Saturday, October 22, 2011

ok class: food photography

halo halo... sepertinya kita sudah masuk ke musim kursus lagi ;)
setelah kelas cake internasional tanggal 15 oktober kemarin, hari ini orange kitchen kembali menggelar kelas food photography, bertempat di tbk blossom - kota wisata, cibubur.


- foto atas: foto beberapa aktifitas kelas cake internasional yang saya comot dari mbak novrina diyanti ;P -

masih konsisten untuk 'menanggap' fotografer betulan aka profesional yang memang kesehariannya bergelut dengan dunia fotografi -bukan fotografer jadi2an seperti saya hehehe-, maka kali ini bapak yan mendapat kehormatan buat mengisi kelas orange kitchen ini.

sabtu pagi, saya dan bapak berangkat dengan perabotan yang heboh. 1 tas gede isi property. 1 ransel isi kamera saya, kamera bapak, plus kamera poket & prosumer buat backup -sapa tau ada peserta yang bermasalah ama kameranya-. trus 1 jinjingan isi snack buat dijadikan 'model' plus 1 ransel isi macbook.
hwahahahahaha... si bapak sampe nanya. "eh bun, hebohan mana, kita apa badut barney yang di ulang taun rasya?" wkwkwkwkwk ya hebohan si badutlah! kita kan gak perlu nenteng2 kostum kepala barney yang gede itu! wkwkwkwkwk....

dari rumah mampir dulu ke studio bapak untuk ngeprint materi yang bakal dibagikan ke peserta. dan jam 9 start lagi langsung menuju kota wisata.

jam 10, kelas dibuka oleh teh uceu. langsung disambung oleh bapak dengan pembahasan basic fotografi. kupas soal diafragma, shutter speed, iso (temennya asa yaaaa.... bukan temennya babat dan jeroan ;P ), komposisi dan pencahayaan.

sempet bingung soal food styling-nya. secara saya nggak pintar urusan tata-menata makanan.
untungnya ada chef kw yang selalu memberikan full support buat komunitas orange kitchen. jadi kali ini kita dibantu chef profesional kelas hotel bintang 5, for free :D. thanks chef kw :)

sebelum istirahat makan siang, kita siap2 nyoba praktek motretin makanan. ternyata oh ternyata, kecuali peserta yang bapak2 itu, nyaris semua peserta belum mengenal akrab kameranya. hahahahaha, selama ini terlalu nyaman pake mode auto maning auto maning :D

jangan pake menu auto ya.... supaya kita bisa mengeksplor kemampuan kamera kita dan ndapetin gambar yang lebih maksimal ;P

enaknya belajar TBK Blossom, ruang kelasnya akomodatif banged. selain ruang kelasnya yang nyaman, posisinya jendelanya oke buat praktek motret dengan available light :)

saking senengnya praktek motret, sampe nyaris melupakan makan siang. wuihhh, padahal menu makan siangnya enak banged bhooo'. beneran deh :)

abis makan siang, kita sempet praktekin motret dengan speed yang berbeda, supaya bisa liat perbedaan efek yang dihasilkan (dari obyek dan kondisi yang sama).
hihihi.... main2 dengan kamera memang selalu menyenangkan ya :)

walo judulnya belajar motret, tapi sedikit2, kita kasih tau juga beberapa bocoran dan trik, gimana menampilkan gambar makanan supaya lebih menarik.

sebelum ditutup, hasil foto peserta direview dulu. maxutna, supaya besok2, hasil foto makanan peserta bisa lebih baik dan lebih menarik lagi untuk ditampilkan di webstore atau blognya.

dan seperti kelas2 orange kitchen yang lain, selalu ada episode narsis ibu mod ;P
sebelum pulang, jangan lupa foto bareng2 dulu doooong :)

terima kasih atas keikutsertaannya di kelas food photography orange kitchen. semoga ilmunya bermanfaat dan bisa diaplikasikan. sampai ketemu di kelas-kelas lainnya ya..... :)

No comments: