Saturday, October 24, 2009

carrot cake for my dearest mom

siang tadi saya sendirian di rumah. 2 yang gede sekolah. si bungsu ikut babenya. simbak ijin keluar.
iseng, saya nyoba bikin carrot cake.
udah lama pengen nyoba. pengin tau, kaya apa sih rasanya kue wortel?
secara, dari kecil saya sadar banget bahwa saya butuh banyak mengkonsumsi wortel untuk mata saya yang cacat pabrik;P

ngambil resep dari buku 'bolu & cake populer'-nya siti fatimah (kriya pustaka), kue ini saya bikin khusus buat nyokap tercinta....

yang mo nyoba bikin juga, catet resepnya ya....

"carrot cake"

bahan:
175 gr tepung terigu + 1/2 sdt vanili --> campur, ayak
4 butir kuning telur
175 gr gula pasair (butir halus)
100 gr wortel, parut halus
200 gr mentega, kocok hingga lembut (brubung mentega tinggal dikit, jadi saya campur ama margarin)
4 putih telur, kocok hingga mengembang dan kaku

cara membuat:
1) oles loyang kotak diameter 20cm dengan margarin, taburi tepung --> saya pake loyang bulet
2) kocok kuning telur dan gula pasir hingga mengental dan putih. masukkan campuran tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. masukkan wortel dan mentega kocok, aduk rata. tuang putih telur kocok ke adonan.
3) tuang adonan ke loyang, panggang dalam oven yang sudah dipanaskan suhun 175 derajat celcius hingga matang (40 menit), angkat. setelah dingin, potong2.


*tiba2 kangen ama nyokap, hiks*
mudah2an oma suka kuenya ya....
i luv u mom :)

No comments: