Tuesday, March 8, 2011

favorite tips

kalo nggak mikirin betapa males dan ribednya mencuci peralatan (bekas) ndekor dengan buttercream, mainan piping bag dengan aneka tip alias spuit ini menyenangkan lho :)
malah sebetulnya lebih asik dan simple daripada ngedekor kue dengan fondan (yang butuh tools dan space kerja lumayan banyak).

selain relatif lebih murah (dibanding dengan tools-nya fondan), spuit juga lebih gampang dicari di pasar tradisional. beda sama tools fondan/coklat modelling yang harus dibeli di tbk gede.

tapi memang, kalo mau hasil dekor buttercream-nya yang lebih rapi, sebaiknya gunakan spuit yang bagusan (bukan spuit buatan lokal).
bukan karena mau merendahkan buatan lokal, tapi karena spuit buatan lokal yang biasa dijual di pasar tradisional kebanyakan buatan tangan/handmade (bukan cetakan mesin). sehingga, hasilnya cenderung kurang rapi dan halus dibanding jika kita menggunakan spuit yang bagusan.

ada beberapa merk spuit yang menjadi favorit saya.
yang standar, pastilah merek ini...

kalo spuit wilton buatan korea, ada juga spuit buatan china favorit saya. mereknya san neng.

nggak seperti wilton yang ada distributornya di jakarta, san neng ini saya dapatkan secara sporadis. maxutna, nggak dibeli di satu toko khusus.
saya nggak terlalu inget, dimana saya beli spuit san neng saya yang pertama. pokoknya di salah satu supermarket besar.
dan yang kedua, saya beli di grand lucky.
walau materi dan bentukna nggak terlalu jauh dari wilton (ini kata saya lho), harga san neng jauh lebih 'bersahabat' daripada wilton :)

contohnya 1 set spuit di atas. berisi 12 spuit, sudah termasuk box plastiknya, hanya dibandrol Rp49.500. nggak mahal kan? :)

1 comment:

marnisetia said...

Salam kenal mbak. Boleh tau merek wilton yg paling atas buatan mana n dimana belinya?