Wednesday, June 26, 2013

siswa smp & smk baru :)



setelah 3 hari 3 malem galau tingkat dewa, Alhamdulillah, sore ini sudah keluar kepastian penerimaan siswa baru tahun ajaran 2013/2014.

sammy akhirnya terkunci di urutan 35 di smp pilihan ketiga. wedeeeeh... ternyata, nilai ujian rata2 8.550 masih belum cukup aman buat dapet sekolah negeri di tahap 1. taun ini seleksinya gila2an!
silahkan liat statistik penerimaan siswa smp tahap 1 di taun ajaran ini. hanya beberapa sekolah (dari  287 smp di jakarta) yang menerima siswa dengan nilai ujian rerata 7koma. nyaris seluruhnya didominasi oleh nilai 9 dan 8. bahkan ada beberapa smp yang nilai terendah (siswa yang diterima)-nya 9 koma sekian!
wedeh... pada makan apaan sih itu anak2 ya... pinter2 bangets....
Alhamdulillah, walo senewen, tapi strategi pemilihan smp yang dituju cukup tepat. ketiganya sama bagus, tapi kebetulan smp yang terdekat -whichis smpnya abang- ternyata termasuk yang banyak diminati, jadi persaingannya luar biasa.
yang menyebalkan adalah, sistem ppdb taun ini: di tahap 1 jalur umum, hanya 50% kursi yang dibuka untuk diperebutkan oleh siswa lulusan sd se dki. udah pasti dong, yang nilai ujiannya kurang dari 7,5 dipastikan nggak diterima pada tahap ini. walopun nantinya akan ada tahap 1 jalur lokal, dimana akan dibuka lagi 45% sisa kursi dari daya tampung tiap sekolah, tapi kan jadi bikin senewen.

misalnya nih ya, seandainya kuota penerimaan dibuka full di tahap sekarang (sperti jamannya abang), saya yakin sammy bisa masuk di smp deket rumah.... ya walo gak pinter pol2an, insya Allah sammy masih masuk di antara urutan 108-207... secara tahap ini smp itu cuma buka 107 kursi dari daya tampung 207 kursi *grrrhhhh

karena walopun dibebaskan pilihannya (gak harus di zona/rayon) saya pasti milihin sekolah yang terdekat/terjangkau dengan mudah dari rumah. nggak kepingin juga kok nyekolahin anak di sekolah yang bagus tapi jauh dari rumah. kesian kan tiap pagi mereka harus berangkat pagi2 sekali, bermacet2. bisa2 sampe disekolah udah keburu lelah..... jadi nyebelin aja ngerasa 'dituduh' milih sekolah yang gak deket dari rumah... isssh....

walo sebel, saya berusaha ngeliat segi positifnya. mungkin pemerintah punya tujuan supaya siswa yang nilai ujiannya tinggi juga tersebar di semua sekolah, bukan ngumpul di 1 sekolah (favorit) aja. nanti sisanya (yang nilai ujiannya nggak lolos seleksi di tahap 1 jalur umum), bisa tersebar juga di dalam zonanya. nggak ngumpul di satu sekolah (yang khawatir dianggap sekolah 'buangan' karena nilai masuk seleksinya rendah...)

gak papa sekolahnya gak terlalu deket dari rumah ya mas..... gak bisa jalan kaki. eh, bisa sih, tapi capek... hehehehe..... insya Allah naik angkotnya gampang kok, palingan sekitar 15menit dari rumah.
pesen bunda, kalo udah mulai sekolah disitu, nggak usah terpengaruh temen2 yang pengin kongkow2 sepulang sekolah. pokoknya begitu sampe sekolahan langsung masuk pager. gak usah keluar2. dan begitu bel pulang, langsung pulang.....

sedangkan pilihan abang taun ini ternyata emang smart deh :)
dia yang keukeuh pengin smk, Alhamdulillah posisinya stabil di smk pilihan pertamanya, dengan jurusan yang dikepenginin pulak :) . sampe verifikasi tahap ini ditutup posisi abang terkunci di urutan 23 dari 30 (taun ini rekayasa peringkat lunak di smk pilihan abang hanya buka 1 kelas).

nggak seperti temen2nya yang pingin masuk sma, ternyata dengan nilai ujian rata2 8komasekian nggak bisa masuk sma negeri tahap 1. iyolah, karena seperti smp, kuota sma di tahap ini juga cuma dibuka 50%. beda dengan smk, yang karena lokasinya menyebar di seluruh dki, dan jumlah smk di satu zona tidak sebanyak sma, maka masuk akal kalo di tahap ini kuota smk langsung dibuka 90% untuk siswa dki, dan 5% untuk siswa non dki. sisanya yang 5% baru dibuka di tahap berikut.

sekali lagi, saya bersyukur banget anak2 bisa lolos diterima di smp & smk pada tahap 1 ini. jadi nggak pusing mikirin kudu daftar lagi, vcerifikasi lagi, daftar ulang (kalo diterima) di tahap berikut (zona & tahap 2).
dan buat saya, sesuatu banget deh, karena gak bisa dipungkiri anak2 yang diterima si tahap ini adalah separuh yang terbaik dari 100% siswa dki *ngarang* hehehe.....

belajar yang rajin ya abang & mas... semoga tercapai cita2 yang ingin diraih. jadi manusia yang berguna bagi sesama. jangan lupa senantiasa menyandarkan diri kepada Allah swt, karena hanya Allah sebaik-baik penolong kita. bunda luv u boys.... *peyuk*


No comments: