Friday, September 25, 2009

it's baking time

yup, masih punya banyak bahan kue, secara di akhir ramadhan udah mulai males bikin2 kue. maklum, panas, lemes en.... malezz hehehehe.
mo bikin ini-itu, ya nggak ada yang dibikin. padahal udah sempet beli bahan2nya, ples sempet dikasih beberapa bahan 'ma tante lp (buat nastar), tapi ampe sekarang nastarnya teteup masih dalam khayalan, qeqeqeqe.

udah bosen mainan komputer, dan nggak kemana2 juga, ya dipaksain aja deh, nyicilin 'ngabisin' bahan kue :)

kali ini nyoba bikin blueberry cake. resepnya masih dari buku 'bolu & cake populer'-nya siti fatimah yang diterbitin kriya pustaka.

buat beginner dan boringer (maxudna: pembosan, qeqeqeqe) macem saya, buku resep ini lumayan gampang diikutin. jelas, lugas dan gampang (kayanya.... hehehe).
paling enggak udah sempet sukses bikin beberapa kue dengan panduan buku ini, misalnya cake kukus ketan hitam.

yang mo nyoba bikin juga, ini bahan2 yang diperlukan untuk membuat blueberry cake ini:
7 butir kuning telur
4 butir putih telur, kocok kaku
180 gr margarin
125 gr gula halus
150 gr tepung terigu + 20 gr tepung maizena + 20 gr susu bubuk --> campur, aduk rata, ayak

hiasan:
250 gr selai blueberry
butter cream secukupnya
cara membuat:

1) oles loyang bulat diameter 24cm dg margarin, taburi tepung terigu (--> saya pake 2 loyang persegi panjang yang biasa buat bikin brownies kukus).

2) kocok margarin dengan gula halus hingga mengembang dan putih. masukkan kuning telur satu persatu sambil terus dikocok hingga mengembang. sisihkan.

3) masukkan campuran tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan spatula hingga tercampur rata. lakukan hal yang sama untuk putih telur.

4) panggang dalam oven suhu 175 derajat celcius hingga matang. angkat, biarkan dingin. keluarkan dari loyang, belah dua.

5) oles permukaan cake dengan selai blueberry, ratakan dengan spatula. tutup atasnya dengan bagian cake kedua.

6) olesi pinggir cake dengan buttercream. hias pinggirnya dengan spuit berbentuk bunga. hias permukaan atas cake dengan selai blueberry. potong2, sajikan.

dan ini yang udah jadi....

brubung saya belum pernah main2 sama buttercream dan spuit (sumpe, ini baru pertama kalinya), maka saya bikin buttercream yang biasa aja. ntar kalo udah gape, bolehlah bikin buttercream yang spesial, qeqeqeqeqeqe...

2 comments:

de asmara said...

cake favorit akuuuuu!!! biasanya suka nodong suami buat beliin di Harvest, mantappp bangettss!! mbak jual hasil2 bikinan kuenya nggak sih??

btw, met idul fitri ya buat mbak sekeluarga :)

si kepik said...

hihihi, sama dong. justru karena doyan, pas ketemu resepnya nyoba2 bikin sendiri. dan hasilnya, emang endangggg *ya iyalah, kan tinggal nyontek*.
adduuuh, mana berani jualan. wong manggang kue aja males. ini sih lebih buat konsumsi keluarga aja. kalo anak2 doyan, saya udah seneng banget (baca: ngirit), qeqeqeqeqe
met idul fitri juga ya jeung :)