Saturday, December 6, 2008

bukumania: dyah pitaloka


saya baru aja nyelesein buku dyah pitaloka pinjeman dari dian.
sumpe bok, itu buku keren abis.
saya suka banget.

dibanding sama serial gajah mada-nya langit kresna hadi, saya jauh lebih terpikat *ceileh bahasanya* oleh gaya bertuturnya hermawan aksan. serasa kita (maksudnya: saya) berhadapan langsung dengan sang ratna citraresmi yang cantik jelita.

sambil nungguin barang2 bapak yang lagi moto (maklum, kenek gratisan, jadi gak boleh dituntut kerja. mau nungguin barang supaya gak digondolin tangan jail aja, si bapak udah Alhamdulillah, hehehe), saya larut dalam kisah dyah pitaloka. ia digambarkan oleh sang penulis, sebagai sesosok perempuan jelita yang sempurna. dyah pitaloka ratna citraresmi adalah kamaratih, yang kecantikannya bahkan membuat para pohaci iri. ia cantik, cerdas, berani dan berkarakter kuat.
putri kebanggaan tanah sunda ini digambarkan jauh-jauh-jauh lebih agung daripada yang digambarkan dalam serial gajah mada.

hehehe, ini aja saya bacanya loncat. baca buku kedua (niskala) baru kemudian baca buku kesatu (dyah pitaloka). apalagi kalo saya bacanya berurutan ya, wah.. bakal lebih terpukau deh saya.
buat yang belom baca buku ini, silakan baca...
buku ini enak dibaca. selain ukurannya yang bisa masuk tas (alias gampang dibawa-bawa), alur ceritanya juga asik banget.

untung tadi tuh saya mbaca buku ini sambil nyempil sendirian, jadi gak ada yang perhatiin, gimana emosi saya ikut larut. pada bagian yang nyeritain gimana dyah pitaloka dengan tegar tetap memakai pakaian pengantin (tapi berbekal patrem pemberian sang paman, bunisora), sementara diluar, para ksatria sunda dan ayahandanya, tanah sunda sudah siap bertempur hingga tetes darah terakhir untuk membela harga diri kerajaan sunda (nggak sudi menjadikan dyah pitaloka sebagai putri persembahan alias upeti kepada majapahit), dada saya serasa ikut meletup-letup. rasanya, saya bahkan nyaris meneteskan air mata, saking sedihnya... :(

hebatnya, walopun buku ini bercerita dari 'sisi' kerajaan sunda, tapi tokoh gajah mada tetap digambarkan sebagai manusia perkasa (bukan di-cemen2-in). fair deh. makanya saya suka buku ini. nggak memihak, tapi bisa melukiskan sosok dyah pitaloka dengan sangat baik.

oh ya, karena 'tugas' saya sebagai jin penunggu barang masih berlangsung, tapi buku dyah pitaloka-nya udah tamat. jadi baliklah saya baca babi ngesot-nya raditya dika.

sekali lagi, untung saya duduknya nyempil (tapi gak kaya upil).
karena mbaca tulisan raditya dika yang kocak ini, bikin saya ngakak tanpa suara. itu orang, asli otaknya oblak banget deh. lucunya bener2 gokil.
kalo pas baca buku ini juga, coba deh buka bab: my heart is like in jail. bener2 gelo tuh si kambing...

buat dian: sekali lagi thanks atas pinjeman bukunya ya.
dan buat yuli: sabar bu. sebentar lagi si babi ngesot bakal saya kirim ke lantai 7, segera setelah saya tuntasin. wokey?

2 comments:

Mahesabayu said...

Nov, buat gue buku ini kog terasa kurang detil yach. bukan karena gue terbiasa sama2 yg tebel2 lho. kadang terasa ada bagian yg rasanya hilang gitu. jadi mau baca niskala lagi?
btw, gimana paregreg & candi murca?

si kepik said...

paregreg lagi jadi reading project. candi murca belum dikirim ke sini nih... mana dong mana dong ...