Sunday, September 6, 2009

lidah kucing coklat

sumpe, kalo bukan karena requestnya anakku yang tengah, males banget deh bikin lidah kucing.
bukan apa2, 1 resep, adonannya jadi banyak banget! jadi kudu bolak-balik mbakar ngabisin adonan. padahal tau sendiri, faktor utama saya males bikin kue, ya di-mbakar itu, qeqeqeqeqe...
belom lagi kalo sedang nggak puasa, tiap kelar mbakar, ada aja unyil2 yang bolak-balik nyomotin lidah kucing langsung dari loyangnya. mosok sih tiap baru keluar dari oven, loyangnya udah nyaris kosong. jadi kapan kelarnya (mbakar kue), coba? :(

tapi brubung lagi punya banyak putih telor, dan taun ini saya mensiunin oven tangkring, jadi oke ajalah mbikin lidah kucing. toh nggak perlu ditongkrongin, tinggal tunggu bunyi "ting!", baru tengok lagi ke belakang.
tapi sebetulnya sih nggak selalu bunyi "ting", soalnya brapa kali lari nengok oven karena bau gosong. hahahahahaha....

untuk bikin kue kali ini, kontribusi anak2 (abang nanda, mas elang dan kakak fiko) luar biasa besar.
tadi karena gula halusnya habis, ketiga anak saya ini rela lho, pergi ke pasar buat belanja. Subhanallah.
sebetulnya sih saya cuma minta tolong sama abang nanda untuk ke pasar. beli gula halus, jeruk nipis (buat persiapan kalo perlu bikin icing sugar) dan telor (yang di kulkas udah abis, buat bikin kue melulu, qeqeqeqe). ternyata di bungsu mau ikut. jadilah yang tengah juga ikut -kan lidah kucing ini request-nya dia :) - lumayan panas2an, jalan kaki ke pasar, pulangnya baru naik becak (abang nggak berani naik sepeda, karena takut telornya pecah).

pas nyiapin adonan, mas elang juga nawarin diri untuk mbantu. ya udah, saya mintain tolong buat mixer-in adonan, sementara saya nyiapin loyang dan oven :)

yang mau bikin lidah kucing coklat, ini resep yang saya ambil dari buku "kreasi kue kering" sufi s yahyono yang diterbitin gramedia. silahkan dicatet ya...

bahan:
225 gr mentega / margarin
50 gr gula halus
125 gr gula palem
4 butir putih telur, kocok hingga kental

campur dan ayak:
175 gr tepung terigu
25 gr tepung maizena
1 sdm coklat bubuk --> saya pake 2 sdm
1 sdm bumbu spekoek bubuk --> saya skip, karena nggak punya stok :)
1/2 sdt jahe bubuk --> saya skip juga, selain karena nggak ada stok, saya juga juga bukan ginger-lover (walo nggak anti, tapi kalo bisa di-skip, pasti saya skip, percayalah :) )

cara membuat:

1) kocok mentega, gula halus, dan gula palem sampai lembut.

2) campur adonan mentega dan putih telur yang sudah dikocok, lalu aduk sampai tercampur rata. masukkan campuran tepung terigu, aduk rata lagi sampai menjadi adonan yang lembut. masukkan adonan ke dalam kantung plastik segi tiga.

3) siapkan loyang khusus lidah kucing yang sudah diolesi margarin. kemudian semprot adonan diatas loyang dan panggang sampai matang selama kurang lebih 30 menit (saya manggang dengan suhu oven 150 derajat selama 15 menit, kemudian tukar posisi (atas pindah ke bawah dan sebaliknya), panggang lagi selama 5 menit dengan suhu yang sama)

4) sesudah matang dan didinginkan, bisa dihias dengan gula icing putih.

No comments: