Sunday, October 25, 2009

three in one

ceritanya sih gara2 penasaran ama keik stroberi yang pake putih telur itu lho...
3 kali bikin kuweh sejenis (bolu lapis stroberi dan 2 kali stroberi angel cupcake), kok rasanya nggak sreg mlulu. rada bantet gitu deh...
walo nggak sukses, Alhamdulillah gak pernah kebuang, karena ndilalah anak2 kok suka (apalagi abang, secara dia emang demen putih telor. kalo makan mie rebus aja, yang dimakan putih telornya doang. kuningnya malah dibuang... padahalnya emaknya doyan tuhhhh)
yah, bantet kan bukan brarti nggak enak dimakan, tetep enak kok.
malah multi fungsi, kalo pas ada kucing garong lewat, bisa kita pake buat nimpuk, qeqeqeqeqeqe...

saking penasaran, hari ini saya mo nyoba lagi *tambengmodeon*.
mari kita mulai...


siapin bahan2 untuk stroberi angel cake (resep dari "cake berhias"-nya saji):

bahan cake:
300 gram putih telur
1/2 sdt garam
1 sdt cream of tartar
150 gr gula pasir
180 gr tepung terigu protein sedang
50 gr margarin, dilelehkan
1/4 sendok teh esens stroberi & 12 tetes pewarna merah muda --> karena nggak punya esens stroberi, saya pake 1/2 sdt pasta stroberi

bahan glasur:
1 putih telur
150 gr tepung
1/8 sdt esens lemon
1/8 sdt pewarna merah muda
75 gr buah stroberi untuk hiasan

cara membuat:
1) cake: kocok putih telur, garam, dan cream of tartar sampai setengah mengembang. tambahkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok sampai mengembang.
2) tambahkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata.
3) masukkan margarin leleh, esebs stroberi, dan pewarna merah muda sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
4) tuang di loyang tulban diameter 22cm tinggi 6cm yang dioles margarin dan ditabur tepung terigu tipis2 --> karena nggak punya loyang tulban, saya pake loyang bulat.
5) oven 25 menit dengan suhu 180 derajat celcius sampai matang.
6) glasur: kocok putih telur sampai setengah mengembang. masukkan gula tepung sedikit2 sambil dikocok sampai kental. tambahkan esens lemon dan pewarna merah muda. kocok rata.
7) oles di atas cake. hias dengan buah stroberi

sambil ngoven stroberi angel cake, saya nyiapin bahan untuk truffle cake.
kalo yang ini, emang udah lama diincer. cita2 banget deh kepingin bikin.
maklum, kalo nggak inget ukuran body, saya nih termasuk pemamah biak coklat :D
makanya, bwt saya, nggak ada kue coklat yang nggak enak, qeqeqeqeqeqe...

mari kita siapken bahan2nya...

"truffle cake" (resep dari buku cake cokelat populer-nya saji)

bahan cake:
100 gr margarin
100 gr gula pasir halus
3 butir telur
100 gr tepung terigu protein sedang
25 gr coklat bubuk
1 sdt baking powder
50 gr kacang tanah bubuk

bahan toping:
150 cucu cair
300 gr coklat masak pekat, dipotong2
50 gr margarin
100 gr kacang tanah kupas, disangrai, dicincang kasar

cara membuat:
1) cake: kocok margarin dan gula pasri halus sampai lembut. masukkan telur satu per satu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil diayak dan dikocok rata.
2) tambahkan sisa tepung terigu, coklat bubuk, baking powder, dan kacang tanah bubuk sambil diayak dan dikocok rata.
3) tuang di loyang bulat diameter 20cm dan tinggi 4 cm.
4) oven 25 menit dengan suhu 180 berajat celcius sampai matang.
5) ratakan permukaan cake-nya. masukkan dalam loyang diameter 20cm dan tinggi 7cm yang dialas kertas roti.
6) toping: panaskan susu cair. angkat. masukkan potongan coklat masak pekat. aduk sampai larut. tambahkan margarin. aduk rata. masukkan kacang tanah. aduk rata.
7) tuang ke atas cake. bekukan.

dan inilah hasilnya...

hahahaha, jauh banget dari penampilan versi orisinilnya kan?
yaaa... anggep aja deh, ini aliran custom (vw kali aahhhhh)
sebenernya saya udah 'nurut' ama buku resep, sampe instruksi terakhir: tuang toping dan bekukan.
cuma, gara2 iseng mo nambahin sisa whipped cream yang ada di kulkas. ealah, si whipped cream itu nggak mo kaku, malah mbleber kemana2 :(
buru2 saya masukin ke kulkas, tapi bentuk si whipped cream udah keburu nggak keruan. bete deh :(
makanya gara2 mo nimpa si whipped cream pake butter cream rasa coklat, eh malah keterusan ampe ke tengah. keenakan sih, hehehehe.
yang ada, lapisan coklat siramnya yang sebenernya bagus malah ketutup semua.
gak papa lah, kan udah dibilang. ini aliran custom, wkwkwkwkwkwk....

brubung punya banyak kuning telur (sisa dari bahan stroberi angel cake), mending dibikin blueberry cake aja deh.
selain saya doyan kue yang satu ini, Alhamdulillah sejak awal mbikin selalu sukses. ya lumayan bisa diandalkan lah :)

kali ini saya hias pake buttercream yang beli di toko ani kemarin.
cuma karena terlalu soft, saya campur lagi pake mentega putih. perbandingannya 2 banding 1 (200gr buttercream coklat siap pakai dikocok dengan 100gr mentega putih, supaya agak manis, saya tambah 75ml simpel sirup). resep dari mana yang saya pake ini? nggak dari mana2, alias ngarang aja sendiri, hehehehe...
biar nggak monoton, saya tambahin lagi butiran gula2 merah (ceileh, "gula2".... kaya lagunya elvi sukaesih aja sehhh... hehehehehe)


trus penampakan stroberi angel cake-nya mana?
nih dia....

brubung jadinya bantet *MANING SOOOOONNNN* (set daahhh!!!! ngapa sih ni kue stroberi ya?? musuhan amat ama gw deh....), jadinya itu kue saya potong tipis2.
tadinya sih mo iseng saya bungkus fondant buat bikin2 iseng, kok ngeliat anak2 malah kabita ama si bantet ini.
mungkin tergoda ama warna dan teksturnya yang mulus, anak2 malah ribut pengin nyoba. dan mereka sukaaaa banget.
Alhamdulillah, ada juga yang makan kuwe bantet ogud, hahahahahaha....

menurut saya sih, rasa dan teksturnya jadi mirip puding2an itu lho... padet, nggak berongga seperti cake biasa.
emang sih, kue stroberi yang keempat kali-nya saya bikin ini nggak bantet2 banget. nggak keras kaya batu (at least makin kesini makin berkurang bantetnya).
yang ini masih kenyal2 gitulah.
cuma kan kurang enak diliat. kaya kuntet alias bogel gitu lho (jangan2 nama aslinya memang stoberi "bogel" cake, cuma biar manis diplesetin jadi angel, hehehehehe).
ya, setidaknya kali ini udah lumayan rada bagusan lah bentuknya *ngibur diri sendiri*.
tapi masa sih, saya harus bikin ampe 100 kali untuk mendapatkan hasil sesuai ama yang seharusnya???
lha itu telor sampe 8 lho supaya bisa 300gr putih telor!
kalo tau bakal bantet kan mending gw dadar aja telornya pake cabe potong. makan ama nasi anget, udah pasti enak tuh!!! *dendam kesumat mode on*

oh ya, karena anak2 doyan ama kue stroberi (jahanam) ini, jadi kue stroberinya saya mutilasi potong2 dan dibentuk jadi mobil balap :)
nggak pake dihias, udah disamber ama anak2...

udah ah, mo bobo dulu. pegel juga nih bho, mbrantakin sampe nyuciin perabotan 3 kali.
what a day, 3 (cakes) in 1 (day)....

2 comments:

Bunda said...

jd mending beli jadi aja yaa buttercreamnya.. wkekekek..

si kepik said...

bener mak! rasanya dijamin enak pulak :)