Thursday, November 11, 2010

books

saya suka banged sama buku.
dari yang model komik, banyak ilustrasinya, sampe yang isinya teks smua :)
topiknya juga bisa macem2. tergantung minat dan kepinginan -pada saat mbeli buku-.
tapi yang pasti, saya suka buku bagus.
bukan cuma isinya, tapi juga lay out dan jenis kertasnya.

makanya, walo ada buku yang isinya bagus, tapi kalo penampilannya nggak enak diliat, itu buku belum tentu saya baca.
gitu juga kalo ketemu buku yang penampakannya cantik, tapi isinya 'kosong', ya bye-bye ke laut aje deh... ;P

belakangan ini, sejalan dengan minat ngedekor kuweh yang lagi tinggi, nggak heran kalo buku2 yang dibeli belakangan kebanyakan adalah buku2 jenis ini.

belinya juga nggak khusus di toko buku tertentu. saya sih belinya dimana aja, bisa di times ato aksara (kalo iseng jalan ke pp abis makan siang), bisa di gramedia (plangi, matraman, pondok gede, pejaten village), bisa di tbk (kalo pas blanja di ani), ato bisa juga beli lewat online store seperti buku ini dan ini...

harga juga nggak bisa jadi patokan sebelum saya mutusin untuk beli buku. soalnya banyak juga buku yang bagus (isi dan lay out-nya) walopun harganya murah. dan nggak sedikit buku mahal, tapi isinya nggak sesuai ama harganya. makanya blum tentu buku yang harganya mahal adalah buku yang bagus (kata saya lhoooo, hehehe).

dan satu lagi, jangan berpatokan bahwa buku impor pasti lebih mahal dari buku (terbitan) lokal.
ada juga lho, buku impor yang bagus dan harganya nggak mahal -walo nggak gampang nyarinya-.
dan bisa jadi bahan pertimbangan, kadang, buku impor yang isi, kualitas kertas, lay out dan ilustrasinya bagus, selisih harga dengan buku lokal nggak terpaut jauh.

iseng, tadi pagi saya foto sebagian buku2 dekor kuweh yang saat ini masih jadi favorit saya dan anak2.
iya lho, di rumah, yang seneng buka2 buku beginian bukan cuma saya, tapi juga sammy dan fiko. mereka sih bukan tertarik sama resepnya, tapi sama penampakan dekor kuwehnya yang memang bikin ngiler, hehehe....

nggak semuanya buku saya adalah buku impor. saya juga punya beberapa buku terbitan lokal yang memang bagus buat tambahan referensi dan cuci2 mata :)
kok cuma dikit? ya emang gitu.... walo banyak juga buku2 sejenis, tapi nggak semuanya cukup bagus buat dibeli. kalo bukan karena isinya kurang 'grengggg' ya karena kualitas bukunya nggak sedap dilihat, hehehehe....

kalo buku resep (terbitan lokal), pilihannya bisa lebih banyak ketimbang buku dekor (kuweh), tapi brubung isinya mirip2 satu sama lain, ya saya beli yang dasar2 aja, dan yang penting bisa kepake (daripada resepnya terlalu canggih, malah nggak bisa bikinnya, hahahaha...)


dan ini contoh beberapa buku yang harganya murah, tapi bagus dan bermanfaat.
bagus isinya, bagus pula penampilannya :)
selain buku calistung ini, buku2 dibawah ini termasuk favorit fiko (dan saya) :)
2 buku diatas ini nggak mahal lho harganya. mungkin hoki2an juga, pas saya beli, pas kena pajak masuknya nggak mahal. soalnya, bukunya noga hitron itu saya beli di toko buku times dengan harga 'bersahabat' (tambahan lagi, saya dapet diskon karena pake times privilege card). padahal, saya liat, banyak juga yang jual buku ini, tapi harganya jauh lebih mahal :(

sedangkan buku quick n easy kids cake itu saya dapet di gramedia pejaten village. harganya juga cuma seratus ribu lebih dikiiiiiiit. jadi termasuk murah kalo dibanding sama mutu dan isinya. hihihi.... senangnya....

tapi lucu juga ya, dari 4 toko buku gramedia yang sering saya sambangin, buku ini cuma ada di (gramedia) pejaten village. hehehe, untung, pas balik lagi ke sana, buku ini masih ada sisa stok 1 biji. yang terakhir....hufffh.... *batal jadi arwah gentayangan karena gak penasaran lagi, hehehe*

omong2 soal buku murah, 2 buku dibawah ini juga saya beli di gramedia dengan harga dibawah cepekceng per buku. murahlah, secara buku sejenis yang terbitan lokal banyak yang udah deket2 ke harga seratus ribu per buku...


malah, saya pernah beli buku 'cakes' terbitan page one yang harganya hanya sekitar 35ribuan. hehehe, nggak semua buku impor yang bagus harganya mahal tho?

No comments: