Monday, October 19, 2009

berbagi anak

hari minggu adalah hari berbagi anak.
soalnya si mbak kan pulang ke rumahnya tiap holiday, jadi anak2 full sama saya dan bapak.
dan kalo kami berdua ada urusan keluar (yang bukan kerja), jadilah anak2 dibagi 2 :) seperti hari ini.
bapak ngajak sammy ke daerah pondok. sedangkan saya ngajak abang dan kakak ke kalibata.

ngeliat2 timbangan digital, kok harganya masih mahal ya? entar2an aja deh belinya. toh saya belum perlu yang digital, brubung nimbangnya cuma buat konsumsi sendiri.
jadi saya beli timbangan biasa, tapi lebih gede dari yang biasa saya pake di rumah.
hehehe, yang di rumah kan cuma bisa maksimal 2 kg. itu pun wadahnya kecil, jadi kalo nimbang terigu setengah kilo aja udah mo tumpah2... kesian kan? ;P

pas di bagian alat musik, si abang kalap liat banyak gitar digantungin. apalagi liat gitar listrik *ngacay abizz*
belakangan ini kan abang lagi minat banget pengin belajar gitaran. cuma sayangnya, kalo abis berantem sama sammy, sammy suka pelit nggak mau minjemin gitarnya (padahal sammy juga blom bisa main gitar, tapi cinta banget ama gitarnya yang saya beliin berapa taun lalu).

dan mulailah si abang mengeluarkan jurus "kasihanilah daku, bunda" yang maut itu.
qeqeqeqe, syapa yang gak luluh lantak coba? dengan ekspresi menyedihkan, menceritakan betapa sedihnya nggak dipinjemin gitar 'ma adiknya, ck ck ck... maut bener ya bang ;P

liat2 model gitar, sebetulnya ada 1 gitar junior yang menurut saya lumayan oke. cocok buat anak2. bodinya pas deh sama ukuran badan abang. cuma sayangnya, stangnya sudah nyaris kependekan buat abang. sayang juga kalo beli yang itu, pasti umurnya nggak lama. jadi cari aja gitar ukuran 'normal' tapi yang bodinya nggak kelewat gede. mereknya juga nggak usah cari yang 'beneran' alias y****a. kan lumayan juga kalo selisih harganya sampe 200 ribuan ...
lagian kan baru buat belajar, ntar dibeliin gitar bagus, trus bosen ato jebol kan sayang *lah, emang maininnya sambil dibantingin apa?*

dasar si abang, gak afdol kalo nggak usaha sampe mentok kali ye... tetep aja tuh ngelus2 gitar listrik. hahahaha, nggak bakal mempan bang :)
saya bilang, belajar aja gitaran ampe bener. ntar kalo udah jago, insya Allah bolehlah beli gitar listrik. soalnya kalo beli gitar listrik kan kudu beli sound systemnya juga. dan harganya nggak murah. sayang kalo maksa beli padahal belum gape gitarannya. (duh, abang ngiri aja denger cerita dari opa dan saya, bahwa jaman sma, pakde acho sempet dibeliin alat band kumplit, 1 set dram, 2 gitar listrik, 1 bass ples sound systemnya. walo bukan yang merek mehong, tapi lumayan buat latihan begonjrengan, daripada musti sewa studio buat latihan...)

kelar bayar gitar dan timbangan, kami mampir ngisi perut di mcd.
ngeliat abang nenteng dus gitarnya yang guede itu, saya jadi ngebayangin alm. mbah surip "tak gendong kemana-mana" style, hehehe :)

-di mcdonald kalibata, ngabisin mcflurry sambil ngistirahatin kaki-

kelar nyam nyam, opa berbaik hati ngejemput kita di kalibata, trus mampir ke cawang, kangen2an 'ma oma :)
di cawang, minta tolong pakde acho nyetemin gitar abang, trus sama si pakde, abang sempet diminta nunjukin seberapa banyak abang udah belajar gitar.
hehehe, saya nggak nyangka, ternyata abang udah lumayan apal beberapa kunci. malah sempet mainin intro laskar pelangi-nya nidji. waks, gak nyangka deh, sulungku udah guede :) *dasar emak kurang perhatian*
jadi keinget pakde acho jaman masih sekolah.
saya inget banget, dia dulu juga belajar alat musik di umur seperti abang. belajarnya juga otodidak. nggak pernah kursus, nggak pernah berguru khusus sama seseorang. modalnya cuman nekat dan buku 'lagu2'.
tapi pakde acho emang cukup gede talenta-nya. nggak pernah belajar secara khusus, tapi banyak juga alat musik yang dikuasain, mulai dari kastanyet (lah, penting tho disebut?) ampe gitar, bass, dram, piano, keyboard, apa lagi ya? nggak inget. yang saya tau pasti, dia kepingin banget belajar saxophone sama biola. tapi belom kesampean. secara jaman dulu beli alat musiknya (sax dan biola) tuh mahal ya bho'. gimana mo belajar kalo nggak punya alatnya :(

walo kadang galak ama keponakannya, keliatan pakde acho berbinar matanya liat abang 'ndemo' intro laskar pelangi. mungkin dipikirnya akhirnya ada juga generasi berikut yang minat ke musik, setelah opa (gitu2 dulu mantan pemain bas betot tuh, beneran lho.... malah sempet ikutan festival, tapi kalah, qeqeqeqeq), trus di generasi saya ada pakde acho yang sempet nge-band jaman sma (sempet sekolah 'nyambi' ngamen keliling jawa tengah, jadi anggota homeband salah satu produsen rokok. dulu kan di jawa tengah rame aja pementasan musik yang disponsorin produsen rokok), juga om endi yang sempet punya band dan main di cafe jaman dia sma (temen bandnya mah sekarang udah ngetop, sayang adik saya udah keburu cabut ke bali sebelum bandnya 'naik'), dan di generasi berikut ada abang yang mulai nunjukin minat serius ke musik *hope so*.

ya, mudah2an gak anget2 eo' ayam deh. apalagi kaya saya, hihihihihi, amit2 deh, jaman smp dulu opa sempet manggilin guru privat buat saya belajar electone, yang ada saya sering kabur ato pura2 sakit karena nggak mau belajar. makanya saya paling oon di urusan main musik. cuman tau dasar2 electone, sisanya ya saka aja (sakarepku, hehehehe).
kadang saya ngiri sama abang dan adik saya (juga ke si bapak) yang bisa aja nyari dan ndapetin kunci gitar, cuma modal denger lagunya doang.
lha saya? dodol abizzzz, hahahahahaha...
biarlah kesempatan main musik diberikan kepada mereka. saya mah cukup jadi penikmat sajah :) *apalagi sambil minum coklat anget, trus tidur2an* ...mmm....

dan ini penampilan perdana abang dengan gitar barunya. gaya dikit boleh dong, qeqeqeqe (foto diambil pake bb-nya pakde acho).

No comments: