Tuesday, September 8, 2009

kue almond renyah

hari ini saya cuti. tadinya sih mo ke sekolah fiko. kan hari ini fiko ulang taun :)
tapi dasar saya, niat tinggal niat. yang ada, saya cuma ngedrop kukis hias ke bu guru untuk dibagikan ke teman2 dan guru2 tk fiko. dasar suka roni (robah niat) hehehehe

abis nganter fiko sekolah, saya dan sammy iseng jalan ke minisuper jatinegara. tadinya sih mo beli essens tales. pengin bikin kue tales. tapi ternyata nggak ada.
malah beli yang lain2 deh :)

pulang dari minisuper, sambil nunggu wulan -temen saya yang bikinin cupcake ulang taun buat fiko-, saya ngadon kue almond renyah, dibantuin sama mbak darti.
ini pesenannya abang nanda yang udah ribut melulu minta dibikinin kue (kering) almond.
mungkin karena ngerasain lidah kucingnya mas elang, abang jadi minta kuker almondnya yang kaya lidah kucing.

mau bikin juga? ini resepnya kue almond renyah...

bahan A:
125 gr mentega / margarin
75 gr gula halus
1/2 sdt almond (saya nggak pake, soalnya nggak punya...)
2 butir putih telur, kocok sampai berbusa
110 gr tepung terigu + 25 gr almond yang dihaluskan --> campur rata

bahan B:
2 butir putih telur + 25 gr gula halus + 2 sdt air jeruk --> campur, kocok sampai kaku

cara membuat:

1) untuk bahan A: kocok mentega dan gula halus sampai lembut dan putih. tambahkan putih telur dan esens almond, kocok sampai lembut lagi. masukkan terigu dan almond, aduk rata.

2) campur bahan A dan B yang sudah dikocok sampai kaku, lalu aduk sampai tercampur rata.

3) siapkan loyang untuk lidah kucing, olesi margarin. masukkan ke dalam kantung plastik (segitiga), semprotkan ke atas loyang.

4) panggang dalam oven sampai matang dengan api kecil selama kurang lebih 40 menit.
(untuk pake oven listrik, saya setel suhu kira2 80 derajat. saya panggang 20 menit dulu, kemudian tukar *loyang atas ke bawah dan sebaliknya* terus panggang lagi selama 10 menit. kalo masih kurang garing, taro aja loyangnya di atas oven, ntar juga garing kena efek panas atas oven, qeqeqeqeqe...)

resepnya saya ambil dari buku "kreasi kue kering"nya sufi sy terbitan gramedia.

No comments: