Tuesday, March 10, 2009

idola cilik 2: menuju 3 besar --> result

akhirnya, setelah tragedi ketiduran pas pembagian rapor akhir idola cilik 2, hari ini saya berhasil browsing hasil 3 besar.
dari tulisan mas ini, akhirnya saya tau bahwa obiet yang harus tinggal kelas :(
*dan banyak banget yang protes lho*

kalo mo dikilas balik, obiet memang finalis yang paling stabil dalam setiap pentas idola cilik 2.
saya juga suka banget sama attitude obiet yang wah... (gimana ya, nggak bisa digambarin pake kata2, pokona oke banged deh...).
buat urusan perilaku, selain obiet, saya juga acung jempol buat rahmi (belakangan juga buat patton yang makin kesini makin bisa berbagi beban dan rasa dengan sesama finalis icil 2).

setuju ama para komentator, bahwa lagu apapun yang dibawain obiet, selalu enak dan indah didenger.
sayangnya, kompetisi dalam idola cilik 2 ini ditentukan oleh jumlah sms.
tapi apa mau dikata, perolehan sms ini emang relevan banget ama judul acarana: idola cilik. dan untuk jadi idola berarti kudu populer, dan itu dinilai dari jumlah sms dukungan yang diperoleh.

herannya, masih banyak aja penonton yang kecewa kalo jagoannya tinggal kelas karena perolehan smsnya sedikit. aneh. harusnya, kalo mo jagoannya terus melaju, ya kirim aja sms dukungan sebanyak-banyaknya (dengan resiko tagihan hape anda jebol). ya emang begitulah sistem/format acara beginian.

makanya, sampe 4 besar kemarin, saya sama sekali nggak kirim sms lagi (eh, sempet deng kirim 1 buat rahmi, hihihi, soale dia satu2na finalis cewek, dan sebage sesama cewek, saya harus berperan serta menyelamatkannya, hehehe).
saya pikir, ini udah top performer. semua sama bagusnya. jadi siapapun yang tinggal kelas, bukan karena jelek. sumpah! yang tinggal kelas, cuma karena "kurang populer" (alias kurang sms dukungan).

bukan karena saya kurang suka obiet, ato mengganggap obiet kurang bagus, jika saya terkesan biasa2 aja, atas tidak lolosnya obiet ke 3 besar. sekali lagi, ini karena saya sudah "mematikan rasa" jadi sapa yang berhenti, dan siapapun yang melaju, saya nggak kecewa ato gembira gila2an.

jujur, kalo ngeliat 4 finalis kemarin, secara pribadi, saya melihat debo yang paling kurang maksimal (hingga saya pikir, debo-lah yang bakal tinggal kelas). beda sama rahmi, obiet dan patton yang udah sangat stabil dan kuat penampilannya.
keliatan juga saat kolaborasi duet di hari sabtu. debo sering "tenggelam" dibanding teman duetnya.
beda banget sama penampilan rahmi & obiet saat mbawain lagu kasih putih. luar biasa! dahsyat!
powernya sama kuat, pemecahan suaranya jelas. gokil abis deh!
gitu juga saat patton & rahmi mbawain lagi mengejar matahari, dan obiet-patton mbawain lagu kasih tak sampai (pas ada background gambar sayap dibelakang obiet & patton, saya suka deh, simpel - tapi keren).

sebetulnya dari semua finalis icil 2, obiet termasuk yang kemampuannya paling komplit. kemampuan oke, tehnik vokal mantep, performance bagus, suara ya pasti bagus, mental juara juga punya.
sayangnya (sekali lagi) jumlah sms adalah hal yang paling berperan dalam kompetisi ini.
tapi yakin deh, walo nggak juara 1, bukan berarti obiet bakal nggak eksis.
hehe, liat aja, kayanya sekarang ini dirly lebih banyak beredar daripada ikhsan kan (padalah indo idolnya kan ikhsan ya?)
saya ampe takjub waktu liat dirly punya klip sendiri, nyanyi lagunya yovie (duet ama gea), syuting lokasinya di luar negeri pulak (kalo nggak salah hong kong). judulnya apa ya? lupa deh. tapi yang terbersit di pikiran saya waktu itu adalah: gila! yovie ngasih lagu buat dirly, lho... trus ikhsannya kemana ya?
secara saya bukan fansnya dirly, gea atopun ikhsan (ato indo idol siapapun), yang saya pikirkan waktu itu adalah soal eksistensi seorang jawara indonesian idol, ternyata nggak ngaruh banyak buat karirnya di masa mendatang...

sementara, patton yang kecil-lucu-imut itu, luar biasa tehnik menyanyinya. range vokalnya juga lebar. power juga lumayan. tehnik falset, dapet. trus kalo suruh nyanyi gaya r&b, walah... bisa pingsan kita ndengernya. gaya panggungnya juga asik (lebih cocok dibilang ngegemesin kali ya...)
sayang, kadang saya ngeliat, mental patton nggak sekeras finalis lain (rahmi, obiet, debo & cakka -yang udah keluar duluan-).
kadang, keliatan patton udah kalah mental duluan. ngerti sih bahwa patton nih masih kecil banget. mungkin walo sambil bermain, kompetisi ini terasa berat buat anak kecil seusia patton.
apalagi setelah beberapa kali dapet rapor merah. wah.... (kadang saya kasian ngeliat mukanya yang lucu itu terlihat cemas...)
hebatnya, tiap hari minggu, saat harus tampil ulang untuk memperbaiki rapor bayangan, patton malah tampil habis2an. lepas. kaya disuntik energi baru....
kemajuan yang saya liat di pentas 4 besar kemarin, patton udah nggak keliatan secemas di pentas2 yang lalu. mudah2an mental juaranya patton udah kebentuk. jadi kalah ato terus, patton tetap punya mental dan semangat baja macam rahmi, cakka & obiet (mereka top untuk urusan mental macem gini).

rahmi juga stabil dan makin hari makin bagus. penampilannya di tiap pentas total banget.
nyanyi nggak pernah lepas nada. power kuat. nada tinggi dapet, nada rendah juga pas (beda ama debo yang top di nada tinggi -plus vibra suaranya yang dahsyat- tapi keteteran di nada rendah). tehnik vokalnya juga bolehlah (walo kalo bicara soal selera, saya lebih 'klik' ama model nyanyi-nya patton ato jenis vibra suaranya debo).
kekurangan rahmi cuma satu: kadang suka lupa senyum. terlalu serius di panggung :)
oh ya, yang saya kasih 10 jempol buat rahmi adalah semangat dan perilakunya. rahmi nih nggak pernah gentar walo berapa kali divonis ada di posisi 2 terbawah. selalu tenang, dan hebatnya menularkan ketenangannya kepada kawan senasib, sehingga sang kawan jadi ikut tenang menghadapi detik2 penentuan (di rapor akhir).
mungkin ini semangat ala wanita aceh seperti yang dipunyai cut nyak dien :)
bravo rahmi!

trus, gimana dengan debo?
ah... nggak usah banyak dibahas. denger aja dia menyanyi.
kalo dapet lagu yang pas dan sesuai ama karakter suaranya, tanpa ngeliat dia di pentas, suaranya bakal ngiris2 perasaan yang denger. dalem banget penjiwaannya kalo nyanyi, bhok!
kekurangnnya ya itu, dia kurang maksimal. walo progresnya udah banyak (dibanding awal masuk icil 2), tapi debo tetep harus banyak latihan vokal. terutama di nada rendah. kadang nadanya nggak pas (kalo kata tante trie utami: pitch control, please...)
trus, debo juga harus banyak latihan napas. seringkali, di saat nyanyi, napasnya keteteran. beda ama 3 finalis lain. mungkin ini efek nyanyi dengan pendalaman gila2an ya? :)

jadi kita liat minggu depan, sapa yang bakal masuk grand final?
yang jelas buat saya sama aja, karena di 4 besar ini, semua sama bagusnya. dan semua kembali ke... sms anda.....

No comments: