Wednesday, October 6, 2010

cake dua lapis

hari ini saya cuti. brubung bapak dan sammy demam.
blum tau penyebabnya apa, tapi mudah2an hanya karena idungnya mampet....

cuma yang agak merepotkan, nggak ada yang nemenin mereka di rumah -kalo saya masuk kerja-.
dan sepanjang hari ini, isinya saya cuman anter jemput fiko (yang biasanya jadi tugas sammy), nemenin sammy (istirahat di kamar tengah), ngasih obat penurun panas tiap 4 jam, dan sesekali nengok bapak yang tiduran di ruang tengah.

kata pakde sonny, bapak udah demam di studio sejak siang hari (kemarin). jadi seharian kemarin bapak tiduran aja.
untungnya punya tebengan yang baik hati dan tidak sombong ke arah pondok gede, jadi saya bisa langsung ke studio bapak sepulang kerja :)

untung nggak untung, waktu tutup studio, bapak bilang nggak kuat mbawa motor. jadi saya terpaksa ambil alih jadi supir motor. wuaaaah... deg2an abis. secara, saya gak punya sim.
kan selama ini saya gak pernah brani nunggang motor ke jalan gede. takut ama polisi, hehehe....

sekali2nya brani numpak motor lewat jalan gede cuman saat lebaran kemarin. cawang-kelapa dua, konvoy ama bapak yang numpak nouvo pakde acho.
hihihi... kan waktu itu emang udah planning mo nyoba naik motor ke rumah eyang. karena di hari lebaran, biasanya taxi maupun angkutan umum lainnya gak terjamin ketersediannya.

Alhamdulillah, itu jadi bekal nambah pede2an saat saya musti boncengin bapak pulang dari studio tadi malem.
cuma ya itu... tetep deg2an. walo rutenya Alhamdulillah hapal, tapi saya udah lama nggak nyetir kendaaran di malem hari. sejak dulu, jaman masih gadis dan nyetir mobil sendiri, saya rada kicer kalo musti nyetir malem2. matanya nggak kuat ngelawan lampu kendaraan dari arah berlawanan :(

sampe rumah, abang masih melek, dan ternyata sammy juga demam :'(
jadilah langsung ngurus elang. eh, nggak sangka, ternyata abang tergerak untung ngurusin bapaknya. nyuapin makan, trus ngerjain peer di sebelah bapaknya. critanya sambil nemenin bapak. duuuuuh Allah, terharu banged ngeliat si sulung yang bantu2 dan handle segala sesuatu yang nggak kepegang oleh saya. Subhanallah.

tapi hari ini, abang nggak bisa bantu banyak, karena pagi2 abang ada pelajaran berenang (dari sekolah), langsung lanjut ekskul basket. pulang ke rumah sebentar, langsung brangkat sekolah.

dan siang ini, habis ngedrop abang sekolah, iseng2 saya nyoba bikin cake 2 lapis dari buku resepnya saji. ternyata, emang enak bener lhooooo :)

ini dia penampakannya...
yang pingin nyicip, silahkan catet resepnya yaaaa.....

cake dua lapis (dari buku "serial cake dasar"-nya "saji")

bahan cake 1:
6 kuning telur
4 putih telur
100 gr gula pasir
1,5 sdt emulsifier (sp/tbm)
60 gr tepung terigu protein sedang
15 gr tepung maizena
10 gr susu bubuk
100 gr margarin
1 sdm susu kental manis putih
100 gr selai stroberi untuk olesan --> saya ganti pake selai blueberry

bahan cake 2:
6 kuning telur
4 putih telur
120 gr gula pasir
1,5 sdt emulsifier (sp/tbm)
50 gr tepung terigu protein sedang
20 gr bubuk coklat bubuk
10 gr susu bubuk
120 gr margarin
1 sdm susu kental manis putih
1 sdt coklat pasta

cara membuat:
1) cake 1: kocok margarin sampai putih. tambahkan skm. kocok rata. sisihkan
2) kocok telur, gula pasir, dan emulsifier sampai mengembang. tambahkan tepung terigu, tepung maizena, dan susu bubuk sambil diayak dan diaduk rata
3) tuang ke campuran margarin sedikit2 sambil diaduk perlahan
4) tuang di loyang 22x22 yang dioles margarin dan dilas kertas roti. oven 25 menik dengan suhu 190 derajat celsius --> saya pake loyang kotak 24 tinggi 4, jadi waktu ngovennya jadi 30 menit dengan suhu yang sama
5) cake 2: buat dengan cara yang sama dengan bahan cake 1
6) ambil selembar cake. oles dengan selai stroberi (--> saya pake selai blueberry). tutup dengan cake yang lain. padatkan.

note: karena saya gak punya loyang 22, dan pake loyang yg lebih besar (24), jadi cake saya hasilnya lebih tipis.

sudah dicatat? okey, slamat mencoba! :)

No comments: