Friday, August 28, 2009

belajar moto

gara2 jeung lp ngebekelin kukis kornetnya buat difoto, semalem saya jadi iseng nyoba motret pake mini studio ala kadarnya. cuma bermodalkan karton manila selembar, ples peralatan seadanya. ternyata asik juga, dan hasilnya lumayan juga kan?

biasanya saya selalu motret di lantai, dengan background dan alas seadanya (taplak meja, kain, kertas kado, dsb). lighting-nya pun cuma ngandelin flash yang dibouncing, ato kadang pake sinar matahari langsung (kalo motretnya sore kaya yang ini)

semalem, saya nyoba bikin table top sendiri.
ya iyalah, brubung kalo beli yang beneran harganya wow100x alias mehong, padahal cuman buat motret iseng :)
modalnya ya itu tadi, karton manila seharga 3000perak.
perabotan lainnya: meja lipet-nya fiko dan 2 lampu meja/belajar (punya abang nanda dan lampu baca saya). sebagai tudung tambahan si lampu, (untuk reflektor) saya bikin dari map bekas yang dilapisi alumunium foil.
lensa pun standard, pake yang lensa kitnya d40. tanpa tripod (males ngeluarinnya).
untuk motret kali ini, satu lampu saya pasang di kanan atas obyek, dan satu lagi di samping kiri.
dua2nya nggak dipasangin tabir (softbox), karena lampunya juga nggak terang2 amat.
untuk ngisi dari depan, saya pake flash yang langsung (nggak dibouncing).
cuma dasar saya males, kan seharusnya lampu untuk lighting tuh jenisnya sama. kalo pake bohlam ya dua2nya kudu bohlam. gitu juga kalo pake neon, dua2nya harus neon.
dan si pemalas ini cuek aja pake lampu belang, satu bohlam dan satunya lagi neon :) wkwkwkwk
jadi hasilnya ya gini....
keliatan nggak, yang dari arah kanan agak kuning, sementara yang dari kiri lebih biru?
ya inilah kerennya saya, sering ngasal, bener2 pake yang ada, hehehehe...
(beda banget ama si bapak yang perfekto, smua harus bener2 disiapin)

tapi, nggak jelek2 amat kan? *hidupmales*

No comments: