Monday, February 8, 2010

ma wiken

aloww ma-frendo....
bagemana wikennya? menyenangkan nggak?
yang jelas mah, ujan terusssss di tempat sayah :)

wiken ini, saya sibuk bener deh.
sampe2 banyak rencara ini-itu yang nggak bisa terlaksana. missed.
namanya juga manusia, boleh bikin rencana sebanyak-banyaknya ato seheboh-hebohnya, tapi teuteup pelaksanaannya mengikuti takdir yang ditetapkan Allah :)

yang nggak terlaksana:

-nggak jadi manggil petugas telkom. mungkin gara2 ujan bergeledek minggu2 lalu, fixed line di rumah saya koit. itu juga ketauannya gara2 mo fax sesuatu buat abang di rumah. lhaaaa... kok kata abang nggak ada nada sambungnya. padahal kalo dihubungi dari luar, nadanya masuk (tapi nggak ada yang angkat).
rada sebel juga kalo sampe lama itu fax gak bisa dipake. secara fixed line itu cuma dipake buat nerima fax (kan kalo buwat telpon2an, kami pasang w****e ato bisa ke f***i-nya abang).

nggak rela gitu lho kalo bayar telpon telkom yang sebulannya nyaris 50ribu for nothing ... *emang dasar medit, hehehe*

- bikin kuweh yang saya janjiin mo dibawa hari senin.
maap ya mbakyu-ku sing ayu dhewe... insya Allah, kalo waktu, kesempatan dan energi memungkinkan, lwangsung kupenuhi janjiku padamu, wokey? ^.^

yang (Alhamdulillah) terlaksana:
- ngambil margarin di tbk pasar mester yang ketinggalan minggu lalu (udah masuk bon dan dibayar, tapi ternyata blum dimasukkin ke kantong plastik sama mas2 pentok-nya)
- (finally) nyelesein buku "negeri 5 menara" pinjeman dari dayat.
- sempet belanja rutin ke swalayan. ngisi stok yang mulai tiris.
- Alhamdulillah, setrikaan kelar juga jam 1130 tadi malem. cuma nyisa dikiiiiit karena belum kering bener.

trus? udah. nggak ada lagi, hihihihi...

ini semua lantaran hari sabtu pagi, mendadak opa nelepon dan minta saya nemenin oma.
kan udah sejak hari rabu, si-mbak yang di rumah oma pul-kam, dan ndilalah, tetangga yang biasa dimintain tolong nemenin oma juga ada keperluan di sekolah anaknya.

sebenernya sih nggak bakalan ribed seandainya opa nggak minta saya dateng pagi2. at least sampe abang & mas brangkat sekolah.
soalnya wiken di rumah saya kan merupakan hari 'cuci-serika', yang mana selalu ber-gunung2 bertumpuk dan kudu dikerjain pagi2, atau... rutinitas kehidupan kami bakal kacau balau selama seminggu berikutnya.

walhasil, sabtu pagi, saya udah mulai berkegiatan sejak fajar bwt nyuci baju, menjajah dapur, nyapu dsb dst, supaya -maxud saya nih ya- kalo pulang dari rumah oma, kerjaan rumah udah beres dan cucian pagi udah kering, dan siap disterika. pinter toh?!
anak2 juga udah di-wanti2 supaya bangun pagi, bawa seragam dan buku ke rumah oma. jadi sekolahnya brangkat dari rumah oma.

tapi rencana bahwa saya cuma ngisi shift pagi sampe siang di cawang, ternyata tinggal rencana.

opa yang bilangnya cuma perlu pergi nengok kerjaannya sebentar, ternyata harus balik lagi, karena ada yang harus dikerjain di halim.
janjinya sih jam 3 sore udah kelar.
okelah kata saya. tapi janji langsung balik ya... soalnya kasian abang-mas kalo pulang ke rumah tapi saya blum balik. blum lagi banyak cucian pagi yang kudu saya setrikain. pluuusss, ada arisan emak2 komplek di rumah tetangga.

ternyata ... opa lamaaaaa banget baliknya. saya tunggu sampe jam 4 kok blum nongol2 juga.
dan kerennya lagi, tiba2 langit gelap dannn.... hujan guede banged!
huhuhu... keren banged deh ya :( *langsung strezz mikirin jemuran di rumah*
walopun cucian pagi udah dijemur dibawah atap fiber depan gudang, dengan kondisi hujan angin macem gitu, udah pasti basah semua kena tampias :(

jam 5-an baru opa nyampe. dan saya kebirit-birit pulang naik angkot berdua fiko. sambung naik ojek sampe komplek. bang ojek bilang, by pass (kebon nanas) udah banjir sedengkul saking gedenya ujan.
oh noo.... gimana abang & si mas pulang sekolah ya? mudah2an nggak basah kuyub :'( -kan jam pulangnya pas banged saat ujan guede mendadak tiba2 ituh-

sampe komplek, langsung ke tempat arisan -yang ternyata udah dikocok-.
bas-bis-bus bentar, langsung cabut, pulang.

minggunya, orang serumah bawaannya pada malezzzz smuah. pagi gak ada yang bergerak buat beberes ngerjain kerjaan rumah.
mungkin ngeliat saya letoy, bapak kesian ama saya. jadi dia ngeluarin dan ngejemur bantal2 yang udah mulai lembab -gara2 hujan melulu-. padahal, sabtu malem, bapak juga pulang nyaris tengah malem, karena ada kerjaan motret.
ngeliat bapak, saya jadi kesetrum dan (rada) bersemangat. bergerak ke dapur buat bikin sarapan. abang juga ngerjain tugasnya ngepel rumah. si mas, yang bangun lebih pagi, malah lebih banyak ngerjain tugasnya. dari njemurin buku2 dan tasnya yang lepek kehujanan, ngisi botol & masukin ke kulkas, mbuang sampah, sampe ngisi air mesin cuci.
begitu kelar di dapur, saya langsung ngambil alih mesin cuci dan si mas bisa nonton tv.
eh, blum habis smua cucian (termasuk seragam pramuka abang & mas yang basah kuyup), lah kok pengeringnya nggak mau muter. dicoba berkali2, tetep diem aja. akhirnya, terpaksa cuciannya diperes manual trus dijemurin tanpa pengering :(
hwaaaaa..... entah karena minggu kemarin saya capek banget, ato karena menjelang periode bulanan... mendadak saya brasa mo mledug :'(

dan, saya tinggalin mesin cuci beserta cuciannya yang masih sedikit tersisa, trus masuk kamar. selonjoran. tiba2 saya merasa lelah fisik dan mental. smangat dan energi saya menguap entah kemana :'(
abang, yang ngeliat "something wrong with me", nyusul dan nanya, "kamu kenapa bun?"
hwaaaa..... tangis saya pun meledak. "aku cape bang, nggak punya tenaga lagi buat nerusin cucian."
si abang bilang, "ya udah, aku bantuin deh. ayo bun...."
"nggak bang, aku cape banget. udah biarin aja, nggak usah diterusin. aku mo istirahat dulu..."
ngeliat saya yang 'aneh', abang ngajak si mas nyelesein cucian yang tersisa.
duh.... anak2ku memang anak2 yang baik. Alhamdulillah.

saya sempet telpon opa dan laporan bahwa pengering mesin cuci saya rusak.
biasa lah, kalo babeh udah meriksa tapi mentok, sapa lagi kalo bukan opa yang jadi mcgyver kami :)
opa bilang, bawa aja mesin cucinya ke cawang, karena opa nggak bisa kemana2.
nggak ada yang nemenin oma karena pakde acho lagi ke bali.

setelah itu, kembali saya selonjoran, sampe ketiduran....
hehehe, gila ya.... masa' sih gara2 pengering mesin cuci rusak, saya ampe nangis.
hihihi, sejarah banged nih!

siang2, bapak ngebangunin saya. katanya, mesin cuci udah dinaikin ke mobil (mo dibawa ke cawang).
dan rombongan lenong siap berangkat ke cawang (maning)....

sempet dibongkar sama opa dan bapak di cawang, ternyata motor pengeringnya memang rusak, jadi harus beli baru dan langsung pasang aja di tukang servis mesin cuci.

sementara bapak & opa ke tukang servis, abang & mas main ke warnet, saya & fiko nemenin oma. sambil nonton idola cilik, seperti hari sabtunya, saya iseng nyetak2in coklat.
sengaja mbawa bahan2 dan beberapa cetakan coklat dari rumah. abis, mo bawa oven kan nggak mungkin, hehehehehe....

Alhamdulillah, jam 5-an mesin cucinya kelar. tapi bapak nggak bisa nganterin pulang, karena udah ada yang nunggu di studio untuk difoto. jadi bapak ngebut ke studio naik motor.

sesudah abang & mas balik dari warnet, anak2 langsung ikut opa (dan mesin cuci) pulang duluan. saya? ya tinggal dulu-lah di cawang. untuk nemenin oma sampe opa balik.
soalnya, semenjak jatuh yang terakhir kali, oma udah nggak kuat jalan lama2.
kemana2 oma harus pake kursi roda. dan kalo mo pipis, oma harus dibantu ke kamar mandi. makanya, yang nungguin oma, juga kudu orang 'deket'. kalo nggak si-mbak, opa, kami (anak2nya: saya, acho, enddie ato nte betty -istri om enddie-), ya palingan tetangga yang biasa dimintain tolong.
selain dari itu, bisa2 oma nggak mau ke kamar mandi. ditahaaaaaan trus sampe salah satu dari kami ada. kesian kan?
sebenernya sih sama abang nanda oma juga mau, tapi abang belum cukup kuat kalo harus mapah oma. makanya cepet besar ya bang, supaya kuat njagain oma juga :)

nunggu opa balik ngedrop anak2 dan mesin cuci, baru saya juga pulang -naik ojeg-.
sampe rumah, cuma mandiin fiko (yang nggak sempet mandi di cawang), trus naik bajaj ke hero cipinang buat belanja bulanan.
jam 9 kurang kelar, langsung balik -naik bajaj maning-.

karena di perjalanan pulang ujan udah mulai rintik2 lagi, sampe rumah saya langsung kabur ke belakang. masukin jemuran ke dalem rumah. takut basah kena tampias lagi kaya hari sabtu kemarin *trauma*.
pakde joy, bude wanti dan kiki yang lain main sama mas elang aja, terpaksa saya cuekin. hihihi, maap yaaaa....

sepulangnya pakde joy & rombongan (yang emang cuma mampir sebentar), saya langsung bongkar blanjaan -dibantu abang & mas-, trus lanjut... nyetrika.
yap. betul sekali, ibu2 dan bapak2. yang saya setrika adalah cucian hari kamis, sabtu & minggu. banyak? ya iyalah. kelarnya aja jam 1130 malem, hehehehehe.... upik (b)abu beneran nggak sih???

dan sebage penutup cerita panjang yang nggak penting ini, saya tampilkan satu dari beberapa coklat yang saya bikin di rumah oma.
difoto seadanya pake hape, karena yang di d200 bapak lupa dicopy ke flashdisk.
yah... mendingan deh, daripada pusying liat text melulu dari tadi ^.^

2 comments:

Unknown said...

sumpeh deh bacanya ikut capek... :)

si kepik said...

...asik ada temen yang ikutan "capek"...
gyahahahahaha :D