Wednesday, December 17, 2008

simulasi n golden sun

beginilah kejadiannya kalo jadi orang sotoy. sapa yang sotoy? .... saya, hehehehe...
udah tau, sebelum makan siang lies pupu telepon ke saya bahwa babenya gak bisa masuk gedung karena ada latihan anti teroris. lahhh.. kok tetep aja masih mikir mo makan di plangi -karena mo nyari buku di gramed-.

yang ada, saat saya, lies pupu dan lies widi janjian di bawah (ground floor), kami sempet kocar kacir, karena berada tepat di tengah 'arena pertempuran.'
halah... walopun simulasi, suara tembakan senapan laras panjang dan suara (pura2nya) bom itu bikin jantung copot dan dengkul lemes, tauk....

kita (saya, lies pupu dan lies widi) yang kemarin nggak makan siang di luar, kemarin juga nontonin dari ruang meeting lantai 5, tentara2 yang latihan anti teroris. tapi kemarin tuh gak pake suara tembakan *mungkin lagi pasang silent mode*.
jadi, asli, kami nggak nyangka bahwa latihan mereka di hari kedua ini bakal sedahsyat ini.

ketika tadi siang saya dan lies pupu ketemuan di lantai dasar -deket starbuck-, tiba2 aja terdengar suara letusan tembakan. serta merta, orang-orang yang udah pada keluar pintu dan ada di looby luar, langsung lari pontang panting ke dalem (untung saya dan lies pupu belum keluar pintu, masih di lobby dalem).

mbak-mbak security sibuk nenangin orang2. "gak papa kok.. gak papa, itu cuma simulasi...."
"tapi ada suara tembakan, mbak" kata saya.
"cuma suaranya aja kok, nggak ada pelurunya," lanjut si mbak security.
"bener nih mbak? nggak papa ya saya keluar (karena inget sama lies widi, secara kami janjian di halte depan gedung)... entar kalo tiba2 gak sengaja, trus saya ketembak beneran, jatoh, berdarah2 (mulai hiperbola dan ngeselin banget nih gw ya, hehehe...), gimana dong mbak?"
"kalo jatoh ya diangkat" kata si mbak security nyante sambil senyum2.

jadilah saya dan lies pupu jalan ke arah halte sambil ketawa2, diiringi suara tembakan senapan laras panjang.. dar der dor. ...serasa lagi syuting pilem (ih, sempet berasa jadi bintang pilem perang juga neh...)

udah sampe halte, baru lies pupu nanya, "kalo nggak ada taksi gimana?"
iya ya... tadi nggak kepikir tuh.

betul aja, ternyata jalanan antara gedung kantor saya dan pacific place udah diblokir. di-steril kata bapak2 petugas pulisi.
akhirnya, saya cepet mutusin supaya kita balik ke gedung dan keluar lewat tunnel. maksudnya, mo naik taksi dari sudirman, untuk kemudian meluncur ke plangi.

di pintu masuk tower 1, saya dan lies pupu ketemu lies widi yang juga masuk sambil tergopoh2. (oh ya.... saat itu, lobby dalem antara tower 1 dan tower 2 juga diblokir, untungnya saya lewat lobby luar).
kemudian kami bertiga jalan ke arah eskalator tunnel.
pas di depan counter xl, ada bapak petugas bilang, "nggak bisa lewat bu."
wah.. gimana dong pak.. mo keluar nih. mo makan. saat itu ada beberapa orang yang juga punya tujuan sama dengan kami, keluar lewat tunnel.
belum sempet protes ama bapak yang melarang kita lewat eskalator, tiba2 saya liat banyak bapak2 dan mbak2 yang berbalik arah naik lagi ke arah gedung. bahkan orang2 yang di eskalator turun, mereka naik juga. lies pupu yang jalan duluan dan udah di eskalator turun, terpisah dari saya dan lies widi.
nggak lama, terdengar suara tembakan senapan. dekeeeeet banget.
orang2 panik. bapak2 petugas yang berdiri deket counter xl ngomong ke orang2, "nggak papa bu.. nggak papa bu.. cuma latihan..."
setelah itu, beberapa orang tentara berseragam item, komplit dengan helm dan kaca mata yang nutupin separuh mukanya (tapi bukan kaca mata kuda lho ya....), naik dari eskalator tunnel dan lewat dengan posisi perang sambil mbawa senapan yang meletus-letus. ya.. walopun sadar banget bahwa ini cuma simulasi, terus terang aja dengkul saya lemes juga liat popor senjata beneran. ngeri lagi...
lies widi sampe nggak berani ngeliat tuh tentara2 lewat di samping kita (dengan moncong senapan ngarah ke kita.. hiiiii...), megangin lengan saya kenceng banget....
hehehe... kalo aja saya cowok, mungkin udah minta dipeluk kali ye..... (hehehe becanda bu, jangan marah dong ah ;P )

ngeliat tentara2 itu, saya jadi inget game perang2an yang sering dimainin abang dan si mas di ps2. walah... kalo mereka berdua liat, jangan2 bukannya ciut (ampe serasa pengen nyusut dibalik tembok ato masuk ke mesin atm yang ada di sekitar situ), mereka berdua malah minta tandatangan dan poto-poto ama om tentara.
hehehe... emang sih, kalo ngeliat mereka dalam kondisi (latihan) perang gini, tentara kita emang keliatan keren2 banget! gagah gitu lho....

ngomong2 soal poto2, sempet nyesel juga, kenapa waktu liat tentara2 itu dalam posisi siap tempur, saya malah mampet akal. harusnya, saya cepet tanggap, seperti satu orang bule yang tadi tuh tiba2 aja udah ngeluarin kamera digital dan jeprat jepret tentara in action.
iyalah, kapan lagi boleh moto2 di gedung ini tanpa ditegor ama sekuriti :)
ato setidaknya, harusnya saya tadi langsung nge-dial hapenya mas elang pake 3g, supaya abang dan si mas bisa liat tontonan live :)
hah... emang dasar gak bakat jadi reporter. nggak sensitif ama kesempatan. dodol dah.

ya.. jadi terpaksa, kali ini pemirsa cuma bisa baca cerita saya tanpa ada poto ;P
kalo mo iseng, coba deh cari2 di detik ato tunggu di tipi, kali2 aja ada liputannya. soalnya saya liat, di halte tuh banyak orang yang bawa kamera slr gede dan berjaket wartawan.
eh .. kalo emang ada poto2na, liat2 dong, kali2 aja gambar saya ada disitu -pas lewat-... kan saya mau juga nyimpen buat dokumentasi pribadi, buat cerita anak cucu entar... :) kasih tau ya...

oh ya, ada yang perhatikan nggak, bahwa kemarin sore, langit jakarta tuh kereeeeennn banget.
warna kuning keemasan mendominasi langit jakarta. Subhanallah.
saya tadinya juga nggak terlalu engeh. cuma pas saya jalan kaki dari sudirman ke arah karet (mo naik mikrolet 44), saya liat kok gedung2 sejajaran pavilion park tuh warnya asoy banget. kaya di'tembak' lampu. kuning, terang.
betul aja, pas saya nengok ke arah menara batavia, keliatan tuh, langitnya lagi bagus banget.
kayanya, kemarin adalah langit sore jakarta terindah yang pernah saya lihat.
begitu juga saat mikrolet yang saya tumpangi tepat berada di atas fly over sudirman.
Subhanallah, jalan sudirman yang macet dan bikin bete tuh keliatan jadi indah, karena berlatar langit warna emas. Allahu Akbar.
jujur, saat itu saya merasa takut. merasa sangat kecil dihadapan kebesaran dan kekuasaanNya. saya bukan apa2 diantara ciptaanNya yang sangat luar biasa.
semoga Allah senantiasa membimbing saya dan keluarga, agar selalu berada di jalanNya, dan selalu mengingatNya dalam keadaan apapun. amin...

No comments: