Wednesday, February 25, 2009

kepompong

pasti tau dong lagunya sindentosca yang sering dinyanyiin fiko "...persahabatan bagai kepompong... mengubah ulat menjadi kupu-kupu...."

saya gak tau apakah persahabatan saya dengan 3 mahluk ajaib yang terjalin sejak kelas 1 sma ini termasuk model kepompong.
yang jelas pertemanan saya dengan mereka membuat saya belajar lebih bijak memandang hidup, bukan hanya berwarna hitam dan putih, tapi bisa merah, hijau, biru, ungu....
berteman dengan mereka membuat saya belajar memandang segala permasalahan, bukan hanya lewat kacamata saya, tapi juga lewat kacamata orang lain.
mereka adalah cermin saya, saat saya butuh merefleksikan kekuatan dan kelemahan diri saya.
mereka adalah kaca pembesar, saat saya butuh mereka untuk melihat persoalan saya, agar lebih jernih dan fokus.
mereka adalah teropong saya, saat saya butuh jarak pandang yang lebih luas dan panjang, diluar jangkauan penglihatan saya.
mereka adalah tiang yang tegar, saat saya gamang dan butuh pegangan.
mereka adalah kumpulan cat yang kaya warna, saat saya begitu ekstrim dan berkeras, hanya ada warna hitam atau putih.
mereka ada saat saya butuh teman menonton atau ke toko buku.
mereka ada saat saya perlu tempat sampah untuk membuang sesak di jiwa.
mereka ada saat saya ingin tertawa.
mereka ada saat saya butuh bantuan, menata hati saya yang rontok, karena tiba2 seseorang yang ingin saya lupakan, kembali muncul dihadapan...

sejak kelas 1 sma hingga beberapa tahun selepas sma, kami kerap menghabiskan waktu bersama. berbagi cerita, berbagi rasa, berbagi tawa...
meski di kelas 2 dan 3 kami nggak pernah lagi sekelas, walo nggak setiap hari, ada saatnya kami ngumpul, cerita2, ketawa2, ngobrol2, saling ngebacain kebodohan masing2 ;P

lucu aja, dengan kepribadian yang sangat beda2, ternyata kami bisa awet berteman.
ada kell yang pandai menganalisa dan punya setting-an model bapak kita semua ;P
ada dodi yang tukang main, main dan main, serasa ngeliat sosok bayi cowok di stiker "no problem" (pernah liat ditempel di kaca2 mikrolet nggak?)
ada ivien yang selalu jadi topik kami berempat karena dia selebriti seneng banget nyari jalan yang berbatu dan berliku ;P (jangan2 emang motto-nya "let's create a problem, dude", hehe)

dari masih sama2 jomblo, sama2 naksir cewek yang sama (dodi & ivien), sama2 ikut bimbel yang sama (saya & ivien), sama2 taruhan bengbeng antara saya, dodi dan ivien: beradu cepet sampe sekolahan -secara saya hampir tiap pagi sampe sekolahan jam 615-, sama2 ngecengin metromini lelet yang dinaikin dari dan ke sekolah, sama2 jalan pulang ke terminal kampung melayu, dan masih sama2 bahkan setelah dodi dikeluarin dari sekolah gara2 ribut sama cowok sepa' yang naksir cewek kecengan si ivien (dan menurut kami, it's soooooooooo stupid, dod!)

selepas sma, ivien ke malang, kell ke bandung (dan taun berikutnya kell ke jogja), sementara saya dan dodi tetep di jakarta (tepatnya dodi kuliah di jakarta, dan tinggal -tetep- di bekasi).

tapi nggak urung, saat mereka libur kuliah, ada waktu2 dimana mereka nongkrong di rumah saya, nonton bareng (midnight, padahal pelemnya nggak jelas!), kelayapan nyari tukang makanan enak, spontan jalan ke anyer tanpa planning (cuma gara2 maksa mo enreyen starlet barunya si kell, dan kita nggak tau mo kemana, hehe), ngobrol2 gak mutu, ketawa2 ngalor ngidul, mbacain kebodohan masing2 sampe pagi (again!)....

dan kami masih bertemen, saat ivien mulai serius dengan 1 cewek (setelah berkali2 tp ama banyak beberapa cewek, terutama adik kelas, wakakakaka) sampe jatuh bangun ama "si nyai" (yang sayangnya nggak berujung dengan pernikahan, setelah pacaran lama dan penuh-perjuangan-serta-konflik-berurai-air-mata-buaya-ala-sinetron tea).
masih bertemen saat kell mulai deket ama salah satu anak kost yang kos di rumahnya di jogja sana (itu namanya pagar makan tanaman tuh kell, hehe), yang Alhamdulillah berujung dengan pernikahan yang ayem tentrem hingga saat ini -udah punya 2 anak dan istrinya udah praktek dokter di semarang :) -.
masih bertemen saat dodi kelar kuliah dan kerja di medan.
masih bertemen saat ivien kembali jomblo dan terpuruk abis2an setelah putus ama nyai, sementara saya nikah dengan si bapak yan (eehmmmm) :) ... cowok yang pernah bikin hati saya berantakan saat sma, karena muncul lagi saat saya berusaha keras melupakan dan menjadikannya sebage masa lalu.... :)

masih kebayang masa sma, saat saya dan kell ngabisin waktu berjam2 di warung tenda kampung melayu sepulang sekolah, hanya untuk jadi tempat sampah, karena saya jengkel, saat saya berusaha setengah idup ngelupain cowok yang saya taksir jaman smp -karena cowok itu cuek- tiba2 aja, itu cowok nongol ke rumah kakek-nenek saya. padahal, kecuali teman sma, nggak ada yang tau bahwa saya pindah tinggal di rumah kakek-nenek...
dan yang bikin saya tambah kesel, itu cowok nongol dengan muka tanpa dosa (padahal saya udah mo pingsan, karena gak pernah nyangka mahluk itu bakal nongol di depan muka saya).
dasar kelewat cool, dengan muka lempengnya, si cowok ngajak saya jalan dan makan (itu kali yang namanya diajak nge-"date" ya? sumpah, waktu itu saya gak tau!) dan dengan bodohnya, saya jalan dengan mbawa... buku pelajaran karena besoknya mo ulangan! hahahaha...

(di kemudian hari, setelah kami udah lebih dewasa dan berkomitmen untuk saling kenal menuju hubungan yang "beneran", si cowok ini mengaku sebel setengah mati karena saya mbawa buku pelajaran! hehe... maap ya bos....maklum, kan "naif" gitu lho...)
nggak urung, peristiwa kala itu bikin saya jadi kacau balau.
kacau balau dan jengkel, karena setelah perjuangan abis2an untuk menata hati dan melupakan, ternyata hancur berantakan hanya dalam sehari! o mai gad....
kalo udah gitu, siap2 aja salah satu dari temen2 saya ini (plus troy, pada saat itu) untuk jadi tempat sampah saya, dan menikmati hunjaman pertanyaan saya: "why? whyyyyyyyyyyyyyy?" wakakakak.... :D

tapi hingga saat ini, saya selalu bersyukur, atas semua perjalanan dan proses yang telah saya lewati dengan baik.
atas kasih sayang Allah yang telah memberikan saya sahabat2 yang baik, yang bisa mengisi kekosongan separuh hati saya yang terampas oleh si "cowok cuek" itu :)
atas kebaikan Allah yang kemudian mengirimkan kembali si "cowok cuek" itu kepada saya, tepat di saat sahabat2 saya mulai sibuk dengan dunia dan masa depan mereka masing2 :)
dan saya bersyukur karena Allah memberikan manusia2 terbaikNya sebagai sahabat2 saya, di kala susah, senang, duka dan ceria....

thanks ya pren, buat waktu2 yang pernah kita lewatin bareng,
buat suka dan duka yang kita rasain bersama,
buat tawa dan saling cela yang kita hadapi dengan canda,
dan buat pertemanan yang membuat hidup saya pernuh warna...
thanks for being my friends: kelik, dodi, ivien (and troy yang masih di sydney sono)....
i miss u all, guys!

dan setelah sekian taun nggak ngumpul, akhirnya tadi malem kesampean juga ngumpul bareng lagi... ngobrol2, ngakak2, just like d old days.... :)

kalo nggak inget ini masih tengah minggu, dan besoknya kudu kerja (dan kunyil2 harus sekolah), nggak tau jam berapa kami bakal bubaran. ivien akhirnya duluan pamit (jam 10 malem) karena harus balik ke bandung. saya dan rombongan sirkus (kumplit ama babe yan plus 3 cucakrawa jagoan kami) pamit jam 11 malem. menyisakan kell yang masih pingin tinggal, nggak tau sampe jam berapa, padahal besoknya (hari ini) masih ada jadwal training sampe jumat (kell nginep di salah satu hotel di daerah menteng) dan sabtu akan balik ke semarang. dan dodi, pagi2 ini juga harus balik ngantor ke cirebon setelah istirahat sepulang tugas ke beijing sejak minggu lalu.

dan inilah kami berempat, dengan penampakan yang jauh berbeda alias melaaaarrrrr kaya balon ditiup, hehehehe....

ki-ka: santi (dodi's wife), dodi ayam, ivien, kell, my "cowok cuek", saya @ dodi's house, bekasi - 24 feb 2009 (picture taken by abang nanda)

No comments: