan? :)
kejadian bersejarah nih. maklum deh, selama ini nggak ikutan kursus karena saya kan orangnya pemalu, hehehe, maxudna malu2in kalo ketauan nggak becus urusan dapur :D

kalo kali ini saya lagi demen bikin kue, sungguh, itu bukan panggilan jiwa. ini cuma karena lagi kehabisan hobi :)
lagi semangat tinggi buka2 buku resep kue, eh, kok kebetulan orange kitchen ngadain kelas dekor kue (pake butter cream). wah boleh juga tuh, cari ilmu dan belajar sesuatu yang baru. dunia yang sebelumnya asing banget dengan keseharian saya.

ternyata asik juga belajar ngedekor kue.
dikenalin sama berbagai macem spuit standar, sehingga kita jadi punya bayangan, kalo pake spuit ini, bisa bikin model begini, kalo spuit itu, jadinya model begitu. asik lah :)

dan bener aja, ternyata setelah ikutan kursus, saya baru tau bahwa cara saya megang piping bag tuh nggak betul.
soalnya, begitu saya praktekin cara pegang piping bag yang bener (sesuai dengan yang dicontohin chef yang ngajar), berasa banget bahwa mendekor kue jadi lebih mudah.

lucunya nih ya, sejak awal praktek, saya heran, kok teh uceu selalu mulai dari sebelah kiri. sementara saya kok kaku banget kalo mulai dari kiri. lebih nyaman kalo dari arah kebalikannya, dari kanan ke kiri.
begitu terus, tiap praktekin model dengan beberapa spuit.

sampe setelah break makan siang, saya baru nyadar bahwa saya megang piping bag dengan tangan kiri, dan tangan kanan cuma untuk nyangga piping bag. pantesan aja lebih enak ngebuat pola hiasan dari arah kanan :)
hwahahahaha, teh uceu sama mbak ina ketawa2 waktu saya nyadar saya pake tangan kiri untuk megang piping bag.
mereka pikir, saya kidal :D
emang sih, waktu mereka liat cara saya pegang piping bag, bolak-balik teh uceu sama mbak ina ngomong "oh, kidal". sumpah, saya pikir, yang mereka maxud tuh orang lain, wong saya nggak (ngerasa) kidal koq :)
hahahaha, untung aja saya nggak disuruh ngulang praktek pake spuit dari yang awal lagi. lha udah 6 macem spuit yang dipraktekin, kalo suruh ngulang, saya mo pulang jam berapa? :D

sesuai saran teh uceu, buat yang bawa kamera boleh motretin contoh pola butter cream. maxudna, supaya bisa buat contoh kalo mo belajar ngelemesin tangan di rumah.

teh uceu ngedemoin dulu, step by step cara bikin berbagai pola hiasan butter cream dengan berbagai macem spuit dasar. diberi contoh juga hasil hiasan yang pake spuit lokal dan spuit wilton.

yang kiri dibikin pake spuit wilton, yang kanan pake spuit lokal.
ada harga ada rupa ya, buuuuuu... :)
di tangan teh uceu, keliatan banget tuh, bahwa pake spuit wilton, hasil buttercream jauh lebih rapi daripada pake spuit lokal yang murah meriah.
kalo saya pake? sama aja berantakannya kale ahhh. gak ngaruh, hehehehe ;P

bisa dong dibedain mana bikinan yang pro, mana yang amatiran, huehehehehe...
ini cara bikin bunga mawar dari butter cream...
kata teh uceu, ada 2 cara menutup kue dengan butter cream. tapi pake piping bag lebih ok daripada ngolesin butter cream sedikit demi sedikit. soalnya remah kuenya jadi nggak berceceran. mmmm, bener juga ya...
kalo udah full ter-cover, baru diratain, sambil muter lazy susan-nya...
dan ini kue saya sebelum dan sesudah didekor. taraaaaa.....
hahaha, kalo soal mawar di atas kue saya, sumpah itu bukan mau saya. tapi it's a must. syarat dari teh uceu dan mbak ina, smua kue kudu pake mawar (qeqeqeqe, jangan2 yang ngajar gak rela, kalo cape2 ngajarin, tapi nggak dipraktekin).

emang sih, bikin bunga mawar nih susah2 gampang. tau sendiri butter cream tuh kan licin ya. udah gitu, kita nggak pake paku mawar, duh, ribed deh...
sempet juga terjadi kecelakaan, mawar saya yang pertama nyungsep dengan sukses saat mau ditemplokin ke atas kue :(

wadaw... mana dasar kuenya putih, sementara mawarnya orange :(
untung ada chef kusuma wijaya. blio nyaranin supaya saya bikin 3 mawar untuk menutup kekacauan akibat kecelakaan tersebut.
yak bagoosssss, brarti saya harus bikin 3 mawar. 3 sodarah-sodarah.... padahal bikinnya ribed dan licin.
makasih lho sarannya chef.... *tapi nggak bisa ngelawan, karena emang gak ada solusi laen* qeqeqeqe

jadi silahkan menikmati penampakan mawar saya yang gagah perkasa dan berotot tebal (bukan yang manis dan cantik), karena saya kebagian spuit mawar lokal yang lobangnya guede dan kagak indah :(

takjubnya saya, dari 8 peserta, semua model hiasannya beda2 lho.
qiqiqiqiqi, pada pinter2 ya, brarti kan nggak nyontek temennya :)

foto bareng ama bu guru uceu dan ina beserta hasil dekor buttercreamnya sebelum bubaran...

3 comments:

ok said...

baca ulasan kursus decor buttercream dikau jadi berasa cekakak cekikik kita dikelas lho mba nova,, shhhht...ada bu guru yg mau ikut diet vegitarian blom di ulas ya? qiqiqiqii....

sukses terus ya mba :)

andiniya said...

mba, mau tanya ini kursus di orange kitchen ini dimana? thanks ya

si kepik said...

ada beberapa tempat mbak, silahkan pantau dari milis orange kitchen atau webnya (www.orangekitchen.net). kalau mau private, bisa kontak moderator orange kitchen: teh uceu (www.uceuhomemade.blogspot.com) :)