Thursday, February 12, 2009

pet

wajar aja anak seumur mas elang ato abang nanda punya binatang peliharaan. mulai dari ikan air tawar (mas koki, mempis, lohan, dkk), kura-kura, lobster air tawar, ikan air laut (ikan badut, ikan buntel, ikan (jenis) dori, kuda laut, bintang laut) ampe terumbu karang dan anemon pernah dipiara di rumah.
juga binatang berbulu macem kucing kampung dan kucing angora udah pernah juga dipiara.
tapi ya gitu.... ujung2nya pada koit. maklum aja, anak segitu, kalo nggak didampingin ama emak-bapa'e, ngurusin-nya suka2 aja (kalo nggak bisa dibilang lebih banyak nggak ngurusinnya) :(

entah karena hasrat "memiliki piaraan"-nya yang kelewat kuat, sementara yang tersisa hanya akuarium air tawar yang udah gak ada isinya (udah pada mati karena tuwak), minggu lalu saya liat ada sebuah kaleng bekas di lantai ruang makan, berisi potongan wortel dan labu siam. saya pikir, oh.. biasanya si mas ama abang suka beli kelomang. kan kelomang memang biasa dijual sama abang2 di depan sekolah2.

tapi di hari berikut, kok kalengnya nambah satu.

pas saya longok, ternyata isinya.... kadal kecil.
masya Allah.... ini anak2 kurang kerjaan amat sih, kok bisa2nya punya ide miara kadal.

walo sebetulnya jijik dan geli ama itu kadal, tapi saya nggak tega minta si mas mbuang kadalnya. palingan setiap kali saya liat si mas lagi ngasih potongan daun untuk kadalnya di kaleng, saya selalu bilang, "kamu nggak takut digigit mas?"
dan selalu dijawab "...enggak...."

sampe satu kali, si mas pulang sangat terlambat. dia pulang 15 menit lebih lama daripada abang (padahal harusnya si mas bubar kelas duluan).
waktu ditanya bapak, ternyata di mas mampir dulu di jalan asuransi untuk melepas kadalnya...

saya tanya kenapa dilepas mas? dijawabnya "enggak apa2...."
jangan2 akhirnya si mas insap bahwa kadal bukan binatang imut buat di-elus dan di-manja2 :)

No comments: