Wednesday, April 1, 2009

simbak returns

horeee... akhirnya malem tadi (selasa malem) si mbak udah dateng lagi dari kampung, setelah sekitar 10 hari lalu pul-kam, dan sukses menjadikan saya upik (b)abu di rumah.

nggak ada alesan pasti, kenapa kemarin si mbak pengin mudik. barangkali karena sebelumnya si mbak sakit dan (barangkali) pengin deket ama keluarganya, atau (barangkali) karena nggak enak hati karena udah nyaris seminggu si mbak relatif nggak ngapa2in (saya minta si mbak istirahat aja di kamarnya, dan tugas rt saya ambil alih dengan dibantu abang).

berat hati juga saat -akhirnya- saya kasih ijin si mbak pulang kampung, waktu itu. bukan apa2, takut si mbak pingsan di jalanan...

walopun menurut hasil lab udah nggak ada apa2 yang harus dikhawatirkan, dan wajah si mbak keliatan udah segeran, tapi keliatan aja bahwa si mbak nih masih loyo dan belum bisa ngapa2in. kebukti karena si mbak masih belum ngerjain kerjaan rt (hihihi, jangan2 takut dikira mengkudeta saya, dengan mengambil-alih balik pekerjaannya).

tapi Alhamdulillah, semua berjalan baik dan benar selama si mbak pul-kam.
rutinitas pagi sebelum ngantor dan malam sesudah ngantor juga lancar aja, dan Alhamdulillah nggak bikin saya tepar, karena abang dan mas udah sangat2 bisa ngebantu.
selama nggak ada si mbak, pagi2 sebelum warga yang lain bangun, saya biasanya nyapu rumah, cuci piring, masak nasi, bikin sarapan abang & mas, nyiapin bekel makan siang saya, mandi, mbangunin dan nyiapin fiko (untuk sekolah atau ikut bapak ngedrop saya ke kantor). Alhamdulillah, setiap pagi juga nggak pernah telat. Paling telat sampe kantor jam setengah sembilan-an. Malah kadang jam 815, jadi masih sempet mampir ke bank sekiranya ada cek bapak yang kudu dicairin (kalo kudu ke bank, saya paling seneng pagi2, saat bank baru buka, jadi nggak ngantri dan gak perlu ngabur saat jam kerja).

malam hari sepulang kerja, habis makan malem (tepatnya: sweeping ngabisin makanan di meja makan...), saya nyuci baju ato (nyicil) nyetrika. Alhamdulillah, pekerjaan nyuci baju di malam hari bisa cepet selesai karena saya punya tim yang solid. mas elang yang mbantu nyuci, saya nge-hanger-in, dan abang yang ngejemurin :)
dan rutinitas malam ini udah selesai sekitar jam 8 ato 830 malem.
berikutnya: nemenin si mas ngerjain peer (kalo ada). dan berhubung abang nyaris nggak pernah ada peer, maka kegiatan abang setelah bantu2 njemurin: dapet giliran pertama fesbuk-ing, :)
setelah setengah jam, kalo si mas udah kelar ngerjain peer, maka mas ang dapet giliran kedua fesbuk-ing. saya dapet giliran terakhir dan paling lama :)
ya iya dong, soalnya fesbuk kan cuma sambilan, karena sebetulnya saya ngerjain kolase foto kerjaan bapak. Alhamdulillah, setoran album kolase -yang saya kerjain, dan- kudu disetor ke bapak untuk final touch (ceileee...) sebelum dicetak, juga nggak kesendat, sehingga nggak perlu kuatir setoran buat ngasepin dapur juga telat :)
Alhamdulillah lagi, fiko udah nggak terlalu rewel dan kudu ditemenin, jadi saat kita fesbuk-an biasanya fiko main sendiri ato kasih susu botolnya aja, ntar dia juga tidur deh :)
cuma waktu yang 10 hari ini bikin abang & si mas yang biasanya tidur di kamar sendiri jadi hijrah dan ngumpul semua di kamar depan... (gak papa lah, jadi yang berantakan kamar depan doang, hehe).
yang sempet bikin agak keteteran adalah jadwal fiko sekolah (biasa, bikin hectic pagi2...)
dan kalo pun di hari2 terakhir sempet agak keteteran, karena fiko sempet panas beberapa hari lantaran radang, batuk dan pilek. bener2 bikin keteteran karena fiko maunya ditemenin, mbikin bapak nggak bisa kerja di siang hari (terpaksa siang ikut main ato bobo ama fiko, baru malemnya ngebut kerja, kalo fiko udah diambil alih oleh mas-abang yang udah pulang sekolah, ato saya udah pulang kerja).
mbikin bapak juga nggak bisa kemana2 di siang hari, sehingga jadwal untuk masukin ato ngedrop hasil foto nggak bisa dikerjain selama seminggu terakhir ini.
gimana dong, mau ngajak fiko jalan agak jauhan kan nggak mungkin karena dia demam :(
bahkan untuk urusan nganter dan jemput saya ngantor juga nggak memungkinkan dilakukan.
Alhamdulillah-nya (again....), ada temen kantor yang rumahnya agak deket area saya tinggal dan udah beberapa kali nawarin bareng (kebetulan, dia juga ditebengin ama beberapa temen kantor setiap pagi dan sore).
sebelumnya sih saya jarang banget ikut nebeng di pagi hari. ya iyalah, secara ada suami yang masih sehat walafiat dan sanggup ngerjain, biarlah mengantar pagi menjadi haknya si bapak (ha? lebih tepat dibilang kerjaan kaleee). sementara sore hari, kalo nggak kepepet (karena hujan ato macet gila2an), kalo bapak nggak bisa ngejemput, biasanya saya ngangkot. pulangnya sih nggak susah2 amat kok. yang susah tuh emang pagi hari, naik angkot susah dan penuh, taksi susah, ojeg juga jarang yang mau karena kejauhan.
makanya selama fiko sakit, pertebengan ini sangat-sangat-sangat ngembantu saya. Alhamdulillah.

abang dan mas juga sangat kooperatif. urusan ngepel tiap hari, nyaris selalu dikerjain abang.
juga masak nasi di sore hari (saya kalo masak nasi dikit2, jadi kalo abis ya masak lagi, supaya nasinya baru terus) udah bisa dikerjain abang. bahkan kalo saya nggak sempet bikin sarapan, ato pas malem laper lagi, abang dengan senang hati (dan sedikit imbalan) akan mbikinin adik2nya mie rebus ato nggorengin nugget ato sosis. untung imbalannya nggak mahal2 amat, kasih tambahan waktu main komputer aja, abang udah seneng banget :)

urusan ngisi botol untuk kulkas, dikerjain si mas di pagi hari.
mungutin mainan dan mberesin tempat tidur juga mau mereka lalukan. what i have to do is: komando, hahaha....
kalo komando nggak mempan, maka saya akan mengeluarkan jurus pamungkas: konsen, fokus, pandangi sepenuh jiwa (pasang muka serius). kemudian keluarkan kata2 sakti: "emangnya kamu nggak kasian sama ibunya ya...." (lanjut dengan muka melas), hahahaha.....
Alhamdulillah, selama ini ampuh bin mujarab!

bahkan, beberapa hari lalu, saat saya ngerasa mo meriang -lantaran di kantor sibuk, di rumah jadi upik (b)abu dan masih dapet bonus 3 malem kurang tidur (paling cuma sempet tidur sejam-2 jam) karena fiko panas tinggi- abang berbaik hati mbikinin saya mie rebus dan teh manis anget malem2... terus masih ngebantuin mbersihin *sori* muntahan adiknya -karena ngeluarin slam-... hikz.. terharu nggak seh?

saya beryukur banget, Allah kasih kemudahan buat saya dan keluarga menjalani rutinitas ini. Subhanallah. di kantor sibuk, mbak nggak ada, fiko sakit, tiap wiken dan tanggal merah bapak ada kerjaan motret diluar, fiko sekolah... semua bisa dijalani dengan baik.
sempurna mungkin nggak, tapi semua bisa dijalani dan nyaris tanpa hambatan. dan terutama... kami semua enjoy ngejalaninnya :)
nggak ada sungut2 dari abang ato mas saat diminta melakukan tugasnya ato dimintai tolong.
nggak omelan2 dahsyat saya karena mereka nggak kooperatif.
even si bungsu juga sudah sangat membantu, karena udah bisa diajak komunikasi dan mau mengerti kalo kita nggak selalu bisa nemenin dia main (kecuali saat sakit kemarin). jadi, saat saya nyetrika, fiko akan mbawa mainannya, dan main deket saya. bahkan kalo mau nyusu, dia akan nggeret bantal dan guling, trus tiduran nyusu di lantai deket saya...

so... karena si mbak udah dateng, besok bisa bangun nggak usah terlalu pagi dong... hehehe ;P

2 comments:

Anonymous said...

kerjamasa yang indah, bunda:)

si kepik said...

hehe, memanfaatkan sdm yang ada, mbak fety :)