Wednesday, September 9, 2009

ngabuburit style

banyak cara buat ngabuburit.

kalo saya, setelah sepanjang siang ngadem di kamar -secara di luar rumah hawa panasnya lagi lucu2nya-, sore setelah agak adem, saya coba bikin kapkek lagi. bener2 butuh keteguhan hati setelah peristiwa kapkek bantet yang terakhir, hehehehe...

bermodal buku resep "variasi cupcake"-nya sisca susanto, saya coba bikin kapkek ketan hitam. kan terakhir kali ngabuburit (alias istirahat makan siang) ke grand lucky, saya dan jeung lp sempet beli tepung ketan hitam.

resep cupcake ketan hitam sbb:

bahan I :
3 butir telur
125 gr gula pasir
1/2 sdt cake emulsifier (misal: sp, ovalet, tbm)

bahan II (ayak) :
75 gr tepung ketan putih
75 gr tepung ketan hitam
25 gr tepung terigu protein sedang (misal segitiga)

bahan III (campur dan tim) :
75 ml minyak goreng
50 ml santan kental matang
50 gr dark cooking chocolate

bahan IV:
butter cream secukupnya
gula warna-warni secukupnya, siap pakai
bunga icing sugar secukupnya, siap pakai

cara membuat :

1) kocok bahan I hingga mengembang dan mengental. masukkan bahan II sedikit demi sedikit sambil dikocok kecepatan rendah (speed 1) hingga tercampur rata. tuangkan bahan III, aduk perlahan dengan spatula hingga rata.
2) tuang adonan ke dalam cetakan muffin yang telah diberi paper cup hingga 3/4 penuh. lakukan hal yang sama hingga adonan habis.

3) panggang dalam oven dengan suhu 180 derajat celcius selama 15 menit hingga matang. angkat dan biarkan dingin.

4) semprotkan butter cream di atas permukaan cake. hias dengan gula warna-warni dan bunga icing sugar.

5) sajikan.

catetan:
karena saya bukan bakul kuwe, ada aja bahan yang gak punya. kali ini dark chocolate. jadi saya ganti pake cooking chocolate biasa. efeknya, kue saya jadi agak kemanisan. mustinya sih rasa manisnya pas kalo pake dark choc :)

trus, step 4 juga gak dijalanin, karena udah keburu males, jadi keluar dari oven langsung ke step 5, hehehehe...

sementara saya bikin cupcake ketan hitam, mas elang nunggu bedug maghrib dengan cara ini...

xixixixi, kesian banget sih anak tengahku ini. maxud hati mo ngabuburit sambil main game, yang ada malah nggak sadarkan diri di depan meja kompie. mungkin baru berasa cape dan ngantuk setelah mandi sepulang sekolah :)

oh ya, mohon mangap, kue yang udah jadi nggak sempet ke foto. batere kameranya abis, hehehehe...

sampe jumpa di resep berikut *halah*

2 comments:

de asmara said...

suatu hari nanti, semoga saya bisa mempraktekkan resep2nya Bunda... kalo skrg sih ga sempeeett... :P

btw, itu si kakak ga tega deh liatnya ketiduran dg posisi yg kaya gitu. gimana prosesnya ya? hihihi...

si kepik said...

hihihi, begitulah kalo punya bocah masih kecil. ntar kalo kalum udah gedean, ummi-nya bakal sibuk nyari kegiatan, hehehehe

anakku yang tengah ini, kalo udah capek, emang gampang banget tidurnya :D